Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk dan Promosi (Studi Pada Distro Kenzo Cloting House Kaliwungu)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, kualitas produk dan Promosi terhadap keputusan pembelian pada distro kenzo kaliwungu. Variabel bebas adalah persepsi harga, kualitas produk dan promosi mempengaruhi keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah pelanggan distro kenzo kaliwungu, 96 responden dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Tujuan sampling adalah teknik untuk memilih sampel hanya dari responden berusia 17 tahun dan membeli produk dari distro kenzo kaliwungu. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas yaitu persepsi harga (x1), kualitas produk (x2), dan promosi (x3) terbukti secara positif dan signifikan mempengaruhi variabel dependen adalah keputusan pembelian (Y). Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel Persepsi harga, kualitas produk, dan promosi memenuhi syarat untuk menguji keputusan pembelian dependen. nilai koefisien determinasi sebesar 0,715, yang artinya 71,5% keputusan pembelian dipengaruhi oleh persepsi harga, kualitas produk, dan promosi.
Keyword : prices perception, product quality, promotions and purchasing decisions.
Daftar Pustaka
Adi Triana. 2016 Dampak Persepsi harga, Desain Produk, Citra Merek dan Kualitas Produk sebagai penentu Keputusan Pembelain (Studi Pada Pelanggan Hardware Store Paragon Semarang). Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang.
Afida, dkk. 2018 pengaruh word of mouth, Kualitas Layanan, Kulaitas Produk, dan Lokasi terhadap keputusan pembelian pada toko surya indah jombang (Studi kasus pada Konsumen Toko Surya Indah Jombang). Jurnal Riset Manajemen, Fakultas Ekonomi Unisma.
Ainnur Rofiq dan M.hufrom. 2017 pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Lokasi terhadap Keputuasan Pembelian di Powernoise Store (Stusi Kasus Pada Konsumen Powernoise Store Malang). Jurnal Riset Manjemen, Fakultas Ekonomi Unisma.
Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Basu, Swastha, & Irawan, 2001, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty. Yogyakarta.
Basu, Swastha, 2009. Manajemen Penjualan. Yogyakarta: BPFE
Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl Mcdaniel. 2001. Pemasaran. Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta.
Cannon, Perreault dan Mc Carthy.2008. Pemasaran Dasar (Pendekatan Manajerial Global),Salemba Empat, Jakarta.
Dede Aprisal. 2017 pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Great Store Cloting Samarinda). Jurnal administrasi Bisnis, Vol 5, No.3, Universitas Mulawarman.
Fuad Asshiddieqi, Mudiantono. 2012 Analisis pengaruh harga, Desain Produk dan Citra Merk terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Produk Crozz di distro Ultraa Store Semarang). Diponegoro Juenal of Mangement, vol.1,N0.1,semarang: Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS edisi ketujuh. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro.
Indra Federik Djabar. 2015 Analisis pengaruh Desain Produk, lokasi dan Promosi terhadap Keputusan pembelian pada Distro Lollypop Shop di Surabaya. Universitas Narotama Surabaya.
Kotler, Philip., dan Gary Armstrong., 2004, Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi kesembilan, Jilid 1, dialihbahasakan oleh Alexander Sindoro, Jakarta: Indeks
Kotler.Philip dan Armstrong, Gary. 2005. Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga Jakarta.
Kotler dan Keller, 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT.Indeks, Jakarta.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Peter, J. Paul dan Jerry C Olson. 2002. Perilaku konsumen dan strategi pemasarann. Terjemahan. Jakarta: Erlangga
Swastha, Basu & Handoko, Hani, (2000), Manajemen Pemasaran : Analisa Perilaku Konsumen, Edisi pertama, BPFE Yogyakarta.
Schiffman dan Lazar Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Ke dua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tjiptono, Fandy, 1997; Brand Manajement Strategi, Jakarta.
Tjiptono,Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI, Yogyakarta