KONFLIK INTERNAL ANTAR DRIVER SHOPEE FOOD DALAM MENERIMA ORDERAN DI KOTA SEMARANG
Abstract
Objek penelitian ini adalah konflik internal adanya kecurangan dengan menggunakan aplikasi fake gps yang dilakukan driver shopee food, studi kasus berada di kota Semarang tujuan penelitian ini untuk(1)mengetahui respon driver shopee food terhadap penyalahgunaan lokasi palsu yang dilakukan oleh sesama driver. (2)Mengetahui cara kerja Driver Shopee Food serta bonus yang diberikan ketika hasil orderan memenuhi syarat untuk mendapatkan bonus (3)Untuk mengetahui cara kerja PT Shopee Food dalam penanganan keamanan pada aplikasi.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan yang besifat studi kasus (Case study) dengan pengumpulan datanya menggunakan Teknik wawancara mendalam, observasi langsung dan dokumentasi. Untuk menguji kredibilitas data digunakan triangulasi sumber data dan triangulasi Teknik pengumpulan data. Sumber data penelitian dalam wawancara mendalam adalah partisipan yang memiliki posisi atau kewenangan pada obyek penelitian yaitu sebanyak 5 (lima) partisipan.
Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terdeteksi adanya beberapa bentuk kecurangan serta penyimpangan pada driver shopee food
Semarang.
Keyword : Online Transportation, Cheating, Internal Control / Transportasi Online, Kecurangan, Pengendalian Internal
Daftar Pustaka
A.A. Anwar Prabu Mangkunegara, (2009) Manajemen Sumber Daya Manusia P.T Remaja Rosdakarya, Bandung.
Abidin, H.Z. 2007. Penentuan posisi dengan GPS dan aplikasinya. Jakarta : PT Pradnya Paramita
Basrowi dan Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Edison, dkk. 2016. ManajemenSumber Daya Manusia. Cetakan ke-1. Bandung: Alfabeta.
e-Proceeding of Management : Vol.8, No.5 Oktober 2021. ANALISIS SISTEM KERJA APLIKASI TRANSPORTASI ONLINE DALAM PENINGKATAN KINERJA DRIVER GOJEK DI KOTA MEDAN. Jurnal riset bandung
Hetifa Sj, Sumarto. 2003. Inovasi, Partisipasi dan Good Governance, Bandung:Yayasan Obor Indonesia.
Hidayat, W. N. (2016). Konflik Internal Antara Manajemen Dan Driver Gojek Surabaya. Paradigma, 4(3).
Ismanto, B. (2022). Analisis Strategi Bersaing Grab Bike Dalam Menciptakan Loyalitas Pelannggan. Jurnal Portofolio: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(3), 248-259.
Mokoagouw, Steve Engelhard Adolf. 2018. Pengauh Nilai Pelanggan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dampaknya Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen. Manado.
Nur, A. N. A., & Syamsuddin, R. (2022). Penegakan Hukum Sopir Grab Yang Menggunakan Aplikasi Orderan Fiktif Di Kota Makassar. Alauddin Law Development Journal, 4(2), 338-352.
Pranoto, A. H. (2017). Siasat Manipulatif Dalam Kompetisi Pengemudi Gojek di Kota Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Pranoto, Agung Hadi. Siasat Manipulatif Dalam Kompetisi Pengemudi Gojek di Kota Surabaya. Diss. Universitas Airlangga, 2017.
Rahardjo, Susilo & Gudnanto. (2011). Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus: Nora Media Enterprise
RAMADHAN, Hamzah Syahid. Resiko Dan Pengendalian Kecurangan Driver Pada Transportasi Berbasis Online Di Pt. Gojek Malang. 2019. PhD Thesis. Universitas Brawijaya.
Sugiono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV
Sugiyono (2015). Metode penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D, penerbit Alfabet, Bandung.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: AFABETA, cv.