PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO ADYPENY SEMARANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi harga, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian di Toko Adypeny Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang ada di Toko Adypeny Semarang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 97 responden.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data primer dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang memberikan kesempatan menjadi anggota sampel dengan kriteria tertentu. Metode pengumpulan data yaitu dengan menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji r2.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel perepsi harga (X1), kualitas produk (X2) dan citra merek (X3) secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Berdasarkan nilai koefisien determinasi ditunjukkan dengan nilai Adjusted R-Square yaitu sebesar 0,630 artinya variabel persepsi harga (X1), kualitas produk (X2) dan citra merek (X3) mampu menjelaskan variabel keputusan pembelian (Y) sebesar 63,0%, sedangkan sisanya sebesar 37,0% dijelaskan variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Keyword : Persepsi Harga, Kualitas Produk, Citra Merek dan Keputusan Pembelian
Daftar Pustaka
Agustina, Seno Sumowo. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Penelitian Ipteks, Vol.3, No. 2.
Amilia, Suri & M. Oloan Asmara Nst. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusam Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, Vol 6, No 1, 660-669.
Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Azzuri, Imam dan Yahya (2021). Pengaruh Harga, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Galaxy (Studi Pada Mahasiswa Stiesia Surabaya). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 10, Nomor 5.
Sandra, B.D., & Rachman, M. M., Suharyanto. (2021). Pengaruh Harga, Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Hijab di Galeri Elzatta Cabang Gayungsari Surabaya. Journal of Sustainability Business Research (JSBR),2(2), 82-86.
Canon, Joseph P. dkk. 2018. Pemasaran Dasar, Pendekatan Manajerial Global. Jakarta: Salemba Empat.
Darmawan, M. R., Cahaya, Y.F., & Erasashanti, A. P. (2020). PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RAKET. Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi dan Manajemen TRI BISNIS, 2(2), 129-140.
Dedhy, Pradana., Hudayah, Syarifah dan Rahmawati. (2017). Pengaruh Harga Kualitas Produk Dan Citra Merek Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor. Jurnal Kinerja, Vol 14, No 1: hal 16-23.
Fandi Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran. Yogjakarta : Andi Offset.
Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Firmansyah, Anang. 2019. Pemasaran Produk dan Merek, cetakan pertama, Jakarta : Penerbit Qiara Media.
Ghozali, Imam, 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: BP-UNDIP.
Irmalisa, Suharno, dan Kuleh. J. (2016). Pengaruh harga, kualitas produk, dan citra merek terhadap keputusan pembelian mobil Toyota kijang innova di Samarinda. Jurnal Manajemen,Vol. 8 No. 1.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2009. Marketing Management. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.
Kotler, Philip dan Amstrong, Garry. 2012. Manajemen Pemasaran, Jakarta : Salemba Empat.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.
Kotler, Philip dan Amstrong, Garry. 2016. Manajemen Pemasaran, Jakarta : Salemba Empat.
Kotler, Philip dan Amstrong, Garry. 2018. Manajemen Pemasaran, Jakarta : Salemba Empat.
Kotler, Philip, 2009. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Jakarta: Erlangga.
Magdalena, Puspita. Astria. (2015). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap International Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada pengguna smartphone Samsung). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 23 No. 1.
Malau, Harman. 2017. Manajemen Pemasaran. Bandung : Alfabeta.
Mulyana, Sri, (2021). Pengaruh Harga dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Pada Shopee di Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, Vol. 7 No. 2.
Aprilia, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse di Senayan City. Jurnal Manajemen, 6(1), 34-46.
Rangkuti, A. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Communication. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Ratri, Lutiary Eka. 2007. Strategi Memenangkan Persaingan Pasar. Jakarta: Salemba Empat.
Puspita, Y.D., & Rahmawan, G. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Garnier. Jurnal Sinar Manajemen, 8(2), 98-104.
Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Silaban, Bernard E. dan Rosdiana, Desi. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga Dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Online Shop Sociolla. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 23 No. 3.
Sinaga, T. M., & Wijaya, R. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Aroma Bakery & Cake Shop Di Mandala By Pass Medan. Management Studies and Entrepreneurship Journal MSEJ) 4(1), 1-11.
Sofjan Assauri. 2018. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta: Erlangga
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Penerbit CV. Alfabeta. Bandung.
Sumaryanto, S., Widajanti, E., & Susanti, N. I. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Journal Of Management, Business And Education, 9(1), 93-110.
Supangkat, A.H., & Supriyatin, S. (2017). Pengaruh citra merek, kualitas produk, harga terhadap keputusan pembelian tas di intake. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(9).
Suparyanto & Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran, Yogyakarta : Penerbit In Media.
Supriyadi; Fristin, Yuntawati dan Indra, Ginanjar K.N. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 3 No.1.
Swastha, Basu Dharmesta dan Handoko, T. Hani. 2017. Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen. Edisi III, Yogyakarta: BPFE.
Tjiptono, Fandy dan Diana, Anastasia. 2020. Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi
Tjiptono, Fandy. 2008, Strategi Pemasaran, Yogyakarta : Penerbit Andi.
Tjiptono, Fandy. 2013. Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Yogyakarta : Penerbit Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa–Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta : Penerbit Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. 2020. Strategi Pemasaran Prinsip dan Penerapan. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Tjiptono. 2019. Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta: Penerbit Andy.
Widyastuti, Sri dan Said, Muhammad. (2017). Impact of Brand Image on Consumers Purchase Decision. International Journal of Research in Social studies. Volume 7. Issue 10. Oktober 2017. ISSN : 2249-2496.
Wijaya, Alfi Sukma. (2013). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Counter HP Jati Bird Semarang. Skripsi. Universitas Dian Nuswantoro.
Wowor, Christania AS; Lumanauw, Bode dan Ogi, Imelda WJ. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa Di Kota Manado. Jurnal EMBA Vol. 9 No. 3.
Zulkifli. A. 2012. Manajemen Sistem Informasi. Cet ke-4. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.