024-6702757 ext. 2208
0895347400702

perpustakaan@usm.ac.id

GET IN TOUCH WITH EMAIL

Senin - Kamis (08.00 - 21.30)
Jum'at (08.00 - 21.00)

OUR OFFICE HOUR

HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU MENYONTEK SISWA MA AN-NUR GUNTUR

Skripsi, S1 - PSIKOLOGI, ,
KHOLIFATUL ZUBAIDA; Maria Yuliana Wangge, S.Psi., M.Psi.psikolog
Anda menggunakan IP : 3.145.166.178
URL :
No Jenis File File
1 Judul
2 Abstrak
3 Halaman Persetujuan-Pengesahan dan Berita Acara Kelulusan (Ujian)
4 Surat Keaslian (Orisinalitas)
5 Daftar Isi
6 BAB I
7 BAB II
8 BAB III
9 BAB IV
10 BAB Penutup
11 Daftar Pustaka
12 Lembar Bimbingan
13 Lembar Publish
14 File Komplit

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui hubungan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku menyontek siswa MA An-Nur. Hipotesis yang diajukan yaitu ada hubungan positif antara konformitas teman sebaya dengan perilaku menyontek pada siswa MA An-Nur. Semakin tinggi konformitas teman sebaya maka semakin tinggi perilaku menyontek pada siswa MA An-Nur, dan sebaliknya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif Responden penelitian ini berjumlah 130 yang merupakan siswa kelas X dan XI.  Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala yaitu Skala Perilaku Menyontek, Skala Konformitas Teman Sebaya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara konformitas teman sebaya dengan perilaku menyontek siswa MA An Nur Guntur dengan nilai korelasi koefisien sebesar rxy =0,401, p=0,000 (p< 0,01), sehingga hipotesis pada penelitian ini diterima.

Keyword : Peer conformity, cheating behavior, Student

Daftar Pustaka

DAFTAR PUSTAKA

 Adriel, Y., & Indrawati, E. S. (2019). Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas XII Smk Teuku Umar Semarang. Jurnal Empati, 8(1), 271–276.

Akbar, R.F., & Aufa, M.F. (2024). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(1), 200.

Andiwatir, A., & Khakim, A. (2019). Analisis Perilaku Menyontek dan Rancangan Perubahannya pada Siswa SMP. Jurnal Psikologi Ilmiah, 11(2), 88–97.

Anitasari, A., dkk. (2021). Pengaruh Efikasi Diri terhadap Perilaku Menyontek Siswa Sekolah Dasar selama Pembelajaran Daring. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 82– 90.

Arsytasari, A. & Uyun, Z. (2024). Hubungan Kepercayaan Diri dan Konformitas Teman Sebaya Dengan Perilaku Menyontek pada Siswa. Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Atikah, D., & Netrawati. (2023). Hubungan Self-efficacy dengan Perilaku Menyontek pada Siswa Saat Ujian di SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki. Jurnal On Education, 05(03), 5776-5784.

Aulia, R., & Hasanah, N. (2020). Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya Dengan Motivasi Berprestasi Kelas VII Mts Budaya Langkat  Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 22–36.

Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Azwar, S. (2018) Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Baron, R. A., & Byrne, D. (2005). Psikologi Sosial. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Cahyana, A. D. (2022). Studi Kasus: Faktor-Faktor Pendorong Perilaku Menyontek Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan, 11(2), 181.

Djaali. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Fajrin, F. A., & Jarodi, O. (2022). Hubungan Antara Konformitas Terhadap Perilaku Agresif Pada Narapidana Di Lapas Kelas AII Purwokerto. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 8515.

Fasikhah. (2021). BASIC : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. JurnalUnisaAcId,  6(2), 129–136.

Fitriah, S. S. (2022). Literature Review: Pengaruh Efikasi Diri dan Konformitas Teman Sebaya terhadap Perilaku Menyontek Siswa.  Journal of Psychology and Treatment, 1(2), 58–65.

Fitriah, S. S., & Daliman. (2023). Efikasi Diri dan Konformitas Teman Sebaya terhadap Perilaku Menyontek Pelajaran Matematika Siswa Kleas IX. Repository Ilmiah Nasional, 237-239)

Frans, W. F. (2017). Hubungan Konformitas Teman Sebaya dengan Perilaku Menyontek Pada Siswa SMA. Thesis. Unika Soegijapranata Semarang.

Hadjar, I. (2023). Keberagaman dan Perilaku Menyontek Calon Guru. Lawwana.

Hanifa, H. P., & Muslikah, M. (2019). Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya  Ditinjau  Dari  Jenis  Kelamin  Dengan  Kepatuhan  Terhadap  Tata Tertib Sekolah. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 136.

Haryati, S., & Pratisti, W. D., (2023). “Hubungan Konformitas, Kontrol Diri, dan Harga Diri dengan Perilaku Mencontek pada Siswa. Jurnal karya Ilmiah Guru. 8(3), 521.

Harwendra, M. A., & Silaen, S. M. J. (2020). Hubungan Kepercayaan Diri Dan Kecemasan Dengan Perilaku Menyontek Saat Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa Kelas XII Sman 8 Bekasi. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(3), 87–97.

Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Buku Ilmu Pendidikan. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI), 24.

Husamah, dkk. (2019). Pengantar Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Malang.https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_PENDIDIKAN/iTRxEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=menurut+kamus+besar+bahasa+indonesia+pendidikan+(husamah)&printsec=frontcover

Indra, I. M., & Cahyaningrum, I. (2019). Cara Mudah Memahami Metodologi Penelitian. Yogyakarta:Deepublish.

Khairunisa, dkk. (2023). Hubungan Regulasi Diri Dalam Belajar Dengan Perilaku Menyontek Peserta Didik Kleas VII MIPA di SMA Negeri 2 Pati. G-COUNS:Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(20), 326.

Kusumastuti, A., dkk. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Kusumawati, E. (2024). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Control Untuk Mengurangi Perilaku Menyontek Siswa Saat Ujian Di SMP Negeri 5 Karanganyar. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(3), 2.

Latifah, dkk. (2024). Hubungan Efikasi Diri Dengan Perilaku Menyontek Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Pabedilan Kabupaten Cirebon. Journal Of Social Science Researc, 4(1). 3.

Lauren, Y. (2019). Perilaku Menyontek Ditinjau dari Konsep Diri Akademik Pada Siswa Siswi SMA Swasta Budaya Medan. Jurnal Wahana Inovasi, 8(2).

Lesmana, G. (2022). Bimbingan dan Konseling Belajar. Prenada Media. https://www.google.co.id/books/edition/Bimbingan_Dan_Konseling_Belajar/uLZpEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Luthfiana, I., dkk. (2022). Hubungan Religiusitas Dengan  Perilaku  Menyontek  Pada  Siswa  Kelas  X  Sma  Laboratorium Universitas Pgri Semarang. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling,  6(2), 208–219.

Mangkualam, K., dkk. (2019). Efek Mediasi Monitoring by Self pada Hubungan antara Watching by God dan Perilaku Mencontek. PSIKOLOGIKA: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 24(1), 27–34.

Mufida, A. U., & Amin, N. Z. (2022). Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya dengan Pengambilan Keputusan Studi Lanjut Siswa SMP. Indonesian Journal of Educational Counseling, 6(1), 44–50.

Muflihah, E., & Widyana, R. (2019). Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Pola Asuh Otoriter Orang Tua Dan Konformitas Teman Sebaya Dengan Perilaku Menyontek Pada Siswa Kelas Xi Smk X Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 319–339.

Muslich, M. (2010). Metode Pengambilan Keputusan Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Muqorobin, M. S., & Kartin, E. (2022). SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(3), 17–34.

Nugroho, D. (2019). Hubungan Antara Prokrastinasi Akademik Dan Konformitas Teman Sebaya Dengan Perilaku Menyontek Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS SMA Negeri Kartasura Sukoharjo. SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 1(2), 1–15.

Perianto, E. (2021). Hubungan Antara self Control dan Self Esteem dengan Perilaku Menyontek pada Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama di Yogyakarta. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 7(1). 26.

Pritia, E. (2021). Hubungan Self Efficacy dan Peran teman Sebaya dengan perilaku menyontek pada siswa SMA Negeri 1 Labuhan Deli. Tesis, Universitas Meda Area, 1–218.

Putri, M.K. (2019). Hubungan Antara Konformitas Teman sebaya Dan Self Efficacy Dengan Perilaku Menyontek Pada SISWA SMK. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. 49.

Putri, S. R., & Dewi, D.K. (2022). Hubungan Antara Self-Control Dengan Academic Dishonesty Pada Jurusan X Di Universitas Negeri Surabaya. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 9(8). 64.

Rahma, N. (2022). Hubungan Konformitas Teman Sebaya Dengan Intensitas Bermain Game Online Mobile Legends. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(2), 281.

Rahmatillah, S. (2023). Hubungan Self Efficacy dan Konformitas Teman Sebaya Dengan Cheating Behavior Siswa Madrasah Tsanawiyah. Skripsi. Universitas Sunan Ampel Surabaya.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Deepublish.

Rizqyana, D. (2020). Hubungan antara Konformitas Kelompok dengan Perilaku Menyontek Mahasiswa Saat Ujian.

Rusdiana, Anwar, K., & Aminah. (2019). Efektivitas Konseling Kelompok Untuk Mengatasi Perilaku Menyontek Siswa Kelas VIII B Di Smp Negeri 4 Alalak Barito Kuala. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda , Bermakna , Mulia, 5, 6–12.

Rosyidah, M., & Fijra, R. (2021). Metode Penelitian. Deepublish.

Turnip, F., & Soetijiningsih, C. H. (2023). 1 , 2 1.2. 2(5), 1669–1676.

Sartika, M., & Yandri, H. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Konformitas Teman Sebaya. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 9–17.

Sears. D. O. (2012).  Psikologi  Sosial. Jakarta: Penerbit Erlangga

Sherly., dkk. (2018). Cheating Behavior  Is Viewed From Conformity To High School Students Of Gadjah Mada Medan.

Psikologia: Jurnal Psikologi, 4(1), 1–9.

Sovitriana, R., & Sianturi, H. C. (2021). Kematangan Emosi Dan Konformitas Teman Sebaya Dengan Perilaku Agresif Pada Remaja Di Kelurahan X Kabupaten Bekasi. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 5(2), 118–126.

Susanti, dkk. (2024). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kebiasaan Menjiplak/Meniru Tugas Teman dan Membolos padaSiswa Kelas X E-3 di SMAN 12 Medan. Jurnal Basataka, 7(1). 64.

Suwandi, E. (2022). Metodologi Penelitian. Scifientech Andrew Wijaya. https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_Penelitian/IoKjEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Syifaurrahmi, A. (2023). Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Menyontek pada  Murid SMP X. Di Onggorawe Demak. Skripsi, Universitas Islam Sultan Agung, 31.

Umam, N. (2021). Konformitas Teman Sebaya dan Perilaku Kenakalan Remaja di Sekolah. Jurnal Studi Islam dan Kemuhammadiyahan, 1(2). 146.

Umma, V. R. (2022). Konsep Konformitas Sebagai Konsep Dasar Perilaku Sosial. Guepedia. https://www.google.co.id/books/edition/Teori_Dasar_Memahami_Perilaku/UfJmEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Wahyuningtyas, P. F., & Indrawati, E. S. (2020). Hubungan Antara Konformirtas Teman Sebaya Dengan Intensi Menyontek Pada Siswa Sma Kesatrian 2 Semarang. Jurnal EMPATI, 7(2), 522–526.

Waidah, D. F., dkk. (2021). Sistem Aplikasi Ujian Online Pada Smp Swasta 012 Bina Bangsa Meral Kota Kabupaten Karimun Menggunakan Php & Mysql. Jurnal TIKAR, 1(2), 105–112.

Wardani, L. M. I, & Anggadita, R. (2021). Konsep Diri dan Konformitas Pada Perilaku Konsumtif Remaja. Penerbit NEM.https://www.google.co.id/books/edition/KONSEP_DIRI_DAN_KONFORMITAS_PADA_PERILAK/mFY1EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Yanti, R., dkk. (2022). Huabungan Antara Konsep Diri dan Perilaku Menyontek Pada Siswa Kelas VII SMP MA’ARIF NU 2 BUMIJAWA. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(2), 336.

Yovita, D., & Ahmad, R. (2019). Hubungan Kontrol Diri Dengan Perilaku Menyontek Siswa. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 7(1), 2.

Yuliprasetya, L. (2020). Hubungan Self Efficacy dan Konformitas terhadap Perilaku Menyontek di SMP NEGERI "X" di Jakarta. Skripsi: Universitas Mercu Buana.

Perpustakaan Universitas Semarang

Jl. Soekarno Hatta Semarang
Gedung B Lt. 2

024-6702757 ext. 2208
WA : 0895347400702

perpustakaan@usm.ac.id

follow us