PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN SEBAGAI MEDIASI (Studi pada Outlet Savoury Dessert)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Digital Marketing dan Customer Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan sebagai variabel intervening pada pelanggan Savoury Dessert. Variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, Kepuasan (Y1), Loyalitas Pelanggan (Y2) sedangkan variabel bebas yang digunakan yaitu, Digital Marketing (X1), Customer Relationship Marketing (X2). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria responden yang pernah melakukan pembelian di Savoury Dessert minimal 1 kali. Pada penelitian ini menggunakan program SPSS.
Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Digital Marketing dan Customer Relationship Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Variabel Digital Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Variabel Customer Relationship Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Variabel Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Dan variabel Digital Marketing dan Customer Relationship Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan.
Keyword : Digital Marketing, Customer Relationship Marketing, Satisfaction, Customer Loyalty
Daftar Pustaka
Amelia, Y. Y., & Safitri, K. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Pada Café Hangout Di Sampit. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1), 95-106.
Chalabi, A., & Turan. (2023). Analisis Keputusan Pembelian dan Loyalitas Pelanggan terhadap Voucher Gratis Ongkos Kirim E-Commerce Shopee Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(5), 678-685.
Eligius, C. T., & Mauli, S. (2024). Pengaruh Digital Marketing, Variasi Produk Dan Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Board Games Cafe Batam. SEIKO : Journal of Management & Business, 7(1), 859-868.
Fahriani, N. S., Intan R. F. (2022). Analisis Kepuasan Pelanggan di Apotek Bunda Cikembar. OPTIMAL Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 2(3), 1-11.
Fau, Setiawan dan M Khoiri. (2024). Pengaruh digital marketing , kepercayaan, d an inovasi terhadap loyalitas konsumen maxim di kota batam. 24(1), 1-13.
Handayani, L. S., & Hidayat, R. (2022). Pengaruh kualitas Produk , Harga , dan Digital Marketing Terhadap Produk MS Glow Beauty Terlaris di Berbagai macam produk kosmetik di kosmetik untuk konsumen wanita maupun. Jurnal Ilmiah Ekonomi, 5(2), 135-145.
Irma, Ade, I., Cut Mega, P. (2024). Pengaruh Digital Marketing dan Customer Relationship Marketing terhadap Kepuasan Konsumen pada Moment Coffee & Eatery Meulaboh Aceh Barat. Ekodestinasi, 2(1), 76-84.
Isti R. D., Amroni, A., Dewi L. P., et al. (2023). Customer Relationship Marketing Sebagai Mediasi Penetapan Harga, Kemasan Unik dan Desain Tata Letak Terhadap Minat Berkunjung Ulang Konsumen MIXUE Indonesia. JMB : Jurnal Manajemen dan Bisnis, 12(2), 62.
Joko, Riyanto dan Muchayatin. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Traveloka Di Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan, 2(1), 49-56.
Laely, N., Djunaedi. & Rosita, D. (2020). Pengaruh Customer Relationship Marketing dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan : Studi Konsumen McDonald’s Kediri. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(2), 224.
Lestari, D. F., & Azizah, J. N. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen E-Commerce Shopee Di Kota Cilegon. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan, 6(1).
Maulidiah, E. P., Survival, Budiantono, B. (2023). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kualitas Pelayanan Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Economina, 2(3), 727-737.
Masito, Ravica Ayu. (2021). Pengaruh Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Air Minum Cheers ( Studi Pt . Atlantic Biruraya ). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1216-1222.
Muhammad, I. (2021). Efektifitas Digital Marketing Terhadap Kualitas Layanan pada Usaha di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus di Aceh). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 7(2), 83-93.
Nur, L. Z., Prihartini, E., Alviani, S. R. (2022). Pengaruh Customer Relationship Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Klinik Kecantikan dr. Amalia Di Sumedang). Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan, 3(1), 377-390.
Oscarius, W., (2021). Strategi Customer Relationship Marketing. Lakeisha, 138.
Pratiwi, N. D., & Fadhli, K. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi Zio Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 603-612.
Ridho, M., Abdul, H. M., Rani, S., Lasmiatun. (2023). Pengaruh Customer Relationship Marketing terhadap Loyalitas dengan Kepuasan sebagai Moderasi. Edunomika, 07(02), 1-8.
Rohana, Tulus. (2020). Pengaruh Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 8(1), 28-32.
Sanjaya, R. P., Zulkarnain, Samsir. (2021). Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Merchant Partner Grab Food di Kota Pekanbaru. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, 11(1), 44-52. Savriana, Wulandari. (2021). Pengaruh Digital Marketing dan Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen The Bali Florist. Jurnal EMAS, 2(2), 185-194.
Setiawati, L., & Susanti, A. (2022). Pengaruh Pengalaman Pelanggan, Kesadaran Merek dan Kepuasaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Ella Skin Care di Cabang Gentan. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, 21(1), 49.
Sunarko, R. D., dan Nursalin, K. K. (2023). Pengaruh Digital Marketing & Customer Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Chacha Mango Cimahi. MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal), 6(2), 33-44.
Utomo, J., Nursyamsi, J., dan Sukarno, A. (2023). ANALISIS PENGARUH PRODUK, PROMOSI dan DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BELANJA ONLINE DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI INTERVENING. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 2(1), 100-116.
Yolanda, R., Hardilawati, W. L., Hinggo, H. T. (2021). Pengaruh Perceived Quality, Customer Relationship Marketing Dan Store Atmosphere Terhadap Loyalitas Konsumen. Economics, Accounting and Business Journal, 1(1), 146-156.
Yosef, E., dan Timotius, T. (2022). Pengaruh Implementasi Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Pada Kafe Kisah Kita Ngopi. Konsumen & Konsumsi : Jurnal Manajemen, 1(2), 107-128.
Yulia, Indriyani dan Megawati. (2024). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pempek Flamboyant. MDP Student Conference 2024, 504-508.
Yuni M. P., Hardi, U., Fudji S. M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, Harga Dan Digital Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Di Grand Wahid Hotel Salatiga. Among Makarti, 14(1), 93-108.