024-6702757 ext. 2208
0895347400702

[email protected]

GET IN TOUCH WITH EMAIL

Senin - Kamis (08.00 - 21.30)
Jum'at (08.00 - 21.00)

OUR OFFICE HOUR

PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN SEBAGAI MEDIASI (Studi pada Outlet Savoury Dessert)

Skripsi, S1 - MANAJEMEN, ,
JIHAN FITRA RAHMAIDA; Andhy Tri Adriyanto, S.E., M.M.
Anda menggunakan IP : 3.145.107.84, 172.71.255.121
URL :
No Jenis File File
1 Judul
2 Abstrak
3 Halaman Persetujuan-Pengesahan dan Berita Acara Kelulusan (Ujian)
4 Surat Keaslian (Orisinalitas)
5 Daftar Isi
6 BAB I
7 BAB II
8 BAB III
9 BAB IV
10 BAB Penutup
11 Daftar Pustaka
12 Lembar Bimbingan
13 Lembar Publish
14 File Komplit

Abstract

            Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Digital Marketing dan Customer Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan sebagai variabel intervening pada pelanggan Savoury Dessert. Variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, Kepuasan (Y1), Loyalitas Pelanggan (Y2) sedangkan variabel bebas yang digunakan yaitu, Digital Marketing (X1), Customer Relationship Marketing (X2). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria responden yang pernah melakukan pembelian di Savoury Dessert minimal 1 kali. Pada penelitian ini menggunakan program SPSS.

            Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Digital Marketing dan Customer Relationship Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Variabel Digital Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Variabel Customer Relationship Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Variabel Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Dan variabel Digital Marketing dan Customer Relationship Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan.

Keyword : Digital Marketing, Customer Relationship Marketing, Satisfaction, Customer Loyalty

Daftar Pustaka

Amelia, Y. Y., & Safitri, K. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas      Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Pada Café Hangout Di            Sampit. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1), 95-106.

Chalabi, A., & Turan. (2023). Analisis Keputusan Pembelian dan Loyalitas             Pelanggan terhadap Voucher Gratis Ongkos Kirim E-Commerce Shopee             Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(5), 678-685.

Eligius, C. T., & Mauli, S. (2024). Pengaruh Digital Marketing, Variasi Produk       Dan Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Board Games    Cafe Batam. SEIKO : Journal of Management & Business, 7(1), 859-868.

Fahriani, N. S., Intan R. F. (2022). Analisis Kepuasan Pelanggan di Apotek Bunda            Cikembar. OPTIMAL Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 2(3), 1-11.

Fau, Setiawan dan M Khoiri. (2024). Pengaruh digital marketing , kepercayaan, d  an inovasi terhadap loyalitas konsumen maxim di kota batam. 24(1), 1-13.

Handayani, L. S., & Hidayat, R. (2022). Pengaruh kualitas Produk , Harga , dan    Digital Marketing Terhadap Produk MS Glow Beauty Terlaris di Berbagai           macam produk kosmetik di kosmetik untuk konsumen wanita maupun.           Jurnal Ilmiah Ekonomi, 5(2), 135-145.

Irma, Ade, I., Cut Mega, P. (2024). Pengaruh Digital Marketing dan Customer      Relationship Marketing terhadap Kepuasan Konsumen pada Moment            Coffee & Eatery Meulaboh Aceh Barat. Ekodestinasi, 2(1), 76-84.

Isti R. D., Amroni, A., Dewi L. P., et al. (2023). Customer Relationship Marketing            Sebagai Mediasi Penetapan Harga, Kemasan Unik dan Desain Tata Letak      Terhadap Minat Berkunjung Ulang Konsumen MIXUE Indonesia. JMB :      Jurnal Manajemen dan Bisnis, 12(2), 62.

Joko, Riyanto dan Muchayatin. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan    Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen           Traveloka Di Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Manajemen dan             Kewirausahaan, 2(1), 49-56.

Laely, N., Djunaedi. & Rosita, D. (2020). Pengaruh Customer Relationship            Marketing dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan : Studi Konsumen        McDonald’s Kediri. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(2),    224.

Lestari, D. F., & Azizah, J. N. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand       Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen E-Commerce Shopee   Di Kota Cilegon. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan, 6(1).

Maulidiah, E. P., Survival, Budiantono, B. (2023). Pengaruh Fasilitas Terhadap      Kualitas Pelayanan Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal        Economina, 2(3), 727-737.

Masito, Ravica Ayu. (2021). Pengaruh Digital Marketing Dan Customer     Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Air           Minum Cheers ( Studi Pt . Atlantic Biruraya ). Jurnal Pendidikan Tata     Niaga (JPTN), 9(2), 1216-1222.

Muhammad, I. (2021). Efektifitas Digital Marketing Terhadap Kualitas Layanan   pada Usaha di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus di Aceh). JEMSI     (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 7(2), 83-93.

Nur, L. Z., Prihartini, E., Alviani, S. R. (2022). Pengaruh Customer Relationship    Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi        pada Klinik Kecantikan dr. Amalia Di Sumedang). Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan, 3(1), 377-390.

Oscarius, W., (2021). Strategi Customer Relationship Marketing. Lakeisha, 138.

Pratiwi, N. D., & Fadhli, K. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk,            dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi Zio Jombang.          Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 603-612.

Ridho, M., Abdul, H. M., Rani, S., Lasmiatun. (2023). Pengaruh Customer            Relationship Marketing terhadap Loyalitas dengan Kepuasan sebagai            Moderasi. Edunomika, 07(02), 1-8.

Rohana, Tulus. (2020). Pengaruh Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 8(1), 28-32.

Sanjaya, R. P., Zulkarnain, Samsir. (2021). Pengaruh Customer Relationship           Marketing Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Merchant Partner Grab Food          di Kota Pekanbaru. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, 11(1), 44-52. Savriana, Wulandari. (2021). Pengaruh Digital Marketing dan Customer             Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen The Bali Florist.      Jurnal EMAS, 2(2), 185-194.

Setiawati, L., & Susanti, A. (2022). Pengaruh Pengalaman Pelanggan, Kesadaran   Merek dan Kepuasaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Ella Skin Care di Cabang Gentan. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen,         21(1), 49.

Sunarko, R. D., dan Nursalin, K. K. (2023). Pengaruh Digital Marketing &             Customer Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Chacha    Mango Cimahi. MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal),     6(2), 33-44.

Utomo, J., Nursyamsi, J., dan Sukarno, A. (2023). ANALISIS PENGARUH         PRODUK, PROMOSI dan DIGITAL MARKETING TERHADAP       KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BELANJA ONLINE DENGAN       KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI INTERVENING. Jurnal Ekonomi           dan Manajemen, 2(1), 100-116.

Yolanda, R., Hardilawati, W. L., Hinggo, H. T. (2021). Pengaruh Perceived           Quality, Customer Relationship Marketing Dan Store Atmosphere         Terhadap Loyalitas Konsumen. Economics, Accounting and Business   Journal, 1(1), 146-156.

Yosef, E., dan Timotius, T. (2022). Pengaruh Implementasi Digital Marketing        Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen     Dan Minat Beli Ulang Pada Kafe Kisah Kita Ngopi. Konsumen &             Konsumsi : Jurnal Manajemen, 1(2), 107-128.

Yulia, Indriyani dan Megawati. (2024). Pengaruh Kepuasan Pelanggan,      Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pempek Flamboyant.            MDP Student Conference 2024, 504-508.

Yuni M. P., Hardi, U., Fudji S. M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi,   Harga Dan Digital Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Di Grand Wahid Hotel Salatiga. Among Makarti, 14(1), 93-108.