PENGARUH KEPERCAYAAN DAN NILAI NASABAH TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH PADA BMT AMANAH SEJAHTERA KUDUS
Abstract
Peneltian ini dilakukan pada nasabah BMT Amanah Sejahtera Kudus. Penelitin ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan dan nilai nasabah terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan sebagai variabel intervening pada BMT Amanah Sejahtera Kudus.Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah nasabah BMT Amanah Sejahtera Kudus. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang diperoleh sampel sebanyak 80 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner/angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan regresi dua tahap menggunakan program SPSS versi 20.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepercayaan (X1), nilai nasabah (X2) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan (Y1). Kemudian, kepuasan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah (Y2).
Keyword : Kepercayaan, Nilai Nasabah, Kepuasan dan, Loyalitas Nasabah, Trust, Customer Value, Satisfaction and Customer Loyalty
Daftar Pustaka
Arfianti, S. R. (2004). Pengaruh Citra Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah. Jurnal Manajemen, 3(2), 2252-6552.
Astono, A. D. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan, Nilai Nasabah Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Berlian PD, BPR Bank Daerah Pati. Bingkai Manajemen.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program SPPS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegro.
Hidayat, R. (2009). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 11(1), 59-72.
Kurniawan, I., & Shihab, M. (2015). Pengaruh Nilai Nasabah, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Hubungan Terhadap Kepuasan Nasabah Serta IMplikasinya Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Mandiri. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 13(2).
Ningtyas, F., & Rachmad, B. (2011). Pengaruh Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi, Penanganan Masalah Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat Di Surabaya. Journal of Business and Banking, 1(1), 51-60.
Palilati, A. (2007). Pengaruh Nilai Pelanggan, Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Perbankan Di Sulawesi Selatan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 9(1), 73-81.
Razak, A., Baheri, J., & Ramadhan, M. I. (2018). Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Kendari. Journal of Economic and Business, 1(2), 10-20.
Saputra, R. B., & Alwie, A. P. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT.Bank Riau Kepri Cabang Siak. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, 7(2).
Suhastomo, R., & Khasanah, I. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Nilai Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal Of Management, 4(3), 1-10.
Tumbel, A. (2016). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT Bank BTPN Mitra Usaha Rakyat Cabang Amurang Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, 3(1).
https://sugithewae.wordpress.com/2012/12/08/teknik-sampling/
https://www.statistikian.com/2017/06/teknik-sampling-dalam-penelitian.html
https://konsultasiskripsi.com/2017/10/03/pengertian-loyalitas-nasabah-skripsi-dan-tesis/
https://www.dosenpendidikan.com/kepercayaan-trust-pengertian-hal-penting-elemen-dasar-manfaat/