ANALISIS PENGARUH LOKASI, PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA WARUNG PECEL BU KASMINAH PATI
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh lokasi, persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada warung pecel Bu kasminah Pati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lokasi, persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada warung pecel Bu Kasminah Pati.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui metode kuesioner dengan menggunakan teknik purposive sampling kepada 96 responden yang pernah melakukan pembelian di warung pecel Bu Kasminah Pati dan berumur minimal 18 tahun. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan perangkat lunak olah data menggunakan SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel lokasi dan kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di warung pecel Bu Kasminah Pati. Sedangkan variabel persepsi harga memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian di warung pecel Bu Kasminah pati.
Keyword : Location, Price Perception, Product Quality, Purchasing Decisions
Daftar Pustaka
Achmad Jamaludin, Zainul Arifin, & Kadarismasn Hidayat. (2015). PENGARUH PROMOSI ONLINE DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop di Kota Malang). In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 21, Issue 1). www.antaranews.com
Agustina, F. I., Athar, H. S., & Rusdan, R. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Warung-Warung Pecel Di Blitar. Jmm Unram-Master of Management Journal, 6(2).
Anggraeni, A. R., & Soliha, E. (2020). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al Tijarah, 6(3), 96–107.
Anggun Setya Ningrum, & Sri Suryoko. (2018). PENGARUH HARGA, PRODUK, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PEACOCKOFFIE, SEMARANG. DIPONEGORO JOURNAL OF SOCIAL AND POLITICAL. https://doi.org/10.14710/jiab.2019.22763
Brian Hesmu. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Taman Joglo Cafe Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(3), 427–442.
Cockrill, A., & Goode, M. M. H. (2010). Perceived price fairness and price decay in the DVD market. Journal of Product & Brand Management, 19(5), 367–374.
Effendi, R., Rahadhini, M. D., & Suddin, A. (2016). Analisis Pengaruh Word Of Mouth, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Konsumen pada Warung Soto Seger Mbok Giyem di Boyolali). Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 16(4).
Ekasari, R., & Putri, T. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 3(2), 266–277.
Fansurizal, & Kartin Aprianti. (2022). Pengaruh harga, kualitas produk dan lokasi terhadap keputusan pembelian. JURNAL MANAJEMEN, 14(2), 487–494. https://doi.org/https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i2.11210
Ferdinand, A. (2014). Metode penelitian manajemen: Pedoman penelitian untuk penulisan skripsi tesis dan disertasi ilmu manajemen.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23.
Hardiansyah, F., Nuhung, M., & Rasulong, I. (2019). PENGARUH LOKASI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RESTORAN SINGAPORE DI KOTA MAKASSAR. Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 3. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/profitability
Hasna Nadiya, F., & Wahyuningsih, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang). http://prosiding.unimus.ac.id
Heizer, J., & Render, B. (2015). “Manajemen Operasi: Keberlangsungan dan Rantai Pasokan” (Hirson Kurnia, Ratna Saraswati, & David Wijaya, Eds.; empat belas, Vol. 699). Selemba Empat.
Herawaty, D. (2016). Pengaruh kecerdasan emosional, partisipasi guru dalam forum ilmiah, keyakinan diri (self efficacy), dan motivasi kerja terhadap kinerja guru matematika. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 71–85.
Herjanto, E. (2007). Manajemen Operasi (Edisi 3). Grasindo.
Hidayah, D. A., & Suryawardana, E. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Persepsi Harga, Lokasi Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. Solusi, 16(2).
Hidayat, M. R., & Utamaningsih, A. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RUMAH MAKAN CAK KODIR LUMAJANG. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(1), 38–43.
Hurriyati, R. (2005). Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen.
Kasmir. (2016). Manajemen sumber daya manusia (1st ed., Vol. 370). Rajawali Pers, 2016.
Kotler, & Keller. (2002). MARKETING MANAJEMENT (13th ed.). Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson Education Limited. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/102987/marketing-management-15-e.html
Kusdyah, I. (2012). Persepsi Harga, Persepsi Merek, Persepsi Nilai, dan Keinginan Pembelian Ulang Jasa Clinic Kesehatan (Studi Kasus Erha Clinic Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran, 7(1), 25–32.
Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen pemasaran jasa: Teori dan praktek.
Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2006). Manajemen pemasaran jasa. Language, 18(298p), 26cm.
Luthfia, E. W. (2012). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA COFFEE SHOP KOFISYOP TEMBALANG . Universitas Diponegoro.
Ma’ruf, H. (2005). Pemasaran ritel. Gramedia Pustaka Utama.
Monalisa, L. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Internasional Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa pembeli dan pengguna Laptop Lenovo di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 28(2).
Nurjannah, F. A., Firmansyah, E. A., Kunci:, K., Merek, C., Pembelian, K., Bandung, K., & Upnormal, W. (2018). CITRA MEREK SERTA KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CAFE WARUNK UPNORMAL BRAND IMAGE, PURCHASING DECISION AT WARUNK UPNORMAL. DIMENSI, 7(1), 36–58.
Oentoro, D. (2012). Manajemen pemasaran modern. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.
Oktavianty. w, & Susanti. (2020). PENGARUH HARGA, KUALITAS LAYANAN, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA WARUNG AYAM BAKAR KRATON KEBUMEN. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2.
Ong, I. A. (2013). Analisa pengaruh strategi diferensiasi, citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pelanggan di Cincao Station Grand City, Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1–11.
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2010). Consumer behavior & marketing strategy. McGraw-hill.
Rahman. (2013). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS, PERSEPSI HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PEMANCINGAN NGREMBEL ASRI GUNUNGPATI SEMARANG [Universitas negeri semarang]. https://lib.unnes.ac.id/18038/1/7350407068.pdf
Rambe, D. N. S., & Aslami, N. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Pasar Global. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 213–223.
Rifkifadillah, M. A., & Talumantak, R. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, LOKASI, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI WARUNK UPNORMAL KEMANG PRATAMA. In AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional (Vol. 4, Issue 2).
Roskawati. (2019). PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA DE’ SUSHI JAPANESE RESTO HERTASNING MAKASSAR. Universitas Negeri makasar.
Santoso, B., & Cyasmoro, V. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Outlet SaladCuyy Bojonggede. Jurnal Cendekia Ilmiah, 2(6).
Sari, N., Saputra, M., & Husein, J. (2017). Pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian pada toko online Bukalapak. com. Jurnal Manajemen Magister Darmajaya, 3(01), 96–106.
Schiffman, L. G., Kanuk, L. L., & Hansen, H. (2012). Consumer behaviour: a European outlook. Harlow England. Financial Times/Prentice Hall.
Sofjan, A. (2010). Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: Penerbit PT Rajagrafindo Persada.
Stanton, W. J. (2013). Dasar-dasar pemasaran. Edisi Ke Tujuh, Jakarta: Erlangga Jilid Ke-1.
Sugiono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif. Alfabeta.
Swastha, B., & Handoko, T. H. (2002). Manajemen pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.
Titik Sri Mardiasih. (2019). PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PASAR. IQTISHADequity, 2.
Tjiptono. (2017). Service management : mewujudkan layanan prima (3rd ed.). Andi. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1110819
Tjiptono, & Diana. (2020). Pemasaran (1st ed.). Andi.
Toncar, M. F., Alon, I., & Misati, E. (2010). The importance of meeting price expectations: linking price to service quality. Journal of Product & Brand Management, 19(4), 295–305.
Ummat, R., & Hayuningtias, K. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(6), 2279–2291.
Wariki, G. M., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2).
Weenas. (2013). KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SPRING BED COMFORTA. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4).
Widarjono, A. (2010). Analisis statistika multivariat terapan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Wulandari, R. (2020). Pengaruh Lokasi, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Pegawai Terhadap Keputusan Pembelian Di Pusat Perbelanjaan. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 2(1).
Yuliana, S., & Maskur, A. (2022a). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Sinestesa Coffeeshop Pati). SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 2022–2559. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1772
Yuliana, S., & Maskur, A. (2022b). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Kualitas Layanan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian (studi pada pelanggan Sinestesa Coffeeshop pati). SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 559–573.