PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VII DI SMP ISLAM TERPADU PAPB SEMARANG
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar pada siswa SMP Islam Terpadu PAPB Semarang. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Islam Terpadu PAPB Semarang yang berjumlah 116 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 59 siswa yang merupakan siswa kelas VII SMP Islam Terpadu PAPB Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Cluster Random Sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan dua skala yaitu Skala Kemandirian Belajar dan Skala Motivasi Belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik Analisis Regresi Linear Sederhana dengan program SPSS (Statistical Packages for Social Science) for windows versi 29.0.2.0. Analisis data yang diperoleh diketahui R= 0,769 dan p=< 0,001 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Kata kunci : Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar, Siswa
Keyword : Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar, Siswa
Daftar Pustaka
DAFTAR PUSTAKA
Afandy, A., & Listyaningsih, L. (2023). Strategi Sekolah dalam Menanamkan Karakter Kemandirian Belajar pada Siswa Pasca Pandemi di SMPN 3 Waru Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 160–174.
Amalia, Rasimin, & Yaksa, R. A. (2022). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 8189–8196.
Amiza, S. D., & Syofyan, R. (2023). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kemandirian Belajar Siswa Semasa Pandemi Covid-19. Jurnal Salingka Nagari, 02(1), 191–204.
Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar (Kompilasi Konsep). CV. PUSDIKRA MJ.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80–86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Anggira, S., Bahri, S., Hasibuan, A. L., & Kartolo, R. (2022). Pengaruh Motivasi dengan Kemandirian Belajar Siswa SMK 2 Nuerhasanah Medan dalam Pembelajaran Daring. Pedagogika: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 10(1), 35–40. https://media.neliti.com/media/publications/519363-survei-minat-belajar-peserta-didik-terha-fe6d974c.pdf
Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. CV. PENA PERSADA.
Azwar, S. (2018). Metode Penelitian Psikologi. Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2022). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar.
Bahri, S. (2022). Upaya Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Kepada Siswa Berkebutuhan Khusus (Tunanetra) di SLB Negeri 2 Lombok Tengah. Jurnal PGMI, 14(2), 136–147. http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad
Batubara, S., & Nugroho, R. R. (2021). Hubungan Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas IX MTSN 28 Jakarta. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 18(1), 8–16. https://uia.e-journal.id/guidance/article/view/1472%0Ahttps://uia.e-journal.id/guidance/article/download/1472/836
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Daulay, N. (2021). Motivasi Dan Kemandirian Belajar Pada Mahasiswa Baru. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 18(1), 21–35. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2021.vol18(1).5011
Friskilia, O., & Winata, H. (2018). Regulasi Diri (Pengaturan Diri) Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 36–43. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9454
Khasanah, D., Junarti, & Zuhriah, F. (2023). Kemandirian dan hasil belajar ppkn siswa yang mengikuti kegiatan osis. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 301–309.
Laili, N. (2021). Pengaruh Sel-efficacy dan MOtivasi Belajar terhadap Kemandirian Belajar Matematika. Afeksi:Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 2(2), 98–103.
Linasari, R., & Arif, S. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(2), 186–194.
Manalu, C. M. J., Sinthia, R., Bimbingan, P., & Keguruan, F. (2019). Motivasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Intensitas Penggunaan Media Sosial Pada Remaja. Triadik, 18(1), 75–83.
Muharram, N., Sahabuddin, R., & Akib, H. (2022). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Sekolah , Motivasi Belajar Dan Kemandirian Terhadap Social Entrepreneurship Siswa SMA Negeri 5 Wajo. Journal of Management & Business, 5(2), 313–324.
Mulyadi, M., & Syahid, A. (2020). Faktor Pembentuk dari Kemandirian Belajar Siswa. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 197–214. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.246
Nasrah, & Muafiah, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik COVID-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(2), 207–213.
Tarigan, Elisabet Sitepu, & Lamria Purba. (2022). Persepsi Siswa Tentang Pola Asuh Orang Tua dan Kemampuan Pendekatan Personal Guru PAK Serta Hubungannya dengan Minat Belajar PAK Siswa. Indonesian Journal of Christian Education and Theology, 1(1), 28–34. https://doi.org/10.55927/ijcet.v1i1.1105
Nurazizah, dkk. (2022). Persepsi Dan Preferensi Masyarakat Terhadap Implementasi Citra Arsitektur Pecinan Di Jalan Kisamaun Tangerang. Ug Jurnal, 16, 27–37.
Retmanto, A. M. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IIS Di Man Purworejo Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Oikonomia, 8(2), 271–276.
Santoso, R. (2021). Pengaruh Motivasi dan Sarana Belajar Online Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(1), 25–36.
Saputra, R. M. A., Hariyadi, A., & Sarjono, S. (2021). Pengaruh Motivasi Dan Efikasi Diri Terhadap Kemandirian Belajar Sistem Daring Pada Siswa Kelas
XII IPS SMA Negeri Kedungadem Bojonegoro. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 840–847. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1268
Sari, R. P., Renata, D., & Utami, S. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMK Negeri 2 Kendari. 3(1), 10–17.
Sengkoen, J. F., Ma’i, V. S., & Tewuh, F. D. (2023). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SD Inpres Karegesan. Jurnal Pendidikan Dan Teologi Kristen, 3(2), 1–11.
Sibuea, M. F. L., Sembiring, M. A., Agus, R. T. A., & Pertiwi, D. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar (Self Regulated Learning) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Logika Komputer. Journal of Science and Social Research, 5(3), 715. https://doi.org/10.54314/jssr.v5i3.1205
Siska, A., Mujib, A., & Putri, D. A. P. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Sekolah Batam (Studi Pada Sdn 005 Sekupang Batam). Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(1), 93–106. https://doi.org/10.30601/dedikasi.v6i1.2407
Sugianto, I., Suryandari, S., & Age, L. D. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 159–170. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.63
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suharto, Y., & Hariadi, E. (2021). Analisis Kualitas Website Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 12(2), 109–121. https://doi.org/10.29244/jmo.v12i2.33917
Trisnawaty, S., Soesilo, T. D., & Setyorini, S. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas IX A SMP Sudirman Ambarawa. Jurnal Wahana Konseling, 5(2), 125–136. https://doi.org/10.31851/juang.v5i2.7891
Utami, A. W., & Nisa, A. F. (2022). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN Sidomulyo. Dewantara Seminar Nasional Pendidikan. https://doi.org/10.51878/action.v2i2.1198
Zaharuddin, Z., & Wahyuni, R. N. (2021). Hubungan antara Self-Compassion dengan Resiliensi pada Remaja Panti Asuhan Bunda Pangkalan Balai. Indonesian Journal of Behavioral Studies, 1(4), 419–434. https://doi.org/10.19109/ijobs.v1i4.11922
Zainudin, N. A. (2018). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Scramble. 1(1), 81–90.
Zakarya, Hafidz, Martaputu, & Nashihin, H. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Innovative Education Journal, 5(2), 910–918