Bauran Pemasaran pada PT. Suara Merdeka Press Semarang
Abstract
Dalam era perkonomian yang pesat dalam era globalisasi sekarang ini, perusahaan dituntut untuk dapat bersaing dengan perusahaan lain sehingga dapat mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Untuk dapat bersaing dengan perusahaan lain, dibutuhkan jalan keluar yang mampu meningkatkan kinerja perusahaan. Salah satu jalan keluar tadi yaitu masalah pemasaran. Perusahaan dalam hal ini sangat perlu menerapkan konsep pemasaran. Penerapan strategi bauran pemasaran pada dasarnya dilakukan setelah perusahaan melakukan kegiatan segmentasi, penentuan pasar sasaran, dan pemposisian produk. Bauran pemasaran yang digunakan oleh PT. Suara Merdeka Press Semarang meliputi produk, harga, promosi, dan distribusi yang sebelumnya telah menentukan pasar sasaran. Produk, berupa surat kabar harian atau koran. Promosi, kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT. Suara Merdeka Press sendiri antara lain advertising, sales promotion dengan mengadakan event, penjualan perorangan, dan telemarketing. Penetapan harga, faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga pada PT. Suara Merdeka antara lain biaya produksi, kualitas, persaingan, dan segmen pasarnya. Lokasi atau distribusi, saluran distribusi yang dilakukan oleh PT. Suara Merdeka Press dalam menyalurkan produknya ke konsumen menggunakan saluran distribusi langsung dan saluran distribusi tidak langsung.
Keyword : Bauran pemasaran, promosi, distribusi.; Marketing mix, promotion, distribution
Daftar Pustaka
Alma, Buchari 2012. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.
Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.
J Stanton, William. 2010. “Manajemen Pemasaran”. Edisi 10 jilid 3. Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philip. 2012. “Manajemen Pemasaran”. Edisi 12 jilid 2. Erlangga. Jakarta
Kireika. 2013 “Pengertian Pemasaran”. Diambil dari http://www.kireika.blogspot.com/2014/04/definisi-pemasaran-menurut-para-ahli.html/ (20 April 2020)
Hasan, Ali. 2013. “Pengertian Personal Selling”. Diambil dari https://www.elib.unikom.ac.id/download.php%3Fid (20 April 2020)
Swastha, Basu. 2008. “Konsep Manajemen Pemasaran”. Edisi 8 jilid 2. Erlangga. Jakarta