PENGARUH PROMOSI , PERSEPSI HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) (Studi Kasus Pada Jawa Tirta Tlogosari Semarang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian yaitu promosi, harga, dan kualitas produk. Objek dalam penelitian ini adalah (AMDK) Jawa Tirta Tlogosari Semarang yang mengalami penurunan penjualan air minum dalam kemasan dalam tahun 2014. Hal tersebut menarik minat peneliti untuk mengetahui penyebabnya, sehingga dapat merumuskan strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan.
Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli air minum dalam kemasan (AMDK) di Depo Jawa Tirta Semarang. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling, sehingga sampel yang diambil sebanyak 96 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan metode analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Keyword : Promosi, Persepsi Harga, Keputusan Pembelian, Keputusan Pembelian
Daftar Pustaka
Arianto, N. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek AQUA. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang (2016), Vol.3, No.2, April Tahun 2016 Halaman 2-16.
Ayuningtyas, Rienawati Dian. 2012. Analisis Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Isi Ulang (Studi Kasus
di Depo Air Minum Isi Ulang RICQUA Pedurungan – Semarang). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Semarang.
Djarwanto dan Subagyo. 2000. Statitic Induktif. BPFE. Yogyakarta.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gigih Erlik Budiharja, Riyono. 2016. Pengaruh Kualias Produk, Harga, Promosi, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk AQUA di Kota Pati.
Jurnal STIE Semarang (2016), Vol.10, No.2: hal.92-121, (ISSN: 2252826).
Gitusudarsono. 2008. Manajemen Pemasaran, edisi pertama. Yogyakarta: BPFE.
Kotler dan Amstrong. 2001. Dasar – Dasar Pemasaran. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium 1. Jakarta: Prenhallindo.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2004. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Alih Bahasa Bob Sabran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kurniawan, A. 2010. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Distirbusi Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Isotonic Mizone di Kelurahan Kauman Kendal. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Semarang.
Leonardo Budi Hasiolan, Nur Achidah, M. Mukery Warso. 2016. Pengaruh Promosi, Harga, dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Mio GT (Studi Empris Pada Produk Yamaha Mio GT di Weleri – Kendal). Journal of Management Volume 2, Nomor 2, Tahun 2016.
Lupiyoadi. Rambat dan Hamdani, A. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat
Setiobudi, I. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio M3 125 Pada PT. Harpido Jaya Cabang Ngaliyan Semarang. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Stikubank Semarang.
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian. Bandung: Alphabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alpabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.
Ursila, Ani Nunung Ghoniyah. 2013. Faktor-Faktor Penentu Keputusan Pembelian Blackberry di Semarang. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (2013), No.34, (ISSN: 0853-878).
Weenas, Jackson R.S. 2013. Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA (2013), Vol. 1, No. 4, Desember Tahun 2013 Halaman 607-618, (ISSN : 2303-1174).
Yanuar, Muhammad Hafiz. 2015. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Nike. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Stikubank Semarang.