HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10 SEMARANG
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris hubungan antara konsep diri dengan kepercayaan diri pada siswa kelas XI SMA Negeri 10 Semarang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah adanya hubungan positif antara konsep diri dengan kepercayaan diri. Semakin tinggi konsep diri siswa, maka semakin tinggi kepercayaan diri siswa, dan sebaliknya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI, dengan sampel yang diambil sebanyak 155 siswa, dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Alat pengumpulan data menggunakan product moment dan reliabilitas alat ukur menggunakan Cronbach’s Alpha. Kemudian metode analisis data menggunakan Rank Spearman’s Rho dibantu dengan menggunakan program SPSS (Statistical Package for Social Science) Versi 20.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara konsep diri dengan kepercayaan diri pada siswa kelas XI SMA Negeri 10 Semarang dengan nilai correlation coefficient yaitu 0,424 dengan p = 0,000 (p<0,01). Dengan demikian, Hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Keyword : Self Confidence, Self Concept, Students
Daftar Pustaka
DAFTAR PUSTAKA
Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135-148.
Alamsyah, N. (2016). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMAN 102 Jakarta. Jurnal SAP,1, 2, 155-164.
Alpian, Y., dkk. (2020). Konsep Diri Dengan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2), 370-383.
Amin, A. (2018). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Penyesuaian Diri Pada Remaja. Jurnal Psikologi, 5(2), 79-85.
Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan DIri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Matematika Siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156-168.
Antini, N. K. A. dkk. (2019). Pengaruh Metode Show And Tell Terhadap Kepercayaan Diri Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Gugus VII Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(3), 140-149.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2016). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Deni, A. U. & Ifdil. (2016). Konsep Kepercayaan Diri Remaja Putri. Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2), 43-52.
Diananda, A. (2018). Psikologi Remaja dan Permasalahannya. Jurnal ISTIGHNA, 1(1), 116-133.
Fitriyah, C. dan Rahayu, S. A. (2013). Konsep Diri Pada Remaja Tunanetra Di Yayasan Pendidikan Anak Buta (YPAB) Surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi, 4(1), 46-60.
Ghufron & Risnawati. (2010). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Harahap, J. Y. (2019). Kepercayaan Diri dalam Belajar Pada Mahasiswa Yang Sudah Bekerja dan Yang Belum Bekerja. Jurnal AKRAB JUARA, 4(4), 103-110.
Ifdil, I, dkk. (2017). Hubungan Body Image dengan Kepercayaan Diri Remaja Putri. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(3), 107-113.
Komara, I. B. (2016). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Psikopedagogia, 5(1), 33-42.
Kurniawan, M. R., dkk. (2021). Hubungan Antara Konsep Diri, Kepercayaan Diri dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal dalam Proses Pembelajaran pada Mahasiswa. Jurnal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(1), 485-493.
Lubis, R. & Rahmi, A. (2019). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Kemampuan Mengolah Makanan Kontinental Siswa SMK Putra Anda Binjai. GARNISH: Jurnal Pendidikan Tata Boga, 3(2), 9-16.
Madhy, M. A., dkk. (2022). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kepercayaan Diri Pada Mahasiswa/I Stambuk 2019 Universitas Medan Area. Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 16-24.
Nandana, D. D. dkk. (2020). Pengaruh Latihan Pencak Silat Terhadap Pembentukan Konsep Diri dan Kepercayaan Diri Siswa. MULTILATERAL: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 19(1), 23-31.
Novita, L. & Sumiarsih. (2021). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Suru Sekolah Dasar, 4, 2, 92-96.
Nurdin & Hartati. (2019). METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Nurhuda, W. (2019). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kepercayaan Diri Pada Mahasiswa Psikologi Yang Sedang Menyelesaikan Skripsi Di Universitas Medan Area. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Medan Area.
Nurrobi, H. dkk. (2022). Bimbingan Kelompok Untuk Peserta Didik yang Memiliki Kepercayaan Diri Rendah di SMP UMMUL QURO. Jurnal FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 5(5), 405-413.
Pratiwi, I. D. & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri “X”. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 7(1), 43-49.
Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 1(2), 202-224.
Pratama, S. & Saragih, N. A. (2022). Hubungan Konsep Diri Dengan Kepercayaan Diri Pada Siswa SMK Melati Perbaungan Tahun Ajaran 2021/2022. Journal Educational Research and Social Studies, 3(3), 88-103.
Puspitasari, R. P., & Laksmiwati, H. (2012). Hubungan Konsep Diri dan Kepercayaan Diri Dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pada Remaja Putus Sekolah. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 3(1), 58-66.
Resa, F. O. & Hari, S. (2022). Hubungan Antara Konsep Diri dengan Kepercayaan Diri Pada Korban Body Shaming. Jurnal Bulletin of Conseling and Psychotherapy, 4(3), 725-731.
Rosidah, A. (2017). Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Underachiver. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 154-162.
Saifuddin, A. (2020). Penyusunan Skala Psikologi. Jakarta: Kencana.
Saputro, Y. A. & Sugiarti, R. (2021). Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Konsep Diri Terhadap Penyesuaian Diri pada Siswa SMA Kelas X. Philanthropy Journal of Psichology, 5(1), 59-72.
Sari, D. U. dan Khoirunnisa, R. N. (2021). Hubungan Konsep Diri Terhadap Kepercayaan Diri Mahasiswa Jurusan X Yang Sedang Menyelesaikan Skripsi di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(3), 204-2014.
Sari, G. G. dkk. (2021). Pengaruh Body Image terhadap Konsep Diri Mahasiswi Public Relations di Kota Pekanbaru. Journal of Strategic Communication, 12(1), 52-60.
Selliana, dkk. (2021). Hubungan Konsep Diri dengan Penyesuaian Diri pada Siswa Kelas X SMK Tunas Pelita Binjai. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 10(1), 1-10.
Simorangkir, R. S., dkk. (2022). Hubungan Dukungan Orangtua dan Konsep Diri dengan Kepercayaan Diri Siswa. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences, 5(1), 56-62.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Umamy, dkk. (2023). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kepercayaan Diri Siswa Pasca Pandemi di SMP Negeri 42 Semarang. Jurnal Pendidikan dan Konseling,5(1), 110-116.
Willianto, D. A. (2017). Hubungan Antara Konsep Diri dan Citra Tubuh Pada Perempuan Dewasa Awal. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma.