024-6702757 ext. 2208
0895347400702

perpustakaan@usm.ac.id

GET IN TOUCH WITH EMAIL

Senin - Kamis (08.00 - 21.30)
Jum'at (08.00 - 21.00)

OUR OFFICE HOUR

ANALISA DAMPAK KEMACETAN JALAN RAYA MRANGGEN TERHADAP PERLINTASAN KERETA API DI i GANEFO

Tugas Akhir, S1 - TEKNIK SIPIL, 27 September 2016, 2016
MUHAMAD SAMSUL HADI; Prof. DR. Ir.Mudjiastuti Handajani,MT; Purwanto, ST, MT
Anda menggunakan IP : 3.139.234.41
URL :
No Jenis File File
1 Judul
2 Abstrak
3 Halaman Persetujuan-Pengesahan dan Berita Acara Kelulusan (Ujian)
4 Daftar Isi
5 BAB I
6 BAB II
7 BAB III
8 BAB IV
9 BAB Penutup
10 Daftar Pustaka
11 File Komplit

Abstract

Kemacetan lalu lintas terjadi akibat volume lalu lintas hampir mendekati kapasitas jalan, dimana tingkat pelayanan dapat di lihat dari nilai Derajat kejenuhan (DS), yaitu DS=V/C, idealnya V/C ≤.0,75. Dari hasil pengamatan visual, di Perlintasan Jalan sebidang antara jalan raya dengan jalan Kereta Api di Jalan raya Ganefo Mranggen sering terjadi kemacetan lalu lintas terutama pada saat jam – jam sibuk, salah satu penyebabnya adalah semakin meningkatnya pertumbuhan Kendaraan yang tinggi tidak di imbangi dengan prasarana jalan. Analisa lalu lintas yang di lakukan mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKJI), untuk mendapatkan pengaruh lalu lintas akibat perlintasan jalan kereta api sebidang. Dari analisa lalu lintas di dapatkan hasil tingkat pelayanan jalan pada jam jam sibuk mencapai DS= 0.9045 pada hari Senin Jam 6.00 8.00 WIB dan nilai paling kecil pada hari minggu dengan DS=0.2936 pada jam 17.00-18.00 WIB dengan arti pada nilai tertinggi di jam sibuk melebihi nilai ideal dan lalu lintas mulai macet kecepatan rendah. Kecepatan stabil mulai di batasi oleh kendaraan lainnya dan mulai di rasakan

Keyword : Persimpangan kereta sebidang dengan Jalan raya

Daftar Pustaka

Departemen Perhubungan 1996. Manual Kapasitas Kinerja Jalan Indonesia (MKJI).

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.2005. SK 770/KA.401/DRJD/2005/Dirjen Hubdar, Pedoman Teknis Perlintasan Sebidang Antara Jalan dan Jalur Kereta Api

Emiliani Sri Widyastuti. 2003. Hubungan Lama Penutupan Pintu Perlintasan Kereta Api Terhadap Tundaan Dan Panjang Antrian Ditinjau Dari Analisis Statistik. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik UNS,Surakarta.

Hobbs, F.D. 1995, PerencanaandanTekniklalulintas, FakultasTeknikUniversitas Gajah Mada, Yogjakarta.

Prayogo,1999, Pengaruh lama Penutupan Pintu Lintasan Kereta Api terhadap Tundaan Dan Panjang antrian, Theses s-2 MSTT UGM, Yogyakarta

Kamaludin, Rustian. 2003. Ekonomi Transportasi, Ghalia Indonesia. Indonesia Lembaga Afiliasi dan Penerapan Industri ITB bekerjasama dengan PT. Jasa Marga. 1996.

Laporan Akhir Studi Perhitungan Biaya Operasi Kendaraan. Bandung. Indonesia.

Tamin, 1997.,Perencanaan dan Permodelan tranportasi, InstitutTeknologi Bandung

Warpani, S., 1981, perencanaan transport, InstitutTeknologi Bandung.

Wikipedia. 2015. Kota Mranggen. (Online), (http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Mranggen, diaksestanggal 24 September 2015).

Departemen perhubungan 2000, : Highway, Capacity Manual.

Perpustakaan Universitas Semarang

Jl. Soekarno Hatta Semarang
Gedung B Lt. 2

024-6702757 ext. 2208
WA : 0895347400702

perpustakaan@usm.ac.id

follow us