PENGARUH CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah penurunan penjualan dan tidak tercapainya target penjualan di dealer sepeda motor yamha Agung Penggaron, studi kasus di dealer Yamaha Agung Motor Penggaron. Adapun rumusan msalahnya adalah Bagaimana upaya perusahaan untuk meningkatkan penjualan Sepeda motor yamaha agar target penjualan dapat tercapai. Variable yang digunakan antara lain citra merek, persepsi harga sebagai variable independen, minat beli sebagai variable intervening dan keputusan pembelian sebagai variable dependen.
Sampel penelitian sebanyak 96 responden. Dengan metode pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling dengan criteria antara lain konsumen yang pernah melakukan pembelian sepeda motor yamaha di yamaha agung motor Penggaron, responden yang memiliki usia minimal 18 tahun, responden yang mudah ditemui dan mau mengisi kuesioner dan merupakan pembeli langsung (bukan merupakan titipan atau suruhan orang lain).
Hasil penelitian diperoleh bahwa Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dengan menggunakan model
persamaan regresi sebagai berikut Y 1 = 0,288X 1 +0,360 X 2 dan Y2 = 0,157 X 1 + 0,160 X 2 + 0,677 X 3. Dan kesimpulan penelitian ini adalah citra merek, persepsi harga berpengaruh positif dan signifikat terhadap minat Beli, citra merek, persepsi harga berpengaruh positif dan signifikat terhadap keputusan pembelian dan minat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian .
Keyword : citra merek, persepsi harga, minat beli, dan keputusan pembelian.
Daftar Pustaka
Abdillah, Dicky Fariz.2015. Analisis Pengaruh Harga, Citra Merk, dan Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya).
Arianto,Anandhitya Bagus.2011. Pengaruh Atribut Produk, Harga, Kebutuhan Mencari Variasi dan Ketidakpuasan Konsumen terhadap Keputusan Perpindahan Merek dari Samsung Galaxy Series di Kota Malang.Volume11.ISSN: 1693-5241.
Ayni, Mar’atul.2015. Pengaruh intensitas penayangan iklan, harga dan credibility celebrity endorser terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening pada kosmetik wardah (studi empiris pada pengguna kosmetik wardah di kecamatan tembalang).
Basu, Swasta dan Irawan. 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty
Bowo,Koko Bowo.2013. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dan kepuasan konsumen pada notebook merek acer (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Diponegoro).Volume 2,Nomor 1.
Dharmmesta, Basu Swastha, Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE
Fahrian, Ferdy. 2014. Pengaruh Citra Merek, Lokasi, Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Membeli Bbm Di Spbu Gasindo Mekar Putra Semarang. Jurusan Managemen Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran Semarang
Fahrian,Ferdy.2014. Pengaruh citra merek, lokasi, kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap minat membeli bbm di spbu gasindo mekar putra semarang.
Febiana,Dina.2014. Pengaruh word of mouth terhadap minat beli serta dampaknya pada keputusan pembelian (Survei pada Pengunjung yang Melakukan Pembelian pada Biker’s Resto dan Cafe di Kota Malang.Vol. 16 No. 1.
Ferdinand, Augusty, 2006. Metode Penelitian Manajemen. Edisi ke dua. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ghozali, Imam, 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Keempat, Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam, 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Kelima, Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19 (edisi kelima)”. Semarang : UNDIP.
Hidayati, Tri Asih.2013. Pengaruh citra merek terhadap minat beli dan keputusan pembelian konsumen (Survei pada Mahasiswa Penghuni Ma’had Sunan Ampel Al-Aly UIN Malang Tahun Angkatan 2012/2013 yang Mengkonsumsi Mie Instan Merek Indomie). Vol. 2 No. 1.
Hitt, Michael A dan Ireland, R. Duanne, Hoskisson, 2001, Manajemen Strategis, Konsep daya saing dan globalisasi, Buku1. Jakarta: Penerbit Salemba Empat
Kotler, Philip dan Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Edisi kedelapan. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip dan Amstrong. 2003. Dasar-dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi kesembilan. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 2, Edisi keduabelas. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip dan Amstrong. 2009. Marketing an Introduction, Ninth edition. New Jersey: Prentice Hall
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip. Keller, K Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1 dan 2, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Mongi,Lidya.2013. Kualitas produk, strategi promosi dan harga pengaruhnya terhadap keputusan pembelian kartu simpati telkomsel di kota manado. Vol.1 No.4. ISSN 2303-1174.
Nst, muhammad fakhru risky.2014. Pengaruh promosi dan harga terhadap minat beli perumahan obama pt. Nailah adi kurnia sei mencirim medan. Vol 14 No. 02.
Porter, Michael E. 2008. Competitive Advantage (Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggulan). Kharisma Publishing Grup
Sari,Rindang Lista.2014. Citra merek, harga dan promosi pengaruhnya terhadap keputusan pembelian perhiasan emas pada pt. Pegadaian (persero) cabang manado utara. Vol.2 No.2.ISSN 2303-1174.
Schiffman dan Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: Gramedia
Sitinjak, Tony, Tumpal. J.R.S. (2005). Pengaruh Citra Merek Dan Sikap Merek Terhadap Ekuitas Merek. Jurnal Ekonomi Perusahaan. Volume 12 No 2. Halaman 166-180.
Sitinjak, Tumpal. J. R dan Sugiarto. (2006). Lisrel. Graha Ilmu, Jakarta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono; 2000; Metode Penelitian Administrasi; Jakarta: Alfabeta
Swasta, Basu,Irawan. 2001. Manajemen Pemasaran Modern. hlm 118-119 Liberty : Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta : Andi.
Umar, Husein. 2002. Metode Riset Bisnis.Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Umaternate, Maulana M.I.2014. Promosi, harga dan inovasi pengaruhnya terhadap keputusan pembelian sepatu futsal nike di toko akbar ali sport manado.Vol.2 No.2. ISSN 2303-1174.
Verina, Eunike.2014. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pada toko fashion di jejaring sosial facebook (Survei Pada Konsumen Toko Fashion Di Jejaring Sosial Facebook Yang Berlokasi Di Indonesia).Vol. 10 No. 1.