024-6702757 ext. 2208
0895347400702

perpustakaan@usm.ac.id

GET IN TOUCH WITH EMAIL

Senin - Kamis (08.00 - 21.30)
Jum'at (08.00 - 21.00)

OUR OFFICE HOUR

PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN, DAN CITRA MERK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GUMILANG BATIK

Skripsi, S1 - MANAJEMEN, ,
MUHAMAD YUSRIL MAHENDRA; Johanis Souisa, S.E., M.M.
Anda menggunakan IP : 3.148.252.90
URL :
No Jenis File File
1 Judul
2 Abstrak
3 Halaman Persetujuan-Pengesahan dan Berita Acara Kelulusan (Ujian)
4 Surat Keaslian (Orisinalitas)
5 Daftar Isi
6 BAB I
7 BAB II
8 BAB III
9 BAB IV
10 BAB Penutup
11 Daftar Pustaka
12 Lembar Bimbingan
13 Lembar Publish
14 File Komplit

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan citra merk terhadap keputusan pembelian. Masalah yang dihadapi Gumilang Batik di Desa Guntur Kabupaten Demak adalah penjualan yang menurun. Populasi penelitian ini adalah pelanggan pada Gumilang Batik di Desa Guntur Kabupaten Demak. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 96 responden.

Di dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dan kuesioner dengan pengukuran skala likert. Kemudian data yang diperoleh dianalisa menggunakan SPSS versi 26 yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f, serta analisis koefisien determinasi ( ).

Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa Kualitas Produk  (X1) dan Citra Merk (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Sedangkan kualitas Layanan (X2) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,473. Dalam hal ini berarti 47,3 % variasi variabel keputusan pembelian dijelaskan oleh variabel kualitas produk, kualitas pelayanan, dan citra merk. Sedangkan sisanya 52,7% dijelaskan oleh variabel lain di luar model.

 

 

Kata kunci: kualitas produk, kualitas layanan, dan citra merk terhadap keputusan pembelian.

Keyword : product quality, service quality, and brand image on purchasing decisions.

Daftar Pustaka

DAFTAR PUSTAKA

 

Schiffman, L & Kanuk, L, L. 2008. Perilaku Konsumen Edisi Tujuh, Jakarta: PT Indeks.

Tjiptono F, Gregorius, dan Dedi. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Maria, M. & Anshori, M.Y. (2013). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen King Cake. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 6(1), 1–9

Prasastono, N. & Pradapa, S. Y. F. (2012). Kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Kentucky Fried Chicken Semarang Candi. Dinamika Kepariwisataan, 11(2), 13–23.

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler D. D. (2009). Services marketing-integrating customer focus across the firm. New York: McGraw Hill

Kaihatu, T. S. (2008). Analisa kesenjangan kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen pengunjung Plaza Tunjungan Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 10(1), 66–83.

Behboudi, I. & Hosseini, S. H. K. (2016). "Brand trust and image: effects on customer satisfaction." International journal of health care quality assurance 30.7 (2017): 580-590

Rimiyati, H. & Widodo, C. (2014). Pengaruh citra merek, kualitas produk, kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen merek Samsung Galaxy Series (Studi pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). Jurnal Manajemen & Bisnis, 5(2), 223–234.

Fadhilah, Muinah, Sakti Riana Fatmaningrum & Susanto (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonimi dan Akuntansi, Vol. 4, No.1

Larassati Pratiwi Supu, Bode Lumanauw, dan Jane Grace Poluan. (2021). Pengaruh Harga Produk, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Smartphone Samsung Di Manado. Jurnal EMBA, 9 (3), 919-928

N.L.K.D. Pratami, Trianasari, R. Atidira (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy Pada PT Mertha Buana Motor Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol 2 No. 1, Juli 2020 P-ISSN: 2685-5526

Malonda Deisy, Joyce Lapian, dan Yunita Mandagie. 2018. Analysis Of Brand Image, Product Price And Quality Of Purchasing Decision For Samsung Handphone At Celuler Outlets It Center Manado. Jurnal EMBA Vol.6 No.4 September 2018, Hal. 2288 – 2297

I Wayan Eka Santika dan Ida Ayu Arini (2020). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi (Studi Kasus Pada Kopi Nini) Di Desa Demulih Kabupaten Bangli. Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium6(1), 89-97.

Purwaningrum, Maria Rosita, and Lamhot Henry Pasaribu. "The Influence of Service Quality, Promotion, and Secure Transaction Towards Purchase Decision (Study Case on Tokopedia. com)." Enrichment: Journal of Management 12.1 (2021): 190-196

Kotler, P dan G. Armstrong. (2014). Principles of Marketin. 12th Edition. Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Erlangga. Jakarta.

Tjiptono, F., & Chandra, G. 2007. Service, Quality, Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Alih Bahasa : Benyamin Molan. Manajemen Pemasaran. Edisi Keduabelas. Jilid 1. Cetakan Keempat. PT. Indeks. Jakarta.

Soenawan, Alfredo Dwitama dan Malonda, Edward Stephen. 2013. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen D‟Stupid Baker Spazio Graha Family Surabaya. Naskah Publikasi, hlm. 395-409. Surabaya: Program Manajemen Perhotelan Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra.

Tjiptono, Fandy. 2010, Strategi Pemasaran, Edisi 2, Andi Offset, Yogyakarta.

Kotler Philip, Amstrong Gary. 2013. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Penerbit Erlangga

Tjiptono, F. 2009. Strategi Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi

Rozi, I. A., & Khuzaini. (2021). Pengaruh Harga Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10.

Sholichah, I. P., Sutopo, S., dan Iman, N. 2022. “Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Persebaya Store Komplek”. Jurnal manajemen dan bisnis, Vol.2 No.2, Hal: 165-170. Indonesia: Universitas Bhayangkara Surabaya.

Anang Firmansyah. 2018. Pengantar Manajemen. Edisi ke-1. Yogyakarta: Deepublish. 

Sari Dewi, L. G. P., Edyanto, N., & Siagian, H. (2020). The Effect of Brand Ambassador, Brand Image, and Brand Awareness on Purchase Decision of Pantene Shampoo in Surabaya, Indonesia. SHS Web of Conferences, 76, 01023. SHS Web of Conferences, 76, 01023

Juliet, J. (2020). Pengaruh citra merek, kualitas layanan, promosi dan harga terhadap minat beli kembali jasa antar ojek online merek grab-bike di jakarta pusat. Jurnal Ekonomi Perusahaan, 27(1).

Davidson, H., Suwarto, & Nasikah, D. (2021). Pengaruh Country Of Origin Dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Dan Minuman Import Di Kota Metro. Jurnal Ilmu Manajemen Retail (JIMAT).

Kotler, Philip. & Gary Armstrong. 2014. Principle Of Marketing. 15th edition. Pretice Hall: New Jersey

Ginting, Nembah F. Hartimbul. 2012. Manajemen Pemasaran. Cetakan 2. Penerbit : Yrama Widya. Bandung

Fatmawati, N., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda.” Jurnal Manajemen Teori dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 10(1), 1.

 

Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2021) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Chendradewi, R., & Khasanah, I. 2016. Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kepercayaan Pelanggan, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Waroeng Steak & Shake Semarang cabang Kelud. Diponegoro Journal of Management Volume5, Nomor 4 ISSN: 2337-3792

Hananto, Djoko. 2021. “Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jersey Cycling Di Tangsel”. Jurnal Manajemen, Vol.1 No. 1. Ciputat: Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Kotler, P., & Keller, K. (2012). Marketing Management. 14th ed Pearson Education Limited. England.

Euis Soliha , Bayu Yudi Oktavian. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Presepsi Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Cafe Dewan Kopi Pati). Fokus Ekonomi. 17 (1). Universitas Stikubank Semarang

Febrianti, S. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian: Pengawasan Pada Konsumen Pabrik Tahu LA Sariwangi”. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi, Vol.1 No.4, Hal. 437-440. Tasikmalaya: Universitas Perjuangan Tasikmalaya.

Rambat, Lupiyoadi. 2004. Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktek. Jakarta: PT Salemba Empat. 

Yamit, Zulian. 2001, Manajemen Kualitas Produk dan Jasa, Yogyakarta: Ekonosia.

Tjiptono F, 2000. Manajemen Jasa, Edisi kedua.Andy offiset , Yogyakarta. 

Sri Wahyuni dan Jonianto Pardamean. 2016. Pengaruh Iklan Harga dan Kualitas Layanan pada Kartu Simpati di Institut Perbanas. Jurnal Study Manajemen dan Bisnis, Vol 3, No.1

Siahaan, E. 2022. “Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Suplemen Makanan Blackmores”. Skripsi. Universitas HKBP Nommensen

Tjiptono, Fandy, Gregorius, dan Dedi. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Mahmudah, I.S. & Tiarawati, M. 2013. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian  Pond’s Flawless White. Jurnal Ilmu Manajemen. 1(13): 837- 847.

Prasatiningtyas, T.R. 2016. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Harga dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Kartu Seluler Telkomsel pada Karyawan karyawan PT. Sentral Bahana Ekatama Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 5(7): 1-15

Amilia, S. & Nasution, M.O.A. 2017. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Hand Phone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan. 6(1): 660-669

Ayuniah, P. 2014. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Iklan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus pada Mahasiswi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma). Jurnal Ekonomi Bisnis. 22(3): 208-218

Supangkat, A.H. 2017. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Tas di Intako. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 6(9): 1-19.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kotler Philip, Amstrong Gary. 2013. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Penerbit Erlangga

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke-. 26. Penerbit Alfabeta

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Nurgiyantoro, Burhan, Gunawan dan Marzuki. 2004. Statistik Terapan : Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Cetakan Ketiga (Revisi). Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Durianto, Darmadi; Sugiarto; Sitinjak, Tony. (2001). Strategi Menaklukkan Pasar. Melalui Riset Ekuitas dan perilaku merek. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

lfiah, A., Suhendar, A., & Yusuf, M. (2023). SEIKO : Journal of Management & Business Pengaruh Kualitas Produk , Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Vinyl Flooring Merek Taco di CV Indosanjaya Kota Bandung. 6(1), 492–503. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3926

Anam, M. S., Agama, I., Negeri, I., Salatiga, I., Agama, I., Negeri, I., Salatiga, I., Agama, I., Negeri, I., Salatiga, I., Rosia, R., Agama, I., Negeri, I., Salatiga, I., & Kunci, K. (2021). Pengaruh Kualitas Produk , Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra ( Studi Kasus pada Mahasiswa IAIN Salatiga ). 4(1), 120–136.

Anggraeni, A. R., & Soliha, E. (2020). Kualitas produk , citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian ( Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang ). 6(3), 96–107.

Anindita Lintang Damayanti Geraldine, F. A. M. (2022). Pengaruh Brand Image , Online Customer Review dan Kualitas Pengguna Internet. 2(2), 132–142. https://doi.org/10.31603/bmar.v2i2.6963

Cynthia, D., Hermawan, H., Izzudin, A., & Jember, U. M. (2022). TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. IX, 104–112.

Fatmaningrum, S. R., & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. 4(1), 176–188.

Fuadi, Selamet, Elly Wijayanti, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Indihome Pada Pt.Telkom Metro Selamet. 4(2), 144–157.

Ratna Mandasari, E. D. (2021). Iqtishadequity Pengaruh Kualitas Produk , Digital Marketing Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Lipcream Pixy Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. 4(1), 1–10.

Salsabila, A., & Maskur, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk , Citra Merek , Persepsi Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan ( Studi Pada Pelanggan Mie Gacoan di Kota Semarang ) Abstrak. 5(c), 156–167.

Wolff, M., Tumbuan, W. J. F. A., Lintong, D. C. A., Hidup, P. G., Citra, D. A. N., Terhadap, M., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Ratulangi, U. S. (2021). MILENIAL DI KECAMATAN TAHUNA THE EFFECT OF LIFESTYLE , PRICE , AND BRAND IMAGE ON THE DECISION TO PURCHASE IPHONE BRAND SMARTPHONE ON MILLENIAL WOMEN IN TAHUNA DISTRICT Jurnal EMBA Vol . 10 No . 1 Januari 2021 , Hal . 1671-1681. 10(1), 1671–1681.

Perpustakaan Universitas Semarang

Jl. Soekarno Hatta Semarang
Gedung B Lt. 2

024-6702757 ext. 2208
WA : 0895347400702

perpustakaan@usm.ac.id

follow us