PERAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG PADA CAFE MAS BRO
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengungkapkan hal-hal yang terkait dengan upaya pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media promosi pada Cafe Mas Bro. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan mengambil obyek penelitian adalah Cafe Mas Bro. Pengumpulan data dalam penelitian ini di peroleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi dengan para informan-informan yaitu pemilik, pelanggan, karyawan dan followers Cafe Mas Bro. Hasil analisis faktor yang mendorong Mas Bro menggunakan Instagram sebagai media promosi adalah kelengkapan fitur iklan yang menarik, kemudahan dalam mempromosikan produk, efisiensi biaya promosi, segmentasi pasar yang sesuai, serta minat masyarakat terhadap media sosial Instgaram yang tinggi. Analisis cara mempromosikan produk melalui Instagram dengan menggunakan review dari pelanggan serta posting menu yang di jual. Analisis faktor yang membuat Instagram efektif digunakan untuk promosi adalah media sosial yang di gunakan oleh semua kalangan, serta kelengakapan fitur dalam pencarian lokasi serta pencarian produk dengan menggunakan hastag (#).
Keyword : The role of Instagram as a media campaign, the effectiveness of Instagram's promotional media.
Daftar Pustaka
Alo, L. (2011). Komunikasi: Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.
Boyd, D., & Ellison, N. (2008). Social Network Sites: Definition, History, and Scholarship. Journal of Computer-Mediated Communication, 13, 210-230.
Bungin, B. (2013). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi : Format-format Kuantitatif dan Kualitatif untuk Study Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran (1st ed). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Cambie, S., & Ooi, Y. M. (2009). International Communication Strategy Developments In Cross-Cultural Communications, PR and Social Media. London: Kogan Page.
Chan, S. (2003). Relationship Marketing: Inovasi Pemasaran yang Membuat Pelanggan Bertekuk Lutut. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Delayne, d. (2013). New Business Networking: How to Effectively Grow Your Business Network Using Online and Offline Methods. USA: Que Publishing.
Dewdney, A., & Ride, P. (2006). The New Media Handbook. New York: Routledge.
Fanggidae, A. H. (2006). Strategi Pemasaran Pariwisata: Segmentation. Kupang: Fisip Universitas Nusa.
Goldsmith, R. E. (2006). Measuring Motivations For Online Opinion Seeking. Journal of Interactive Advertising, 6(2), 3-14.
Goyette, I., & dkk. (2010). e-WOM Scale: Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Services Context . Journal of Administrative Sciences, 27 pp. 5-23.
Hanafrian, R. H. (2017). Tinjauan Strategi Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) Pada PT Soka Cipta Niaga. e-Proceeding of Applied Sience Vol.3, No.2, 340.
Hennig-Thurau, d. (2004). Electronic Word-of-Mouth Via Customer-Opinion Platforms: What. Journal of Interactive Marketing, Vol 18/No 1, 38-52.
Hermawan, A. (Komunikasi Pemasaran). 2012. Jakarta : Erlangga.
Humas. (2016, November 12). Google Chrome. Diambil kembali dari Metode Penelitian Kualitatif dengan Jenis Pendekatan Studi Kasus: http://penalaran-unm.org/metode-penelitian-kualitatif-dengan-jenis-pendekatan-studi-kasus/
Katadata. (2018, Januari 9). Berapa Pengguna instagram dari indonesia. Databooks. Jakarta.
Kennedy, J. E., & Soemanagara, R. (2006). Marketing Communication. Jakarta: PT Buana Ilmu Populer.
Kertamukti, R. (2015). Strategi Kreatif dalam Priklanan. Yogyakarta: Cakra Ilmu.
Kismono, G. (2011). Pengantar Bisnis, Edisi Kedua. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Kotler, P. K. (2007). Menejemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: PT Indeks.
Kotler, P., & Armstrong. (2012). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip - Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2014). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Killer, K. (2012). Marketing Management 14 th Edition. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Lestiana, N. (2016). Aktifitas Promosi Kuliner Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Mengenai Aktifitas Promosi Kuliner pada Akun Instagram @kulinerdisolo di Kota Solo). Surakarta: PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA.
McLuhan, M. (1964). Understanding Media. New York: Mentor.
McLuhan, M. (1964). Understanding Media. New York: Mentor.
McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.
Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Nisrina, M. (2015). Bisnis Online, Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis.
Nurudin. (2013, November 2). Media Sosial Baru dan Munculnya Revolusi Komunikasi. Yogyakarta: Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah .
Prianggoro, A. (2017, Mei 9). TribunJateng.com. Diambil kembali dari Tribunnews.com: http://jateng.tribunnews.com/2017/05/09/kadin-sebut-semarang-surga-bisnis-kuliner-ini-buktinya
Prisgunanto, I. (2006). Komunikasi Pemasaran: Strategi dan Taktik. Bogor: Ghalia Indonesia.
Puntoadi, D. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Sosial Media. Jakarta : PT Alex Komputindo.
Purba, A., & dkk. (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. Medan: Pustaka Bangsa Press.
Putri, S. P. (2013). Penyesuain Diri Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan (Study Kasus pada 2 Orang Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan Wisma Putera Bandung). Bandung: Repository.upi.edu.
Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sivesan. (2012). Impact of Relationship Marketing on Customer Loyalty on Banking Sectors. Journals of South Academic Research. Volume 2, Issue 3, pp. 179-191.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Supangat, A. (2010). Statistik dalam Kajian Deskriptif, Inferensi dan Nonparametrik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Syafruddin, C. (2003). Relationship Marketing: inovasi Pemasaran yang Membuat Pelanggan Bertekuk lutut. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Terry, F. (2005). New Media an Introduction, Second Edition. New York: Oxford Univercity Press.
USM. (2010). Pedoman Penyusunan Skripsi dan Ujian Skripsi. Semarang: Universitas Semarang.
West, R., & Turner, L. (2009). Pengantar Teori Komunikasi Jilid 3. Jakarta: Salemba Humanika.
West, R., & Turner, L. H. (2009). Pengantar Teori Komunikasi (Jilid 3). Jakarta: Salemba Humanika.