PENGARUH BRAND AWARENESS, TAGLINE, DAN FITUR PRODUK SMARTPHONE VIVO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KOTA SEMARANG
Abstract
ABSTRAK
Dalam dunia perdagangan kini semakin kompetitif agar bisa mengembangkan dan memenuhi pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand awareness, tagline, dan fitur produk smartphone vivo terhadap keputusan pembelian di Kota Semarang.
Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Dalam penelitian ini terdapat 100 sampel yaitu pengguna atau konsumen produk smartphone vivo di Kota Semarang. Analisis yang digunakan yaitu analisis regresi berganda yang berfungsi untuk melihat pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen baik secara bersama-sama maupun secara individu yang didahului oleh uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskesdastisitas. Sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji F dan uji t.
Hasil analisis data atau hasil regresi menunjukkan bahwa brand awareness memberikan pengaruh positif pada peningkatan keputusan pembelian, tagline memberikan pengaruh positif pada peningkatan keputusan pembelian, fitur memberikan pengaruh positif pada peningkatan keputusan pembelian.
Keyword : brand awareness, tagline, features, purchase decision
Daftar Pustaka
DAFTAR PUSTAKA
Abiromo Baskorohito, A. 2014. Pengaruh Tagline Dan Brand Ambassador Terhadap Brand Awarenes Produk Kartu Perdana Simpati (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi).
Amarazka, Vega & Reni Shinta Dewi. 2020. Pengaruh Kualitas Produk Dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Portobello Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. IX, No. IV.
Andini, L. P. 2016. Pengaruh Celebrity Endorse Dan Tagline Iklan Terhadap Brand Awareness Konsumen Pada Produk Wardah Dikalangan Mahasiswi UIN Maliki Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
Bahiu. 2015. Analisis Perbandingan Kinerja Produk Pada Produk Handphone Blackberry Dan Samsung (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). Universitas Sam Ratulangi Manado.
Cahyani, G, Febby. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen|Vol. 5 No.3 Maret 2016.
Cheema, Abdur Rehman, Abid Mehmood, Muhammad Imran. 2016. Learning From The Past Analysis Of Disaster Management Structures, Policies And Institutions In Pakistan. Disaster Prevention and Management Vol. 25 No. 4, 2016 pp. 449-463.
Dewi, N. L. G. D. N., & Jatra, M. 2013. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 2(2), 248-261.
Dita Zulia Pramesti, I Nyoman Sujana. 2023. Pengaruh Brand Image, Brand Awareness Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Apple. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Volume 11, Number 1, Tahun 2023, pp. 65-71
Gima dan Emmanuel. 2017. Pengaruh Kemasan, Kewajaran Harga dan Brand Awareness terhadap Brand Loyalty (Studi Kasus Pada Wisatawan Nusantara di Kartika Sari Bandung). Jurnal Manajemen Maranatha. Vol. 17 Nomor 1. ISSN 1411-9293. e-ISSN 2579-4094. pp 1-14
Feriyanto, Andri dan Endang Shyta Triana. 2015. Pengantar Manajemen (3 IN 1) Untuk Mahasiswa dan Umum. Kebumen: MEDIATERA
Firda Ramadayanti. 2019. Peran brand awereness terhadap keputusan pembelian produk. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 111-116.
Firmansyah, Ilham. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Kober Mie Setan Di Kota Malang. MBR (Management and Business Review), 3(2), 116–123.
Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Empat. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Herdana, A., 2015. Analisis Pengaruh Kesadaran Merek (Brand Awareness) Pada Produk Asuransi Jiwa Prudential Life Assurance (Studi Pada Pru Passion Agency Jakarta). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 3.
Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Kevin Refauzi, Salim Siregar. 2022. Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Samsung Galaxy S Series. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9 No 8 Tahun 2022 Hal. : 3010-3022
Khoiriyah Indra Cahyani, Rr. Endang Sutrasmawati. 2016. Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal 5, No. 4 (2016).
Kotler, P., & Armstrong, G. 2018. Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga
Kotler Philip Dan Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 2 Penerbit Erlangga, Jakarta
Krisnawati, D. 2016. Pengaruh Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Amdk Merek Aqua (Studi Pada Masyarakat Di Kota Bandung). Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 4(1).
Laksana, Fajar. 2018. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu
M. Chaidir, Prakoso, C.T. and Boer, K.M., 2018. Pengaruh Tagline Iklan Yamaha “Semakin Di Depan” Terhadap Kesadaran Merek Pada Masyarakat Kecamatan Samarinda Ulu Di Kota Samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi, 6(1), p.393.
M Wahyu Firmansyah. 2022. Pengaruh Tagline Gratis Ongkir Dan Iklan Youtube Dari Shopee Terhadap Brand Awareness. Jurnal Inovasi Penelitian Vol.3 No.3 Agustus 2022.
Marlius, D., 2017. Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis Dan Bauran Pemasaran Pada PT. Intercom Mobilindo Padang. Jurnal pundi, 1(1).
Muharam, W., & Soliha, E. 2017. Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga Dan Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio. Proceeding SENDI_U
Nasution, M. AMRI. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Alat Kesehatan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt. Dyza Sejahtera Medan. Jurnal Warta Edisi 59 Tahun 2019, Halaman 1-18
Nazib, H. Soesanto, & I. M. Sukresna .2016. Analisis Pengaruh Brand Awareness, Dan Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Produk Deterjen Merek Boom Di Kabupaten Bojonegoro). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal Of Marketing Science), Vol. 15, No. 01, pp. 62 - 73,
Nel Arianty, Ari Andira, 2021. Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), pp.39-50.
Nurul Fatimah, Johansyah, 2021. Pengaruh Harga Citra Merek Dan Fitur Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo Oleh Pegawai Dan Siswa Di SMA Negeri 2 Muara Badak. I-CON MEDIA, 4(2), pp.1-14.
Permitasari, Hutami. 2016. Pengaruh Citra Merek, Fitur, dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Smartphone Xiaomi di DIY), Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, Vol.5, No.3, hal.222-237
Romadhonna Siregar, Muhammad Isa , Adanan Murroh Nasution. 2022. Pengaruh Penggunaan Tagline Gratis Ongkir Dan Online Costumer Rating Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Muslim (Studi Pada Mahasiswa FEBI IAIN Padangsidimpuan). PROFJES: Profetik Jurnal Ekonomi Syariah, 1(1), 133-149.
Ronald Tumanggor, Rahmat Hidayat. 2019. Pengaruh Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Indihome Di Kota Bandung Tahun 2018). eProceedings of Applied Science, 4(3).
Schivinski, B. and Dabrowski, D., 2015. The impact of brand communication on brand equity through Facebook. Journal of Research in Interactive Marketing, 9(1), pp.31-53.
Siahaan, H.D. & Yuliati, A.L., 2016. Pengaruh Tingkat Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Victoria's Secret (studi Pada Konsumen Di Pvj Bandung). eProceedings of Management, 3(1).
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tanady, E. S., & Fuad, M. 2020. Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia di Jakarta. Jurnal Manajemen, 9(1).
Thomson. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Konsumen Pada Warung Ucok Durian Iskandar Muda Medan Terhadap Keputusan Pembelian. Fakultas Ekonomi USU
Tjiptono, Fandy. 2017. Strategi Pemasaran Edisi 1. Yogyakarta: Andi
Welan, C. H., & Himmawati, D. R. 2016. Figurative Languages Used In Movie Taglines. Language Horizon, 04 (03), 128-135
Yunita, N.R., Sumarsono, H. and Farida, U., 2019. Pengaruh Persepsi Risiko, Kepercayaan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Buka Lapak (Studi Kasus Pada Komunitas Buka Lapak Ponorogo). ISOQUANT: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), pp.90-105.
Jusuf, D.I., 2021. Perilaku Konsumen di masa bisnis online. Penerbit Andi.
Zulkarnaen, A. G., & Soekotjo, H. 2017. Pengaruh Brand Ambassador, Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo V5 Plus Di Plasa Marina. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(11).