Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Regulasi Diri Pada Santri Penghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Badriyah Mranggen
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara dukungan sosial dengan regulasi diri pada santri penghafal Al-Qur’an. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu adanya hubungan positif antara dukungan sosial dengan regulasi diri. Subyek penelitian ini adalah santri penghafal Al-Qur’an Pondok Pesantren Al-Badriyah Mranggen, Demak dengan jumlah 50 orang, usia 19-25 tahun, lama pesantren 5 tahun, sudah hafal Al-Qur’an minimal sudah hafal 10 Juz. Metode pengumpulan data menggunakan incidental sampling. Dalam penelitian ini skala yang digunakan adalah skala regulasi diri dan skala dukungan sosial. Metode analisis data menggunakan teknik statistik korelasi Product Moment dihitung dengan menggunakan program komputer SPSS (Statistical Package for Sosial Science). Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh diketahui bahwa = 0,915 dan p = 0,000 (p ≤ 0,001), yang bermakna ada hubungan positif sangat signifikan antara dukungan sosial dengan regulasi diri, sehingga hipotesis ini diterima.
Keyword : social support, self regulation, santri
Daftar Pustaka
Ahmar, D. S. (2016). The Relationship Between Self Regulation with Creative Thinking Ability of Students in Chemistry Class XI IPA At Takalar. Jurnal Sainsmat. Vol V, No. 1, Hal. 10.
Alwisol. (2016). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.
Azizah, L.M. (2011). Keperawatan Lanjut Usia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Azwar, Syaifudin. (2016). Dasar-dasar Psikometrika. Yoyakarta: Pustaka Pelajar.
Feist, J. & Feist, G.J. (2016). Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba Hunamika.
Hanapi, I., & Agung, I. M. (2018). Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Self Efficacy dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa. Jurnal RAP UNP. Vol. 9, No. 1, Hal. 39-40.
Hartono. (2012). Statistik untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hasan, M. Iqbal. (2010). Pokok-pokok Materi Statistik 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Iswahyudi, A., Ibnu, M. (2016). Pengaruh Mengikuti Orgamawa dan Regulasi Diri terhadap Prokratinasi Mahasiswa dalam Menyelesaikan Skripsi di Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Madiun Tahun Akademik 2015/2016. Jurnal Ilmiah Counsellia. Vol. 6, No. 2, Hal. 45-46.
Jarmitia, S., Arum, S., Nucke, Y., Farhati, M.T., & Harri, S. (2016). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Kepercayaan Diri kepada Penyandang Disabiliti Fisik di SLB Kota Banda Aceh. Psikoislamedia. Vol. 1, No. 1, Hal. 63-64.
Kamila, A., & Wawan, J. (2019). Parenting Demokratis terhadap Remaja Yatim Piatu dalam Membentuk Regulasi Diri. Jurnal Maddah. Vol. 1, No. 1, Hal. 72-73.
Marni, A., & Yuniawati, R. (2015). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Penerimaan Diri pada Lansia di Panti Wredha Budi Darma Yogyakarta. Jurnal empathy. Vol. 3, No.1, Hal. 3-4.
Marza, S.E. (2017). Regulasi Diri Penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Qur’an Jami’atul Qurro’ Sumatera Selatan. Jurnal Intelektualita. Vol. 6, No. 1, Hal. 148-150.
Periantalo, J. (2015). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cervone, D. A., & Lawrence, A. P. (2012). Kepribadian Teori dan Penelitian. Jakarta : Salemba Humanika.
Putri, C. G., & Chr, Hari, S. (2019). Hubungan antara Dukungan Sosial Keluarga dengan Motivasi Belajar pada Remaja yang Orang Tuanya Bercerai. Jurnal Mitra Pendidikan. Vol. 3, No. 5, Hal. 649.
Prasetiani, A. T & Margaretta. E. S. (2020). Hubungan Antara Self-Regulation dengan Kecenderungan Adiksi Game Online pada Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana. Jurnal Teknologi Informasi. Vol. 6, No. 1, Hal. 5.
Rahmah, & Gazi. (2017). The Influence of Self-Eficacy and Social Support Toward Self-Regulation on Tradisional Dancers. Jurnal JP31. Vol. VI, No. I, Hal. 2.
Rizqiyah, F. (2018). Hubungan Dukungan Sosial dengan Self-Regulation Santriwati Penghafal Al-Qur’an Pondok Pesantren Salafiyyah Syafi’iyah Nurul Huda Mergosono Malang. Skripsi. Malang : Fakultas Psikologi.
Rohmatun, & Syahria, N. J. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Resiliensi pada Penyitas banjir Rob Tambak Lorok. Jurnal Proyeksi. Vol. 13, No. I, Hal. 6.
Saputri, D., & Asmidir, I. (2020). The Relationship of Self Regulation with Academic Procrastination of Students. Jurnal Neo Konseling. Vol. 2, No. 2, Hal. 2.
Sarirah, T., Dita, R., & Yoyon, S. (2017). Peran Academic Dishonesty dalam Menjelaskan Hubungan Antara Self-Regulated Learning dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Prestasi Akademik. Jurnal Mediapsi. Vol. 3, No. 1, Hal. 5.
Soerjatmodjo, G.W.L. (2019). Regulasi Diri dan Persepsi akan Dukungan Sosial. Vol. 5, No. 8, Hal. 31-32.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. bandung: Alfabeta.
Sumayah, dan Dinie. R.T. (2016). Persepsi Terhadap Full Day School dan Regulasi Diri Pada Siswa SMP Islam Hidayatullah Semarang. Jurnal Empati. Vol. 5, No. 1, Hal 145.
Supriyati. (2018). Peran Orangtua dan Regulasi Diri terhadap Hasil Belajar Siswa MI Sultan Agung Sleman. Jurnal Pendidikan Madrasah. Vol. 3, No. 2, Hal. 398.
Tea, T., Dian, L, A., dan Fredericksen, V, A. (2020). Dukungan Sosial Guru dan Self Regulated Learning Siswa. Jurnal of Health and Behavioral Science. Vol. 2, No. 2, Hal. 61.
Umar, A. A., dan Muhammad, A. R. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Santri Progresif. Jurnal Edukasi. Vol. 1, No. 2, Hal. 143.
Utomo N, B. (2019). Pengaruh Self-Efficacy dan Positive Affect Terhadap Self-Regulation Learning. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan. Hal. 375.
Widyanto, F. C. (2014). Keperawatan Komunitas dengan Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Nuha Medika.
Wiguna, A., Gita, A., & Kholidiyah, A. (2019). Regulasi Diri Pada Mahasiswa Berprestasi. Jurnal Paedagogie. Vol. 7, No. 2, Hal. 97.
Yasdar, M & Muliyadi. (2018). Penerapan Teknik Regulasi Diri (Self-Regulation) Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling STKIP Muhammadiyah Enrekang. Jurnal Pendidikan. Vol. 2, No. 2, Hal. 54.