PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MI INSTAN SARIMI (Studi Kasus pada Mi Instan Merek Sarimi di Wilayah Semarang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh citra merek, kualitas produk, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen mi instan Sarimi di wilayah Semarang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 96 orang responden.
Di dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang memberikan kesempatan menjadi anggota sampel dengan kriteria tertentu. Kemudian metode pengumpulan data melalui kuosioner dan analisa data menggunakan SPSS 25 yang meliputi uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis menggunakan uji t, uji F dan uji R2.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel citra merek dan kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel Persepsi harga yang diteliti terbukti berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,654. Dalam hal ini berarti 65,4% variasi variabel keputusan pembelian dijelaskan oleh variabel citra merek, kualitas produk, dan persepsi harga. Sedangkan sisanya 34,6% dijelaskan oleh variabel lain di luar model.
Keyword : Brand Image, Product Quality, Price Perception and Purchase Decisions
Daftar Pustaka
Amalia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669.
Andriani, F. (2021). Pengaruh Iklan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Tokopedia (Studi Kasus Pada Pengguna Tokopedia Di Jabodetabek). Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(3), 266–278.
Baehaqi, M. A., Udayana, I. B. N., & Welsa, H. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk terhadap Customer Satisfaction dan Keputusan Pembelian Konsumen. Widya Manajemen, 4(1), 21–33. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v4i1.1878
Buntu, B. (2019). Pengaruh Harga Dan Saluran Distribusi Terhadap Kepuasan Pelanggan Kargo Pada Pt. Agung Latimojong Jayapura. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 9–22. https://doi.org/10.55049/jeb.v9i2.173
Dadang Suparman., S.Pd.I., M. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Penjualan Spare Part Motor Di Pt. Slm (Selamat Lestari Mandiri). Jurnal Ekonomedia, Vol. 07 No(2), 2.
Darmansah, A., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Unsurya, 1(1), 15–30. https://jom.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jimen/article/view/2
Durianto, Darmadi; Sugiarto; Sitinjak, Tony, 2017, Strategi Menaklukkan Pasar.
Ernawati, R. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 80–98. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663
Ervikayanti, N. K. A., & Kusumawijaya, I. K. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Yoghurt Republic Di Legian (Studi Pada Yoghurt Republic Legian). Journal Research Management, 02(1), 58–67.
Fajrin, M. R., & Prabowo, R. E. (2023). SEIKO : Journal of Management & Business Pengaruh Promosi, Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian KFC di Kota Semarang. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 576–583. www.topbrand-award.com
Gea, F., Khairani, R., Putri, D. R., & Simanullang, H. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Personal Selling Terhadap Kepuasan Konsumen Day Old Chick Pada Pt Super Unggas Jaya Medan Oleh : Unggas Jaya Medan . Determination Of Samples In This Study Was Done By Using Simple. Jurnal Ilmiah Socio Secretum, 9, 147–158. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/socio/article/view/217
Irdhayanti. (2020). Pembelian Produk Busana Muslim Pada Toko Rumah Jahit Akhwat ( Rja ). 1(1), 49–59.
Islamiyah, K., & Soebiantoro, U. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Mi Instan Sarimi (Studi pada Mahasiswa yang Sedang Kuliah di Surabaya). 22(3), 1567–1572. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2579
Kotler, Philip. 2015. Manajemen Pemasaran. PT. Indeks, Jakarta.
Mamonto, Tumbuan, & Rogi. (2021). Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran (4P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Podomoro Poigar Di Era Normal Baru. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(2), 110–121.
Oktavenia, K. A. R., & Ardani, I. G. A. K. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia Dengan Citra Merek Sebagai Pemediasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(3), 1374. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i03.p08
Pattinasarany, Y. (2020). Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Salon Excellence Beauty & Lounge Di Surabaya. Repository.Stiemahardhika.Ac.Id, 5, 239–248.
Prabowo, R. E., Indriyaningrum, K., & Setyani, A. D. (2020). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olah Raga Merek Adidas (Studi di Kota Semarang). Solusi, 18(4). https://doi.org/10.26623/slsi.v18i4.2846
Putranto, A. T., & Qiyanto, A. (2020). Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian transaksi E-Pulsa. Jurnal Disrupsi Bisnis, 3(2), 1–11. Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Transaksi E-Pulsa
Ragatirta, L. P., & Tiningrum, E. (2021). Pengaruh Atmosphere Store, Desain Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus di Rown Division Surakarta). Excellent, 7(2), 143–152. https://doi.org/10.36587/exc.v7i2.793
Salsabila í, A., Maskur, A., & Stikubank Semarang, U. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan (Studi Pada Pelanggan Mie Gacoan di Kota Semarang). SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 156–167. https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/1902
Saputra, R., & Putri, K. A. S. (2022). Peran Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap keputusan Pembelian Berulang pada Produk Susu Bear Brand di Kota Malang. E-Qien Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 261–269. https://stiemuttaqien.ac.id/ojs/index.php/OJS/article/view/407
Setyarko, Y. (2016). Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Ekonomika Dan Manajemen, ISSN: 2252-6226, 5(2), 128–147.
Situmeang, P. A., Nainggolan, B. M. ., & Kristiadi, A. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Restoran Sushimas. Jurnal EDUTURISMA, 5(1), 32–55.
Soetanto, J. P., Septina, F., & Febry, T. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Amondeu. Performa, 5(1), 63–71. https://doi.org/10.37715/jp.v5i1.1303
Sudjana, 2016, Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistyawati, P. (2011). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Acer diKota Semarang. Manajemen, 1–25.
Syaleh, H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Tempat Pendistribusian Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada Cv. Tjahaja Baru Bukittinggi the Effect of Product Quality, Price, Promotion and Distribution Place on Purchashing Decision of Yamaha. Journal of Economic, Business and Accounting (COSTING), 1(1), 68–82.
Taufiq, M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Lemonilo.
Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 67. https://doi.org/10.33603/jibm.v5i1.4929
Wicaksono, R. A., Octavia, A. N., & Aprianto, M. S. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Indomie di Semarang. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 21(1), 423–432.
Wifky Muharam & Euis Soliha, 2017. (2017). Kualitas Produk, Citra Merk, Persepsi Harga Dan Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio. Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga Dan Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio, 2014, 755–762.
Winarsih, R., Mandey, S. L., & Wenas, R. S. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Makanan, Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Dabu – Dabu Lemong Resto Dan Coffee Kawasan Megamas Di Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 388. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.41953
Wulandari, T. (2016). Analisis Proses Keputusan Pembelian Mahasiswa Melalui Ekuitas Merek Politeknik Perdana Mandiri Dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dan Bisnis (STIEB) Perdana Mandiri Purwakarta. Program Studi Administrasi Bisnis Politeknik Perdana Mandiri.
Yunaida, E. (2017). Pengaruh Brand Image ( Citra Merek ) terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube di Kota Langsa. 6(2), 798–807.