024-6702757 ext. 2208
0895347400702

perpustakaan@usm.ac.id

GET IN TOUCH WITH EMAIL

Senin - Kamis (08.00 - 21.30)
Jum'at (08.00 - 21.00)

OUR OFFICE HOUR

Hubungan Dukungan Sosial Terhadap Regulasi Emosi pada Ibu Tungggal Di Semarang

Skripsi, S1 - PSIKOLOGI, 03 Oktober 2023, 2023
FLORENCIA ECA PUTRI; Dr.Mulya Virgonita I.W, S.Psi.,M.Si, psi
Anda menggunakan IP : 3.147.57.158
URL :
No Jenis File File
1 Judul
2 Abstrak
3 Halaman Persetujuan-Pengesahan dan Berita Acara Kelulusan (Ujian)
4 Surat Keaslian (Orisinalitas)
5 Daftar Isi
6 BAB I
7 BAB II
8 BAB III
9 BAB IV
10 BAB Penutup
11 Daftar Pustaka
12 Lembar Bimbingan
13 Lembar Publish
14 File Komplit

Abstract

ABSTRAK

Regulasi emosi merupakan suatu proses dari luar diri dan dari dalam yang bertanggung jawab untuk memonitor , mengevaluasi, dan memodifikasi emosi yang didukung oleh proses fisiologis untuk mencapai suatu tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Regulasi Emosi Pada Ibu tunggaldi Semarang. Oleh Karena itu, penulis ingin memperdalam tentang Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Regulasi Emosi Pada Ibu tunggaldi Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini 61 orang Ibu tunggal di Semarang melalui teknik purposive sampling. Alat pengumpul data menggunakan skala regulasi emosi dan skala dukungan sosial. Dalam metode pengumpulan data menggunakan skala Regulasi Emosi dan skala Dukungan Sosial. Hasil yang diperoleh peneliti setelah dianalisis menggunakan product moment, adalah rxy sebesar 0,839 dengan p=0,000 (p<0,05) yang berarti ada hubungan antara dukungan sosial dengan regulasi emosi sehingga hipotesis diterima.

Kata Kunci : Regulasi Emosi, Ibu tunggal,Dukungan Sosial

Keyword : Emotional Regulation, Single Mother, Social Support

Daftar Pustaka

DAFTAR PUSTAKA

Saifuddin, A.. 2012. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saifuddin, A. (2019). Penelitian Eksperimen Dalam Psikologi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Afdal, A., Ramadhani, V., Hanifah, S., Fikri, M., Hariko, R., & Syapitri, D. (2022). Resilience Ability: A Case Study From Tunggals Mothers Perspective. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen15(3), 231-243.

Agustian, I., Saputra, H. E., & Imanda, A. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Manajamen Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Di Pt. Jasaraharja Putra Cabang Bengkulu. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik6(1).

Amseke, F. V. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Motivasi Berprestasi. Ciencias: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan1(1), 65-81.

Antoxida, R. B., & Sawitri, D. R. (2020). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua Dengan Efikasi Diri Berwirausaha Pada Kelompok Mahasiswa Undip Young Entrepreneur. Jurnal Empati9(4), 320-326.

Arianty, R. (2018). Pengaruh Konformitas Dan Regulasi Emosi Terhadap Perilaku Cyberbullying. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi6(4).

Astuti, D., Wasidi, W., & Sinthia, R. (2019). Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Perilaku Memaafkan Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling2(1), 1-10.

Ayuwanty, F., Mulyana, N., & Zainuddin, M., (2018). Prestasi Belajar Anak Dengan Orang Tua Tunggal (Kasus Anak Yang Diasuh Oleh Ayah). Focus. Jurnal Psikologi Sosial. 1(2). 148-157.

Azizah, F. F., & Jannah, M. (2020). Pengaruh Meditasi-Otogenik Terhadap Regulasi Emosi Pada Atlet Anggar. Character: Jurnal Penelitian Psikologi.7(2).

Cahya, E., Harnida, H., & Indrianita, V. (2019). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Kualitas Hidup Lansia Di Posyandu Lansia Wiguna Karya Kebonsari Surabaya. Nersmid: Jurnal Keperawatan Dan Kebidanan2(1), 33-47.

Dianto, M. (2017). Profil Dukungan Sosial Orangtua Siswa Di Smp Negeri Kecamatan Batang Kapas Pesisir Selatan. Jurnal Counseling Care1(1), 42-51.

Emeralda, G. N., & Kristiana, I. F. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Empati6(3), 154-159.

Farichah, I. N., Habsy, B. A., & Suroso, D. H. (2019). Konseling Kelompok Rasional Emotif Perilaku Dalam Membantu Mengatasi Regulasi Emosi Siswa Smp, Efektifkah. Jurnal Pendidikan4(1), 25-32.

Julaeha, E., & Fathimatuzzahro, A. (2022). Dampak Pola Asuh Tunggal Terhadap Minat Belajar Anak. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal5(1), 51-60.

Kogoya, M. P. V., & Jannah, M. (2021). Pengaruh Regulasi Emosi Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Psikologi8(9), 14-23.

Komarudin, M.Si., Sarkardi, M.Si (2017). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Laboratorium Sosial Politik Press.

Kurniawan, M. F., & Mulyani, I. Kontribusi Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Regulasi Emosi Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi.

Krisphianti, Y. D., Setyaputri, N. Y., & Gumilang, G. S. (2020). Validitas Dan Reliabilitas Skala Psikologis Percaya Diri Untuk Mengukur Tingkat Percaya Diri Siswa Smk Kota Kediri. Jurnal Pinus: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran6(1), 57-65.

Luthfia, L., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kesalahan menurut tahapan kastolan dan pemberian scaffolding dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel. Journal on Education1(3), 396-404.

Melati, R., & Mulyani, R. R. (2021). Peran Orang Tua Tunggal Terhadap Anak Down Syndrome Di Bypass Kecamatan Lubuk Begalung:(Studi Kasus Pada Ayah Yang Memiliki Anak Down Syndrome). Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat1(1), 51-59.

Muhammad, L. Y. B., Muflikhati, I., & Simanjuntak, M. (2019). Religiusitas, Dukungan Sosial, Stres, Dan Penyesuaian Wanita Bercerai. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen12(3), 194-207.

Ningrum, R. E. C., Matulessy, A., & Rini, R. A. P. (2019). Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya Dan Regulasi Emosi Dengan Kecenderungan Perilaku Bullying Pada Remaja. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi15(1), 124.

Nursanti, E., Gadis, N., & Hariyanto, L. (2021). Religiusitas Dengan Regulasi Emosi Pada Ibu Tunggal. Idea: Jurnal Psikologi5(2), 68-74.

Oktariani, O. (2019). Hubungan Self Efficacy Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan. Jurnal Psikologi Kognisi2(2), 98-112.

Pawulan, R. A., Loekmono, L., & Irawan, S. (2018). Hubungan Antara Kelekatan Orangtua Dengan Regulasi Emosi Remaja Pondok Pesantren Agro “Nuur El-Falah” Salatiga. Psikologi Konseling13(2).

Pratiwi, H., & Ahmad, R. (2020). Kebahagiaan (Happiness) Siswa Yang Berasal Dari Keluarga Ibu Tunggal. Jurnal Neo Konseling2(4).

Putri, S. D., & Coralia, F. (2019). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Regulasi Emosi Pada Siswa Korban Bullying Di Smpn" X" Kota Bandung. Prosiding Psikologi, 134-140.

Rahman, A., & Khoirunnisa, R. N. (2019). Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Pengambilan Keputusan Karir Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 22 Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi.6(1).

Rakhmawati, I., & Banon, E. (2021). Peningkatan Kemampuan Strategi Regulasi Emosi Masyarakat Di Wilayah Jakarta Timur Menghadapi Dampak Psikososial Akibat Pandemi Covid 19. Prosiding Diseminasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2021, 300-306.

Retnawati, Heri. 2016. Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Rizkiana, L., & Indrawati, E. S. (2018). Hubungan antara Dukungan Sosial Orangtua dengan Regulasi Emosi pada Siswa Kelas VIII MTSN Bawu Jepara (Doctoral dissertation, Undip).

Rusmaladewi, D. R. I., Kamala, I., & Anggraini, H. (2020). Regulasi Emosi Pada Mahasiswa Selama Proses Pembelajaran Daring Di Program Studi Pg-Paud Fkip Upr. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi Pintar Harati 16 No2, 33-46.

Saefullah, L., Giyarsih, S. R., & Setiyawati, D. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Ketahanan Keluarga Tenaga Kerja Indonesia. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis Vol2(2).

Sanjaya, A. A., Hadi, I. P., & Yoanita, D. (2021). Pemeliharaan Hubungan Tunggal Dalam Hubungan Jarak Jauh Dengan Anak Tunggal. Jurnal E-Komunikasi9(1).

Sary, Y. N. E. (2021). Hubungan Sosial Ekonomi Orang Tua Tunggal Dengan Frekuensi Makan Dan Status Gizi Remaja. Oksitosin: Jurnal Ilmiah Kebidanan8(2), 93-99.

Setyowati, D. A., & Indrawati, E. S. (2022). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua Dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Jurnal Empati11(5), 319-324.

Siswandi, W. R. C., & Caninsti, R. (2020). Peran Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Regulasi Emosi Mahasiswa Perantau Tahun Pertama di Jakarta (The Role Of Peer Social Support Toward Emotion Regulation of Migrated Student in the First Year in Jakarta). Dimuat dalam. Jurnal Psikogenesis8(2).  

Stongman, K. T. (2003). The Psychology Of Emotion: From Everyday Life To Theory. Wiley-Blackwell.

Suwarsa, T. Hasibuan, A. (2021). Pengaruh Pajak Restoran Dan Pajak Hotel Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Padangsidempuan Periode 2018-2020. Jurnal Akuntansi14(02), 71-85.

Tokan, F. B. (2021). Model Pemberdayaan Perempuan Tunggal Dalam Mengatasi Kemiskinan Di Kecamatan Witihama Kabupaten Flores Timur. Warta Governare: Jurnal Ilmu Pemerintahan2(2), 288-310.

Vienlentia, R. (2021). Peran Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Regulasi Emosi Anak Dalam Belajar. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen5(2), 35-46.

Widyaswara, W. E., Latipun, L., & Syakarofath, N. A. (2022). Memotret Peran Keberfungsian Keluarga Terhadap Regulasi Emosi Remaja Yang Diasuh Oleh Ibu Tunggal. Gadjah Mada Journal Of Psychology (Gamajop)8(2), 165-177.

Yanti, R. H., Novianti, R., & Puspitasari, E. Pengaruh Regulasi Emosi Single Mother Terhadap Penerimaan Diri Pada Anak Se-Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Kindergarten: Journal Of Islamic Early Childhood Education2(1), 35-57.

Zaluchu, S. E. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat4(1), 28-38.

Zuhdi, M. S. (2019). Resiliensi Pada Ibu Tunggal. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak3, 141-160.

Perpustakaan Universitas Semarang

Jl. Soekarno Hatta Semarang
Gedung B Lt. 2

024-6702757 ext. 2208
WA : 0895347400702

perpustakaan@usm.ac.id

follow us