Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Distribusi Terhadap Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Perusahaan PT. Unilever Tbk di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2021-2023)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan pada PT.Unilever Indonesia Tbk, untuk menganalisa biaya distribusi terhadap volume penjualan pada PT.Unilever Indonesia Tbk. Dalam dunia bisnis yang kompetitif, perusahaan seringkali mengalokasikan dana untuk kegiatan promosi dan distribusi guna meningkatkan penjualan produk mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan data kuantitatif yang diperoleh dari laporan keuangan dan data penjualan perusahaan selama tiga tahun tahun terakhir tahun 2021-2023.
Hasil pengujian mengenai pengaruh Biaya promosi terhadap volume penjualan menunjukkan memiliki nilai t sebesar 0,771 dengan signifikansi sebesar 0,460 (p > 0,05). Hal ini berarti bahwa biaya promosi tidak memiliki pengaruh positif terhadap volume penjualan. Hasil pengujian mengenai pengaruh Biaya distribusi terhadap volme penjualan menunjukkan memiliki nilai t sebesar 19,265 dengan signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05). Hal ini berarti bahwa biaya distribusi memiliki pengaruh positif terhadap volume penjualan.
Keyword : Promotional cost, distribution costs, sales volume
Daftar Pustaka
Arif Fakhrudin, S.E., M.M., Maria Valeria Roellyanti, S.E., M.M Awan, S.S.T., M.M (2022) Bauran Pemasaran
Alif Diva Mulana, Muhammad Rijalus Sholihin, Fetri Setyo Lundiro (2021), pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Distribusi Terhadap Volume Penjualan Perusahaan PT.Gandiva Anugrah Sakti
Budi Rahayu Tanama Putri, “Manajemen Pemasaran”,(Denpasar: Fakultas peternakan Universitas Udayana. 2017), 1
Dr. Karimuddin Abdullah, S.HI., M.A.,CIQnR, Misbahul Jannah, M.Pd., Ph.D,ummu
Aiman, S.Pd., Suryadin Hasda, M.Pd., Zahara Fadilla, Ns. Taqwin, S.Kep., M.Kes., Masita, M.Pd.I, Ketut Ngurah Ardiawan, M.Pd., Meilida Eka Sari, M.Pd. Mat (2021) Metodologi Penelitian Kuantitatif
Dr. Marissa Grace Haque-Fawzi, S.H.,M.Hum.,M.B.A., M.H., Msi, Dr.Ahmad syarief Iskandar, SE., MM., Dr.Heri Erlangga, S.Sos., M.Pd, Dr.Ir. H. Nurjaya., SE.,MM, Denok Sunarsi, S.Pd., M.M.CHt., (2022) E-Book STRATEGI PEMASARAN (konsep,teori dan implementasi) E-Book Buku Pedoman, Prinsip, Bisnis, dan Kebijakan Pedoman, Standar Perilaku Unilever Tbk www.unilever.co.id
Edi Triwibowo, Jumiatun (2019) Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi dan Biaya Distribusi Terhadap Volume Penjualan, jurnal akuntansi bisnis pelita bangsa
Ig. Dodiet Aditya Setyawan, SKM., MPH (2021) E-Book modul hipotesis dan variabel Penelitian
Krisma Amelia, Reza, Noor Ellyawati (2022) Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Distribusi Terhadap Volume Penjualan PT. Martina Berto, jurnal pendidikan ekonomi UM Metro
Maria Oktaviani, Teguh Purwanto (2021) Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Distribusi Terhadap Volume Penjualan CV.Amin Jaya, Journal of
Sustainability Business Research
Omry Pangaribuan, Bungaran Tambun, Joslen Sinaga (2023) Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Distribusi Terhadap Volume Penjualan PT. Kiattama Mandiri, Jurnal Sains dan Teknologi UTP
Omry Pangaribuan (2020) Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Distribusi Terhadap Volume Penjualan PT. Ria Jaya Elektronik, Jurnal Sains dan Teknologi UTP
Puput Pujiati, Trinik Susmonowati (2024) Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Distribusi Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Unilever Indonesia Tbk, Jurnal Administrasi Bisnis
Rahmadi, S.Ag., M.Pd.I.(2011) Pengantar Metodologi Penelitian, Cet, 1:Oktober 2011
Syafrida Hafni Sahir (2021) E-Book Metodologi Penelitian, Cetakan 1, Mei 2021 Rina Rachmawati, peranan bauran pemasaran (marketing mix) terhadap Peningkatan Penjualan (sebuah kajian terhadap Bisnis Restoran, Jurnal Kompetensi Teknik Vol.2, No.2 Mei 2011, 144
Wirda Sopiani Harahap (2021) Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Distribusi terhadap Volume Penjualan PT.Unilever Indonesia Tbk Periode 2011-2020