Analisa Pengaturan Kecepatan Motor Induksi 3 Fasa Dengan Variable Speed Drive Menggunakan Kontrol PI Pada Penggerak Hoist Artg (Automatic Rubber Tyre Gantry) Crane
Abstract
Automated Rubber Tyred Gantry merupakan perkembangan dari alat sebelumnya yang masih menggunakan mesin diesel. Dengan menggunakan supply utama arus listrik bertegangan 3.300 Volt, alat ini mampu mengangkut kontainer peti kemas yang bermuatan hingga 40 Ton. Motor induksi 3 fasa menjadi bagian penggerak utama untuk operasional hoist ARTG crane. Dibutuhkan pengaturan motor yang mampu mengatur putaran motor sesuai kebutuhan sehingga kemungkinan error atau gangguan over speed atau over current pada motor dapat diperkecil. Kontrol Proposional Integral vector close loop juga mencakup model motor, yang bahkan memiliki konfigurasi yang lebih sederhana dibandingkan kontrol vector open loop. Ini karena data input tambahan, karena sinyal dari encoder tambahan tersedia. Hasil respon simulasi sistem pengaturan kecepatan motor 3 fasa pada kondisi ideal, diperoleh sistem tanpa menggunakan kontrol PI memiliki rata-rata nilai rise time 234,420ms , steady state 0,459s , overshoot 5,578%. Sedangkan hasil simulasi pengaturan kecepatan motor 3 fasa dengan menggunakan kontrol PI memiliki nilai rise time 506,499ms , steady state 0,771s , overshoot 0,534%.
Kata Kunci : Motor induksi 3 fasa, ARTG crane, Proposional Integral, vector close loop, vector open loop
Keyword : 3-phase induction motor, ARTG crane, Proportional Integral, vector close loop, vector open loop
Daftar Pustaka
[1]. Abdurahman, E., Kamelia, R., Pembimbing, D., Pramunanto, E., & Industri, F. T. (2016). Rancang Bangun Pengendali Hoist Pada Miniatur Rubber Tyred Gantry Crane.
[2]. Debarun Chakraborty. (2016). No Karakteristik Simulasi Motor Dc Dengan Pengontrol ProporsionalTitle. 14–16.
[3]. Dermawan, T., Sukarsono, & Handayani, E. P. (2018). Analisa Load Cell Sebagai Sensor Untuk Penimbang Bahan. Prosiding Pertemuan Dan Presentasi Ilmiah Penelitian Dasar Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Nuklir, 129–132.
[4]. Elistiyani, M. (2015). Analisis Sistem Kontrol Kecepatan Motor Berbasis Variable Speed Drive ( Vsd ) Pada Proses Transport Batubara Di Pt Kaltim Prima Coal.
[5]. Evalina, N., & Zulfikar, A. A. (2018). Pengaturan Kecepatan Putaran Motor Induksi 3 Fasa Menggunakan Programmable Logic Controller. Journal of Electrical Technology, 3(2), 73–80.
[6]. Huda, D. N. (2015). Pengujian Unjuk Kerja Variabel Speed Drive Vf-S9 Dengan Beban Motor Induksi 3 Fasa 1 Hp. Skripsi, 1(1), 1–8. http://eprints.polsri.ac.id/3818/3/BAB II.pdf
[7]. Ii, B. A. B. (2008). (Sumber?: lensateknik.blogspot.com) 4. 4–22.
[8]. Iii, B. A. B. (1999). Bab iii dasar teori 3.1. 1–21.
[9]. Instalab, T., Card, E., Cause, P., Action, C., & Sample, I. (2016). Operator ’ S Manual Operator ’ S Manual. 53–56.
[10]. Jurnal Pribadi. (2017). Motor Induksi. Motor Induksi Satu Fasa, 1-23 ,Teknik Elektro UNILAK Pekanbaru. https://drive.google.com/file/d/1LhWupCcI2es1DbNUu6-jgf7G2UNzXK6p/view?usp=sharing
[11]. Kg, S. K., Zayadi, A., & Hp, C. (2016). Analisis Kekuatan Tali Baja Pada Lift Schindler Kapasitas 1600 Kg. Jurnal Teknologi Kedirgantaraan, 5(1), 88–95. https://doi.org/10.35894/jtk.v5i1.428
[12]. Nasution, E. S., & Hasibuan, A. (2018). Pengaturan Kecepatan Motor Induksi 3 Phasa Dengan Merubah Frekuensi Menggunakan Inverter ALTIVAR 12P. Sistem Informasi ISSN, 2(1), 25–34.
[13]. Nugroho, A. T. (2020). Motor Induksi Tiga Fasa yang Dipergunakan Sebagai Generator dengan Beban Steady State dan Dinamik. In Skripsi. https://lib.unnes.ac.id/36708/
[14]. Prio, B., & Nurcahyo, E. (2017). Analisis Hemat Energi Pada Inverter Sebagai Pengatur Kecepatan Motor Induksi 3 Fasa. 01(September), 8–16.
[15]. Saputra, Y., & Chandra, H. (2017). Analisis Kekuatan Tali Baja ( Wire Rope ) Pada Alat Angkat Gantry Crane Pada Proyek Pembangunan Lrt ( Light Rail Transit ) Zona 5 Palembang. September, 978–979.
[16]. Setiawan, T. K. (2016). Analisis Kerusakan Gearbox Pada Overhead Crane 10 Ton Di PT. INKA (Persero) Madiun Dengan Metode Oil Used Analysis. http://repository.its.ac.id/41421/
[17]. Sibrani, D. (2019). Pengisian Otomatis Menggunakan Load Cell Untuk Beberapa Jenis Ukuran Botol Berbasis Scada. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 10(1), 175–185.
[18]. Sutiyanto. (2018). Rancang Bangun Motor Tiga Fasa Dengan Dua Kecepatan Menggunakan Perubahan Jumlah Kutub. 1–21. http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/2853
[19]. Weik, M. H. (2000). Maintenance Manual. Computer Science and Communications Dictionary, 969–969. https://doi.org/10.1007/1-4020-0613-6_10968