Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Regulasi Diri Atlet Muay Thai Naga Ulung Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap regulasi diri atlet Muay Thai Naga Ulung Semarang dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh positif antara dukungan sosial teman sebaya terhadap regulasi diri atlet. Semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya, maka semakin tinggi regulasi diri dan sebaliknya. Populasi yang digunakan adalah atlet Muay Thai Naga Ulung Semarang. Sedangkan, sampel yang diambil sebanyak 40 atlet, dengan teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan dua skala, yaitu Skala Regulasi Diri dan Skala Dukungan Sosial Teman Sebaya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji regresi linier sederhana yang diolah dengan program SPSS (Statistical Package for Social Science) for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif antara dukungan sosial teman sebaya terhadap regulasi diri atlet, dengan Y = 6,206. Dengan demikian, hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Keyword : Regulasi Diri, Dukungan Sosial Teman Sebaya, Atlet Muay Thai
Daftar Pustaka
Adicondro, N., & Purnamasari, A. (2011). Efikasi Diri, Dukungan Sosial Keluarga Dan Self Regulated Learning Pada Siswa Kelas Viii. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal, 8(1), 17. https://doi.org/10.26555/humanitas.v8i1.448
Adisasmito, L. (2007). Mental Juara: Modal Atlet Berprestasi. Raja Grafindo Persad.
Alwisol. (2016). Psikologi Kepribadian (S. R & R. Setyono (ed.); 13 ed.). UMM Press.
Baihaqi, J., & Hariyanto, E. (2020). Studi Tentang Indeks Massa Tubuh Terhadap Kondisi Fisik Atlet Muaythai Pusat Pelatihan Kabupaten Malang. Sport Science and Health, 2(10), 471–483. https://doi.org/10.17977/um062v2i102020p471-483
Dewi, S., & Arjanggi, R. (2020). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Kepercayaan Diri Akademik Dengan Regulasi Diri Dalam Belajar Pada Mahasiswa Di Universitas X. Proyeksi, 14(1), 84. https://doi.org/10.30659/jp.14.1.84-93
Dirgantara, R. J. (2020). Pengaruh Stabilitas Emosi dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kebanggaan Diri Atlet Muaythai Kota Balikpapan. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(4), 757–766. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i4.5580
Dwintasari, Y., & Kurniawati, F. (2019). Persepsi Siswa Terhadap Instruksi Guru yang Mengembangkan Strategi Belajar Regulasi Diri. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 8(1), 57–77. https://doi.org/10.30996/persona.v8i1.2280
Fransisca, A., & Wijoyo, H. (2020). Implementasi MettĀ Sutta Terhadap Metode Pembelajaran Di. Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddhagama Buddha, 2(1), 1–13. https://www.researchgate.net/profile/Hadion-Wijoyo/publication/344804871_IMPLEMENTASI_METTA_SUTTA_TERHADAP_METODE_PEMBELAJARAN_DI_KELAS_VIRYA_SEKOLAH_MINGGU_SARIPUTTA_BUDDHIES/links/5f91313a92851c14bcdb1ed4/IMPLEMENTASI-METTA-SUTTA-TERHADAP-METODE-PEMBELA
Hadi, S. (2015). Statistika. Pustaka Pelajar.
Hanapi, I., & Agung, I. M. (2018). Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Self Efficacy Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa. Jurnal RAP UNP, 9(1), 37–45. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/psikologi/article/view/10378
Hasyim, & Pasaribu, F. (2021). Pengaruh Iklim Organisasi, Kompetensi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor SAMSAT Labuhan Batu Utara. Jurnal Humaniora, 5(1), 153–169.
Irwanto, & Romas, M. Z. (2019). Profil Peran Psikologi Olahraga Dalam Meningkatkan Prestasi Atlet di Serang-Banten Menuju Jawara. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, 2(1), 1–14. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/610
Kumalaningrum, L., & Wahyudi, H. (2017). Studi Deskriptif Mengenai Regulasi Diri Pada Siswa Atlet Basket SMAN 9 Bandung. Prosiding Psikologi, 3(2), 1095–1102. https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/download/135/95
Kusumawati, E. D. (2017a). Pengaruh Adversity Quotient , Regulasi Diri Dan Efikasi Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa KKO SMP Negeri 13 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14(1), 131–166. https://doi.org/DOI : 10.14421/jpai.2017.141-08
Kusumawati, E. D. (2017b). Pengaruh Adversity Quotient terhadap Regulasi Diri Siswa Kelas Khusus Olahraga ( KKO ) SMP Negeri 13 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(1), 121–141.
Misiu, S. M., & Wijono, S. (2022). PENGARUH ETOS KERJA TERHADAP KINERJA PADA KARYAWAN X (EFFECT OF WORK ETHIC ON PERFORMANCE ON EMPLOYEES X). Jurnal Inovasi Penelitian, 3(7), 7185–7194.
Munawarah, Latipun, & Amalia, S. (2019). Kontribusi Dukungan Teman Sebaya Terhadap Regulasi Diri Pada Remaja. PSIKOVIDYA, 23(2), 150–163.
Mutiarachmah, D., & Maryatmi, A. S. (2019). Hubungan Antara Regulasi Diri Dan Psychological Well-Being Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Dunia Kerja pada Mahasiswa Tingkat Akhir Jurusan Kesejahteraan Sosial UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 3(3), 163–177.
Nisa, K., & Jannah, M. (2021). PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KETANGGUHAN MENTAL ATLET BELA DIRI Khoirul Nisa Miftakhul Jannah. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(3), 36–45. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/41165
Nurrahmah, A., Rismaningsih, F., Hernaeny, U., Pratiwi, L., Wahyudin, Rukyat, A., Yati, F., Lusiani, Riaddin, D., & Setiawa, J. (2021). Pengantar Statistika 1 (S. Haryanti (ed.)). Media Sains Indonesia. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Vm1XEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA33&dq=populasi+dan+sampel&ots=N_W9avu9Hq&sig=0RK8NxqbiJBJLfv6uXc4B4D_o5Q&redir_esc=y#v=onepage&q=populasi dan sampel&f=false
Nuswantoro, I., Rizky, R., Wibisono, T., & Anggoro, D. (2021). Top 10 di Dunia (1 ed.). Cerdas Interaktif (Penebar Swadaya Grup). https://www.google.co.id/books/edition/Top_10_di_dunia/wDIJCgAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=muaythai+adalah&pg=PA187&printsec=frontcover
Pardede, E. N., Supena, A., & Fahrurrozi. (2018). Hubungan Kelekatan Orangtua Dan Regulasi Diri Dengan Kemampuan Sosial Anak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 37–50. https://doi.org/10.21009//jpud.121.04
Prasetyana, Z., & Mariyati, L. I. (2020). Hubungan Antara Religiusitas Dengan Regulasi Diri Pada Santri Madrasah Diniyah Di Sidoarjo. PSYCHE: Jurnal Psikologi, 2(2), 76–86. https://doi.org/10.36269/psyche.v2i2.240
Pratiwi, I. W., & Wahyuni, S. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Self Regulation Remaja Dalam Bersosialisasi. Psikologi Pendidikan, 8(1), 1–11.
Purwanda, Y., Sofiah, R., & Putri, R. M. (2018). Tingkat Regulasi Diri Siswa di Sekolah Kelas X Mekatronika SMKN Sumatera Selatan. Konseling Komprehensif, 5(2), 20–24.
Putra, P. S. P., & Susilawati, L. K. P. A. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Self Efficacy Dengan Tingkat Stres Pada Perawat Di Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah. Jurnal Psikologi Udayana, 5(01), 145–157. https://doi.org/10.24843/jpu.2018.v05.i01.p14
Putri, E. P. (2014). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua, Pelatih, dan Teman dengan Motivasi Berprestasi Olahraga (Basket) Pada Mahasiswa Atlet Basket Universitas Surabaya. Jurnal Ilmiah Universitas Surabaya, 3(1), 1–11.
Rachmaningtyas, A. T., & Khoirunnisa, R. N. (2022). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Self-Regulated Learning Pada Mahasiswa Tahun Pertama di Masa Pandemi Covid-19. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(1), 34–45.
Rahmawati, N., Qahfi, M., & Mariyanto, A. (2019). Pengaruh Keaktifan Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMP. Jurnal Paedagogie, 7(1), 1–11.
Ridha, N. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, 14(1), 62–70. http://jurnalhikmah.staisumatera-medan.ac.id/index.php/hikmah/article/download/10/13
Rismadewi, W., Wikusna, W., & Nugroho, H. (2018). Aplikasi Pengelolaan King Muaythai Bandung Berbasis Web. e-Proceeding of Applied Science, Vol. 4(1), 140–150.
Salim, P. (1991). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Saputra, Y. D., & Ahmad, N. (2022). Survei Tingkat Regulasi Diri dalam Belajar pada Siswa Atlet Jombang Basketball Club. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12932–12939.
Sari, H. R., & Arjanggi, R. (2019). Peran Efikasi Diri Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Belajar Berdasar Regulasi Diri Pada Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Proyeksi, 14(1), 53–62. https://doi.org/10.30659/jp.14.1.53-62
Sari, P. K. P., & Indrawati, E. S. (2016). The relationship between peer social support and academic resilience in final year students majoring in x faculty of Engineering, Diponegoro University. Empati, 5(April), 177–182. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/14979/14478
Satiadarma, M. P. (2000). Dasar-Dasar Psikologi Olahraga. Balai Pustaka.
Setiyawan. (2017). Kepribadian Atlet Dan Non Atlet. Jendela Olahraga, 2(1). https://doi.org/10.26877/jo.v2i1.1289
Sinaga, D. H., & Kustanti, E. R. (2017). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Efikasi Diri Wirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro. Empati, 6(1), 74–79.
Smet, B. (1994). Psikologi Kesehatan. PT Grasindo.
Subhan, M. I., Fitriana, S., & Dian M, M. . P. (2018). Analisis Diskriptif Kemampuan Regulasi Diri Pada Atlet Pencak Silat Smp It Insan Cendekia Kota Semarang. EMPATI-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 80–87. https://doi.org/10.26877/empati.v5i1.2934
Sugiono, Noerdjanah, & Wahyu, A. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55–61. https://doi.org/10.37341/jkf.v5i1.167
Sumia, D., Sandayanti, V., & Detty, A. U. (2020). Pengaruh Teman Sebaya Dan Regulasi Diri Dalam Belajar Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Malahayati, 2(2), 10–17. https://doi.org/10.33024/jpm.v2i2.2593
Syarifoeddin, E. W. (2018). Efektivitas Model Latihan Pliometrik Dengan Metode Kontinyu, Interval Dan Power Otot Tungkai Terhadap Frekuensi Tendangan Push Kick Pada Atlet Muaythai Kota Mataram. Jurnal Pendidikan, 165–168.
Syukriadi, A., Nuzuli, & Rozi, F. (2021). Profil Kondisi Fisik Umum Atlet Cabang Olahraga Muay Thai Aceh. Jurnal Penjaskesrek, 8(1), 56–68.
Taylor, S. E. (2018). Health Psychology (Edisi ke-10). Mc Graw Hill Companies. https://perpus.univpancasila.ac.id/repository/EBUPT190956.pdf
Uyun, M. (2022). Peer Social Support and Students ’ Perceptions Of Teachers ’ Pedagogic With Learning Motivation Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Persepsi Siswa Terhadap Cara Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 753–778. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2335
Verawati, I. (2017). Dukungan sosial orangtua dalam mengikutsertakan anaknya berlatih di Krakatau Taekwondo Klub Medan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 22–28.
Widodo, B. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Wijaya, A. A. A. R., & Widiasavitri, P. N. (2019). Hubungan dukungan sosial teman sebaya terhadap motivasi berprestasi pada remaja awal di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(2), 261–269. https://doi.org/10.24843/jpu.2019.v06.i02.p05
Winahyu, D. M. K., & Wiryosutomo, H. W. (2020). Hubungan Dukungan Sosial Dan Student Burnout Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Sidoarjo. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 11(1), 102–109. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/32026
Yasdar, M., & Muliyadi. (2018). Penerapan Teknik Regulasi Diri (Self Regulation) Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling STKIP MUHAMMADIYAH ENREKANG. EDUNASPUL : JURNAL PENDIDIKAN, 2(2), 50–60.
Zaini, M. (2020). Pengaruh Efikasi Diri dan Dukungan Guru Tahfidz terhadap Motivasi Menghafal Al-Quran. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(3), 529–540. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i3.5381
Zimmerman, B. J. (1990). Self-Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview. Educational Psychologist, 25(1), 3–17. https://doi.org/10.1207/s15326985ep2501_2
Zufri, M., & Tyoso, J. S. P. (2017). Peningkatan Kualitas Atlet Pada KONI Kota Semarang dikaji dengan Analisis Value For Money (Studi Kasus Pada Program Pembinaan Atlet). Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang, 6(1), 69–83.