024-6702757 ext. 2208
0895347400702

perpustakaan@usm.ac.id

GET IN TOUCH WITH EMAIL

Senin - Kamis (08.00 - 21.30)
Jum'at (08.00 - 21.00)

OUR OFFICE HOUR

PENGARUH BRAND AMBASSADOR, KOREAN WAVE, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SOMETHINC (STUDI PADA KONSUMEN SOMETHINC MELALUI TWITTER)

Skripsi, S1 - MANAJEMEN, 09 Mei 2023, 2023
LUSY FEBRIYANTI ; DR.INDARTO, SE. MSi
Anda menggunakan IP : 3.144.178.82
URL :
No Jenis File File
1 Judul
2 Abstrak
3 Halaman Persetujuan-Pengesahan dan Berita Acara Kelulusan (Ujian)
4 Surat Keaslian (Orisinalitas)
5 Daftar Isi
6 BAB I
7 BAB II
8 BAB III
9 BAB IV
10 BAB Penutup
11 Daftar Pustaka
12 Lembar Bimbingan
13 Lembar Publish
14 File Komplit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand ambassador, korean wave, dan brand image terhadap keputusan pembelian Somethinc. Penelitian ini menggunakan brand ambassador, korean wave, dan brand image sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Sampel dalam penelitian ini adalah NCTzen yang menggunakan Somethinc dan yang pernah melakukan pembelian minimal satu kali. Pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan sampel sebanyak 96 responden. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara brand ambassador dengan keputusan pembelian, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara korean wave dengan keputusan pembelian, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara brand image dengan keputusan pembelian. Berdasarkan nilai adjusted R square sebesar 0.400 yang berarti bahwa variabel brand ambassador, korean wave, dan brand image mampu menjelaskan variabel keputusan pembelian sebesar 40%. Sementara sisanya 60% dijelaskan oleh faktor-faktor lain diluar model penelitian.

Keyword : brand ambassador, korean wave, brand image, purchase decision

Daftar Pustaka

Angelia, D. (2022, September 2022). Kosmetik Lokal Yang Paling Banyak Digunakan 2022. Retrieved from Goodstats: https://goodstats.id (Diakses pada tanggal 15 Desember 2022) E.cha. (2021, November 10). Boy Group Brand Reputation Rankings Announced. Retrieved from Soompi: https://soompi.com (Diakses pada tanggal 5 November 2022) Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Gita, R. and Setyorini, R. (2016). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Perusahaan Online Zalora.Co.Id. Jurnal e-Proceeding of Management, Vol 3, No.1 hal 620-626. Kolinug, M. S., et all. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Revlon. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen Bisnis dan Akuntansi, Vol. 10, No. 03 hal 101-111. Kurniawan, F., et all. (2018). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 56, No. 1 hal 75-81. Lestari, H., et all. (2019). Pengaruh Brand Ambassador dan Korean Wave Terhadap Citra Merek Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 66, No. 1 hal 67-78. Liya, I., et all. (2021). Pengaruh Hallyu Wave, Brand Ambassador, Brand Image dan WOM Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mie Sedap Selection Spicy Chicken. Jurnal Manajemen Bisnis Islam, Vol. 2, No. 1 hal 11-26. Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Administrasi Bisnis. Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, Vol. 1, No. 2 hal 71-82. Mu'nisah, S., et all. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Personality, dan Korean Wave Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic Aloe Vera. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, Vol. 11, No. 12 hal 29-36. Muttaqin, R., & Mahrinasari. (2022). Pengaruh Kim Soo Hyun Sebagai Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare COSRX. Jurnal Ilmiah Indonesia, Vol. 07, No. 9 hal 14413-14440. Nurjanah, S., & Jaya, U. A. (2022). Pengaruh Kualitas dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Vol. 1, No. 10 hal 3682-3691. Pintubatu, C., & Saputri, M. E. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tokopedia. Jurnal e-Proceeding of Management , Vol. 08, No. 05 hal 5749-5757. Priyanto, F. P., et all. (2021). Pengaruh Korean Wave, Brand Ambassador Dan Tagline "Wib" Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tokopedia Melalui Minat Beli. Jurnal Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Akuntansi, 1-17. Ramadhani, F. (2021, Agustus 23). Penjualan Somethinc 2021. Retrieved from Compas: https://compas.co.id (Diakses pada tanggal 5 Oktober 2022) Siskhawati, L., & Maulana, H. A. (2021). The Influence of Brand Ambassador and Korean Wave on Purchase Decision For Neo Coffee Products. Jurnal Ekonomi dan Bisnis , Vol. 24, No. 01 hal 1-7. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis "Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D". Bandung: Alfabeta. Suhaily, L., & Darmoyo, S. (2017). Effect of Product Quality, Perceived Price, and Brand Image on Purchase Decision Mediated By Customer Trust . Jurnal Manajemen, Vol. 21, No. 02 hal 179-194. Sumiati. (2019). Dampak Etnosentrime dan Budaya Populer Terhadap Sikap Konsumen Serta Implikasinya Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, Vol. 4, No. 03 hal 27-31 . Wardani, A. A. K., & Istiyanto, B. (2022). Peran Brand Ambassador, Brand Image, Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Edunomika, vol. 06, No. 01 hal 551-557.

Perpustakaan Universitas Semarang

Jl. Soekarno Hatta Semarang
Gedung B Lt. 2

024-6702757 ext. 2208
WA : 0895347400702

perpustakaan@usm.ac.id

follow us