Implementasi Undang - Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik Pembuata E-KTP Studi Kasus di DISDUKCAPIL Kecamatan Candisari Kota Semarang
Abstract
Pelayanan publik sebagaimana diatur dalam UU No. 25 Tahun 2009, merupakan kegiatan atau rangkaian dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan penyelenggara pelayanan publik. Salah satu contoh pelayanan publik yang dilakulan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ialah pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang saat ini berbentuk elektronik atau disebut e-KTP. Penelitian ini dilakukan dengan observasi pada pelayanan pembuatan e-KTP di DUKCAPIL Kecamatan Candisari Kota Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 di Kecamatan Candisari sudah terlaksana tetapi masih mengalami banyak kendala seperti permasalahan teknis, kurangnya sumber daya manusia yang memadai, kurangnya sarana prasarana yang mendukung, serta kendala sosial lainnya.
Keyword : E-KTP, Pelayanan Publik, DISDUKCAPIL
Daftar Pustaka
Andayani, M., & Lanin, D. (2022). Implementasi Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Pembuatan E-KTP Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DUKCAPIL) Kabupaten KerincI. JIEE: Jurnal Ilmiah Ekotrans & Erudisi, 2(1), 41-47. Diambil kembali dari https://ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/JIEE/article/view/607/600
Artadila, D. (2020). Tinjauan Kinerja Pelayanan Publik (Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Atau E-KTP) Di Kecamataan Ujungberung. Skripsi Universitas Widyatama. Diambil kembali dari http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/14245
Basrowi, Suwandi. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2008
Baunsele, D. A., & Hardianto, W. T. (2019). Proses Pelayanan E-KTP Dalam Usaha Tertib Administrasi Kependudukan. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, 8(1), 112-115. Diambil kembali dari https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fisip/article/view/1553/1151
Faizia, S. (2022). Pengaruh Koordinasi Terhadap Eefektivitas Kerja Dalam Pelayanan Pembuatan E-KTP Di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Skripsi UNPAS. Diambil kembali dari http://repository.unpas.ac.id/60042/
Fandy Tjiptono,Manajemen Jasa, Penerbit Andi Yogyakarta 2000
Firmansyah, D. K., & Basyar, M. R. (2023). Pelayanan E-KTP Melalui Portal Klampid New Generation: Di Kelurahan Tembok Dukuh Kota Surabaya. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 3(03), 39-41. Diambil kembali dari https://aksiologi.org/index.php/praja/article/view/974
Fitri, S. A., & Pradana, G. W. (2022). Inovasi Pelayanan E-KTP Oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Studi Kasus Mall Pelayanan Publik Kabupaten Bangkalan). PUBLIKA, 10(3), 835-850. Diambil kembali dari https://doi.org/10.26740/publika.v10n3.p835-850
Gustiviana, Y. S., & Suryanto, Y. (2023). Development Of Protection Profile For Second-Level E-KTP Card Reader Based On ISO/IEC 15408:2022 and ISO/IEC TS 19608:2018. JUTIF: Jurnal Teknik Informatika, 4(2), 265-277. Diambil kembali dari https://www.jutif.if.unsoed.ac.id/index.php/jurnal/article/view/741/286
Hardiyansyah. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Penerbit Gava Media. 2012
Hindi, S. A. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Pelayanan KTP Elektronik Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat. Jurnal Skripsi Institut Pemerintahan Dalam Negeri, 1-9. Diambil kembali dari http://eprints.ipdn.ac.id/8185/1/St%20Asmara%20Hindi_29.1961_Evaluasi%20Pelaksanaan%20Pelayanan%20KTP%20Elektronik%20Pada%20Dinas%20Kependudukan%20Dan%20Catatan%20Sipil%20Kabupaten%20Polewali%20Mandar%20Provinsi%20Sulawesi%20Barat.pdf
HR, Ridwan. Hukum Administrasi Negara. Yogyakarta : UII Press. 2003
Jarnawansyah, M. (2019). Optimalisasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Dinas Kependududkan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa Tahun 2019. Nusantara Journal of Economics, 1(2), 37-46. Diambil kembali dari http://www.jurnal.uts.ac.id/index.php/nje/article/view/456/361
Karindra, N., & Adi, A. S. (2023). Strategi Pemerintah Desa dalam Mewujudkan Prinsip Efektivitas Pada Pelayanan Pembuatan E-KTP di Desa Sukodono Kecamatan Dampit Kabupaten Malang. KMKn: Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 11(1), 352-366. Diambil kembali dari https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p352-366
Kasim, Nur Abidin, Herni Sunarya, and Fitriningsih Amalo. "Analisis Kinerja Belanja Pada Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Alor." Jurnal Akuntansi Universitas Muhammadiyah Kupang 2.02 (2015)
Kharisma, D. E. (2019). Implementasi Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik Dalam Perspektif Fiqh Siyasah (Studi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandar Lampung). Skripsi UIN Raden Intan Lampung, 1-113.
Kurniati, K., Pananrangi, A. R., & Bahri, S. (2020). Partisipasi Masyarakat Dalam Mewujudkan E-KTP Di Kecamatan Kepulauan Sangkarang Kota Makasar. Jurnal Paradigma Administrasi Negara, 3(1), 57-64. Diambil kembali dari https://doi.org/10.35965/jpan.v3i1.610
Kusuma, M. (2020). Implementasi Undang–Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik Di Kelurahan Sukabangun. Jurnal Hukum Tri Pantang, 6(2), 19-32. Diambil kembali dari https://doi.org/10.51517/jhtp.v6i2.262
Maulana, A. (2022). Efektivitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) Berbasis Aplikasi Di Dinas Kependududkan Dan Pencatatan Sipil Kota Sukabumi. Jurnal Skripsi Institut Pemerintahan Dalam Negeri, 1-11. Diambil kembali dari http://eprints.ipdn.ac.id/10354/1/ARIS%20MAULANA%20%2829.0633%29_EFEKTIVITAS%20PELAYANAN%20KARTU%20TANDA%20PENDUDUK%20ELEKTRONIK%20%28e-KTP%29%20BERBASIS%20APLIKASI%20DI%20DINAS%20KEPENDUDUKAN%20DAN%20PENCATATAN%20SIPIL%20KOTA%20SUKABUMI%20.pdf
Mile, M.B dan Huberman, A.M, Analisis Data Kualitatif (Jakarta: UI Perss, 1992),
Nike k., Rumokoy. Kedaulatan dan Kesatuan Dalam UUD 1945 Dalam Pembentukan Hukum di Indonesia. Jurnal Hukum Unsrat. 2017
Pasolong, H, Kepemimpinan Birokrasi. Bandung, 2013
Podungge, A. W., & Aneta, A. (2020). Profesionalisme Pegawai Ditinjau Dari Aspek Pengorganisasian Dalam Pelayanan Publik. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 9(1), 55-65. Diambil kembali dari https://journal.umgo.ac.id/index.php/Publik/article/view/465/387
Rachman, A., & Djumiarti, T. (2019). Kualitas Pelayanan Dalam Proses Pembuatan E-KTP Di TPDK DISPENDUKCAPIL Keamatan Ngaliyan, Kota Semarang. Journal Of Public Policy And Management Review, 8(4), 1-12. Diambil kembali dari https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/view/24964/22249
Sari, P. M., Sari, P., Sudarini, S., & Eryani, E. (2023). Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Program Pembuatan E-KTP Pada Kecamatan Alang-Alang Lebar Kota Palembang. Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK), 5(2), 171-190. Diambil kembali dari https://doi.org/10.48093/jiask.v5i2.136
Sedarmayanti. Good Government (Pemerintahan Yang Baik). Bandung: Mandar Maju, 2012
Sinambela, Lijan Poltak. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta : Bumi Aksara. 2006
Soemitro RH. Metodologi Penelitian Hukum dan Jurimetri. Jakarta; Ghalia Indonesia, 1999
Soetami, Siti. 2019. Pengantar Tata Hukum Negara Indonesia. Bandung: PT. Refika Aditama
Suci, D. A. (2022). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan E-KTP (Studi Pada Kantor Dinas Kepedudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Mataram). Skripsi Universitas Muhammadiyah Mataram, 1-92. Diambil kembali dari https://repository.ummat.ac.id/4569/
Sugiyono, “Metode Penelitian Kualitatif" (Jakarta : Bima Aksara, 2006)
Sugiyono , “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D,” Alfabeta, Bandung, 2016.
Tjandra, W. Riawan, and M. Sh. Hukum keuangan negara. Grasindo, 2006
Vivianda, T. (2021). Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Pendududk Elektronik (E-KTP) Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pidie. Skripsi UIN Raden Intan Lampung, 1-102.
Wirjono Prodjodikoro, Hukum Tata Negara Indonesia. Jakarta: Rajawali Press, 2015