024-6702757 ext. 2208
0895347400702

perpustakaan@usm.ac.id

GET IN TOUCH WITH EMAIL

Senin - Kamis (08.00 - 21.30)
Jum'at (08.00 - 21.00)

OUR OFFICE HOUR

Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Minat Beli Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus Pada Toko Sepeda Rodalink Semarang Katamso)

Skripsi, S1 - MANAJEMEN, 06 Maret 2024, 2024
ARIANI KHOIRUN NIFA; ADHI WIDYAKTO, S.E., M.M.
Anda menggunakan IP : 18.222.164.159
URL :
No Jenis File File
1 Judul
2 Abstrak
3 Halaman Persetujuan-Pengesahan dan Berita Acara Kelulusan (Ujian)
4 Surat Keaslian (Orisinalitas)
5 Daftar Isi
6 BAB I
7 BAB II
8 BAB III
9 BAB IV
10 BAB Penutup
11 Daftar Pustaka
12 Lembar Bimbingan
13 Lembar Publish
14 File Komplit

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh citra merek dan harga terhadap minat beli melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening (Studi Kasus Pada Toko Sepeda Rodalink Semarang Katamso). Hipotesis dari penelitian ini adalah citra merk, harga, dan kepuasan konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli.

Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 96 orang responden yang diperoleh dengan menggunakan purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Kemudian  metode pengumpulan data melalui kuesioner dan analisis data menggunakan SmartPLS yang meliputi uji convergent validity, discriminant validity, composit reliability, second order confirmatory factor analysis, R2, ���2, serta uji hipotesis

Hasil penelitian menunjukkan bahwa  citra merek berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen. Harga berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen. Citra merek berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli. Harga berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli diterima. Kepuasan konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli. Citra merek berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli melalui kepuasan konsumen. Harga berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli melalui kepuasan konsumen

 

Keyword : Brand Image, Price, Consumer Satisfaction, Purchase Intention

Daftar Pustaka

A. Rizkyanto Santoso, N. Rachma, & Budi, W. (2019). PENGARUH PERSEPSI HARGA (X 1 ) DAN KUALITAS PELAYANAN (X 2 ) TERHADAP MINAT BELI ULANG (Y) MELALUI KEPUASAN PELANGGAN (Z) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA KONSUMEN AYAM GORENG NELONGSO CABANG SIGURA-GURA MALANG). www.fe.unisma.ac.id

Adabi, N. (2020). Pengaruh citra merek, kualitas pelayanan dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian indihome di witel telkom depok. JURNAL MANAJEMEN, 12(1), 32–39. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN

Apriany, A., & Gendalasari, G. G. (2022). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk AMDK SUMMIT. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(1). https://doi.org/10.37641/jimkes.v10i1.1278

Dewi, L. G. P. S., Oei, S. J., & Siagian, H. (2020). The Effect of Brand Ambassador, Brand Image, and Brand Awareness on Purchase Decision of Pantene Shampoo in Surabaya, Indonesia (Doctoral dissertation, EDP Sciences).

Euis Bandawaty. (2020). PENGARUH BRAND IMAGE DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION BENTUK INOVASI PEMASARAN BUKALAPAK. 7(1). https://doi.org/10.1016/j.foodqual.2007.04.004

Fadli, M. D., & Rubiyanti, R. N. (2021). PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA E-COMMERCE SHOPEE THE EFFECT OF PRICE, PROMOTION, AND QUALITY OF SERVICE ON CONSUMER LOYALTY THROUGH CUSTOMER SATISFACTION IN E-COMMERCE SHOPEE. www.datareportal.com

Fahrevi, S. R., & Satrio, B. (2018). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Mengukur Kepuasan Pelanggan dan loyalitas Pelanggan, PEMASARAN JASA.

Febriani, & Dewi, A. (2019). Perilaku Konsumen di Era Digital.

Fera, & Ayu Pramuditha, C. (2021). 1611-Article Text-3882-1-10-20211122. Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen, 3(1), 1–13.

Ferdiana Fasha, A., Robi, M. R., & Windasari, S. (n.d.). DETERMINASI KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI: BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). 3(1), 2022. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1

Firmansyah. (2018). Pengantar Manajemen Deepublish.

Fitria, U., & Fakaubun, K. (2019). PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI ULANG SEPATU ADIDAS DI MALANG MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Toko Sport Station Dinoyo, Malang).

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (edisi kelima). In Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS.

Ghozali. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. . Semarang: Badan Penerbit – Universitas Diponegoro.

Ghozali, & Latan. (2015). “Patrial Least Square (Konsep, Tehnik, dan Aplikasi)menggunakan program SmartPLS 3.0”. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gilang Arusetyo, F. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI HONDA CBR 250RR (STUDI PADA PENGUNJUNG DEALER HONDA DELTA SIDOARJO). In Jurnal Ilmu Manajemen (Vol. 6).

Gofur, A. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1).

Habibilah. (2018). PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN PEMBELIAN ULANG PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN BARANG DI SURAKARTA.

Hair, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. European Business Review, 26(2), 106–121. https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128

Halim, N. R., & Iskandar, A. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PERSAINGAN TERHADAP MINAT BELI. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(3), 415–424. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i3.291

Hermanto & Saputra. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Smartphone Xiaomi. Business Management Journal, 15(1), 1–11.

Https://www.rodalink.com/id/rodalink-semarang-katamso.

Iqbal, A. A. (2022). PENGARUH CUSTOMER REVIEW, CUSTOMER RATING, HARGA, DAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP MINAT BELI PRODUK FASHION PADA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA EKONOMI ISLAM FIAI UII.

JFATumbuan, W., & Jopie Jorie, R. (2022). PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN KAMSIA BOBA DI KOTA LAWANG THE INFLUENCE OF PRICE PERCEPTION AND SERVICE QUALITY ON CUSTOMERS SATISFACTION ON KAMSIA BOBA LAWANG. 10(1), 68–77.

Juliet, J. (2020). PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS LAYANAN, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KEMBALI JASA ANTAR OJEK ONLINE MEREK GRAB-BIKE DI JAKARTA PUSAT.

Kiki, E., Setyawati, O., Kiswati, Z., & Farradia, Y. (2019). PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR HONDA VARIO (STUDI KASUS PADA CV KIRANA MOTORINDO JAYA).

Kotler, & Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Larika, & Ekowati. (2020). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone oppo. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1), 128–136.

Lystia, C., Winasis, R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). DETERMINASI KEPUTUSAN PEMBELIAN: HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). 3(4). https://doi.org/10.31933/jimt.v3i4

Mariansyah, A., & Syarif, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu. 3(2). www.investor.iddi

Mubarak, N., & Murtiasih, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Smartphone Iphone Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. https://doi.org/10.47065/arbitrase.v3i2.544

Napik, A., Qomariah, N., & Santosa, B. (2018). KAITAN CITRA MEREK, PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BLACKBERRY BRAND IMAGE RELATIONSHIP, PRICE PERCEPTION, PRODUCT QUALITY, AND PROMOTION ON BLACKBERRY PURCHASE DECISIONS. Jurnal Penelitian Ipteks, 3(1), p-ISSN. www.wikipedia.

Nawari, & Sigit Marianto. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI OJEK ONLINE.

Nurrahman, A., Eldine, A., & Muniroh, D. L. (2019). PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Vol. 2, Issue 4). http://ejournal.uikabogor.ac.id/index.php/Manager/index.

Ong, & Sugiharto. (2013). Analisis pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan di Cincau Station Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran.

Razak, I. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. 7(2).

Ridha. (2017). PROSES PENELITIAN, MASALAH, VARIABEL DAN PARADIGMA PENELITIAN. PROSES PENELITIAN, MASALAH, VARIABEL DAN PARADIGMA PENELITIAN, 67–68.

Rosita, A., Lukitaningsih, A., & Fadhilah, M. (2022). PERAN CELEBRITY ENDORSE, CITRA MEREK, ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI NIAT BELI (Studi Kasus Pada Produk Scarlett) (Vol. 21, Issue 1). http://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial/

Ruth Angelita, J. K., & Aprilia, A. (2018). PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RESTORAN KFC DI SURABAYA. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 6(1).

Saputra, A. L., & Aprilia, T. (2023). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen. Journal of Innovation in Management, Accounting and Business, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.56916/jimab.v2i1.344

Saputra, R., : P., & Karneli, O. (2018). PENGARUH IKLAN DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK MEREK HONDA (Survei Konsumen Pada Dealer CV. Cempaka Motor di Kabupaten Sijunjung). In JOM FISIP (Vol. 5, Issue 1).

Simanjuntak. (2020). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Pembelian Ulang Iphone (Doctoral dissertation, Universitas Sumatra Utara).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto. (2019). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan Kasus).

Sunyoto. (2019). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan Kasus). Cetakan Ke-3. Jakarta: PT. Buku Seru.

Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran (Edisi 4). Andi Offset. Yogyakarta.

Tjiptono. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta . Andi.

Tondang, & Sutrisna. (2019). Pengaruh Promosi dan HargaTerhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Sepatu Bata Mtc Giant Panam Pekanbaru.

Tufahati, N., Safa, C., Barkah, atul, Wulan Tresna, P., & Chan, A. (2021). THE IMPACT OF CUSTOMER SATISFACTION ON REPURCHASE INTENTION (SURVEYS ON CUSTOMER OF BLOOMYTHINGS). In Journal of Business & Applied Management (Vol. 14, Issue 2). http://journal.ubm.ac.id/

Ridha. (2017). PROSES PENELITIAN, MASALAH, VARIABEL DAN PARADIGMA PENELITIAN. PROSES PENELITIAN, MASALAH, VARIABEL DAN PARADIGMA PENELITIAN,. 67–68.

Wisnu Mahendri, & Abdullah Fajarul Munir. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Jasa Transportasi Gojek Online Di Sidoarjo). Jurnal Ekonomi Dan Perkembangan Bisnis, 5(2).

Witarisma, S. W. (2021). Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNP Kediri ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA dan PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN pada E-COMMERCE SHOPEE. http://www.apple.com

Wulandari, S. R., & Susanti, A. (2021a). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online Grab. Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 3(1), 67–78. https://doi.org/10.30812/target.v3i1.1169

Wulandari, S. R., & Susanti, A. (2021b). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online Grab. Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 3(1), 67–78. https://doi.org/10.30812/target.v3i1.1169

Yoebrilianti, A. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Produk  Fashion  dengan  Gaya  Hidup Sebagai    Variabel    Moderator    (Survei Konsumen  pada  Jejaring  Sosial). Jurnal Manajemen  Vol.  8  Nomor  1.

Yuliani, D. E. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN E-COMMERCE SHOPEE PADA MAHASISWA AKUNTASI SYARIAH ANGKATAN 2020 UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG.

Perpustakaan Universitas Semarang

Jl. Soekarno Hatta Semarang
Gedung B Lt. 2

024-6702757 ext. 2208
WA : 0895347400702

perpustakaan@usm.ac.id

follow us