Pengaruh Promosi,Minat Beli dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Shopee
Abstract
Majunya teknologi dan arus informasi membuat masyarakat Indonesia lebih terbuka pada pengetahuan global, munculnya toko online juga mendukung kemajuan trend dan mode di Indonesia.Namun pada tahun 2016 hingga 2018 Shopee mengalami ketidakstabilan jumlah pengunjung menjadi alasan utama penelitian.Penelitian ini bertujuan untuk menentukkan Pengaruh Promosi, Minat Beli dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Shopee.Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang yang semuanya diambil dari jumlah penduduk Kota Semarang timur. Pengumpulan data melalui penyebaran Kuesioner analisis data dalam penelitian ini menggunakan Spss 21 dan Microsoft Excel 2010. Analisisis yang digunakan dalam penelitian ini termasuk uji Validitas, Uji Normalitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Analisis regresi Linear berganda dan Pengujian Penelitian Hipotesis.Hasil dari Penelitian ini menunjukkan bahwa promosi, Minat Beli, dan Kualitas Pelayanan berpengaruh Positif dan Signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Shopee.Berdasarkan nilai Koefisien determinasi (R2) sebesar 68,9% variabel keputusan pembelian Shopee dapat dipengaruhi oleh Promosi, minat beli,dan kualitas pelayanan.
Keyword : Promotion ,Buying interest, Service quality, Purchasing decesions.; Promosi, Minat Beli , Kualitas Pelayanan,Keputusan Pembelian
Daftar Pustaka
Abdurachman , Ujianto. 2004. Analisis Faktor-faktor yang menimbulkan kecenderungan Minat Beli Konsumen Sarung(Studi Perilaku Konsumrn Sarung di Jawa Timur)Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 6 No. 1 Maret 2004.
Alma, Buchari.2016. Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung:Penerbit Alfabeta.Danang Sunyoto (2014). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. (cetakan ketiga). CAPS(Center of academic Publishing Service).
Durianto, Darmadi. 2011. Strategi menaklukkan pasar melalui riset ekuitas dan perilaku merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Fandy Tjiptono.2008.Strategi Pemasaran.Yogyakarta : Andi
Fandy Tjiptono (2008). Strategi Pemasaran , Edisi III. Yogyakarta.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8.Semarang : Badan Penerbit Univeristas Diponegoro.
Ghozali, Imam.”Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”, Edisi 4, Badan Penerbit Unversitas Diponegoro, Semarang, 2009.
Hasan, Ali.2013. Marketing dan kasus-kasus pilihan. Yogyakarta : CAPS(Center for Academic Publishing Service).
Kotler dan dan Keller.2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler Keller. 2014. Prinsip – Prinsip Manajemen Pemasaran. Edisi Keempat. Jakarta : Arilangga.
Morissan.2012. Metode Penelitian Survei.Jakarta : Kencana.
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc.2014. Perilaku Konsumen. Bogor :Penerbit Ghalia Indonesia.
Prof. Dr. Sugiyono.2016.Metode Penelitian KUANTITATIF,KUALITATIF,DAN R&D.Bandung : Alfabeta.
Philip Kotler dan Gary Armstrong.2008.Prinsip-prinsip Pemasaran.Jakarta.:Erlangga
Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi Mixed Method, Bandung:Alfabeta,2013,hlm.308-308
Schiffman dan Kanuk 2007. Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.
Tahir, Muh.2011. “Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan.” Makassar :Universitas Muhammadiyah Makassar wikipedia.
Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.