PENERAPAN QR CODE PADA APLIKASI PERPUSTAKAAN ONLINE SMP BARUNAWATI SEMARANG MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER
Abstract
Pada bidang pendidikan, diperlukan adanya teknologi yang dapat membantu dalam pengelolaan perpustakaan sekolah. Tanpa adanya teknologi, maka dalam pengelolaan perpustakaan masih menggunakan cara manual seperti pendataan buku secara manual, pendataan anggota menggunakan kartu anggota dan pendataan peminjaman buku menggunakan formulir peminjaman. Oleh sebab itu diperlukannya adanya aplikasi perpustakaan yang dapat membantu dalam pengelolaan buku, anggota dan peminjaman buku. Aplikasi Perpustakaan adalah sebuah perangkat lunak yang efektif untuk membantu dalam pengarsipan buku dan juga mendata anggota perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk aplikasi perpustakaan menggunakan framework Codeigniter serta fitur QR Code yang digunakan untuk menampilkan informasi transaksi buku dengan menerapkan metode Waterfall. Dalam pengembangan aplikasi ini, penelitian dilakukan dengan berbagai tahap yaitu analisis kebutuhan sekolah, perancangan aplikasi, implementasi rancangan aplikasi, pengetesan aplikasi kemudian yang terakhir yaitu pemeliharaan aplikasi. Tahap analisis kebutuhan sekolah ini diambil dari wawancara ke kepala sekolah SMP Barunawati. Hasil dari tugas akhir ini adalah terbentuknya aplikasi perpustakaan yang mengimplementasikan fitur QR Code untuk memberikan informasi mengenai status buku, dapat membantu pengelola perpustakaan dalam administrasi, pengelolaan buku serta transaksi simpan pinjam buku.
Keyword : Application, CodeIgniter, Framework, Waterfall, QR Code
Daftar Pustaka
Dr. Eng. Rismon H. Sianipar, S. M. (2019). PHP MySQL. Yogyakarta: PENERBIT ANDI.
Dr. Priyanto Hidayatullah, S. M. (2021). Pemrograman Web. Bandung: INFORMATIKA.
DR. Taufiqurokhman, S. M. (2008). KONSEP DAN KAJIAN. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
Hermawan, I. Y. (2018). Semua Bisa Menjadi Programmer Codeigniter Basic. Jakarta: PT ELEX MEDIA KOMPUTINDO.
Munawar. (2018). Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan Unified Modeling Language. Bandung: INFORMATIKA.
Raharjo, B. (2011). Belajar Otodidak Membuat Database Menggunakan MySQL. Bandung: INFORMATIKA.
Pressman, R.S. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi. Yogyakarta: Penerbit Andi. Pressman, Roger S., 2001, Software Engineering A Practitioner's.
E. B. Setiawan dan A. T. Ramdany, Membangun Aplikasi Android Web Dan Web Service, Bandung: Informatika, 2019.
Setiawan, & Khairuzzaman. (2017). Perancangan Sistem Informasi Manajemen. Proyek: Sistem Informasi Kontraktor. Jurnal Khatulistiwa Informatika, V(2),. 109.
Sukamto, R. A., dan Shalahudin, M. 2014, Rekayasa Perangkat LunakTerstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.
Sukamto, R., dan Shalahuddin, M. (2018): Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek (Revisi), Informatika Bandung, Bandung.
Munawar (2018): Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML (Unified Modeling Language), Informatika Bandung, Bandung.
Irviani, R., & Oktaviana, R. (2017). Aplikasi Perpustakaan Pada SMA N1 Kelumbayan Barat Menggunakan Visual Basic. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 8(1), 63-69.
Fatmawati, E. (2017). Pemanfaatan aplikasi perpustakaan digital ijateng melalui smartphone. Profetik: Jurnal Komunikasi, 10(2), 46-56.
Prayoga, W. D., Bakri, M., & Rahmanto, Y. (2020). Aplikasi Perpustakaan Berbasis Opac (Online Public Access Catalog) Di Smk N 1 Talangpadang. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 183-191.
Priyaungga, B. A., Aji, D. B., Syahroni, M., Aji, N. T. S., & Saifudin, A. (2020). Pengujian Black Boxpada Aplikasi Perpustakaan Menggunakan Teknik Equivalence Partitions. Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi ISSN, 2654, 3788.
Fahmi, K., Haryono, A. T., Astuti, I. F., & Cahyadi, D. (2016). Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Perpustakaan Berbasis Multitenant. Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 11(1), 1-8.
Izzati, F., & Santoso, N. (2021). Pengembangan Sistem Manajemen Akuntansi Keuangan Perusahaan untuk Toko Roti Amaya berbasis Website menggunakan React Js. J-Ptiik.Ub.Ac.Id, 5(11), 5145–5154. https://jptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/1019
Sugiana, D., & Muhtadi, D. (2019, November). Augmented Reality Type QR Code: Pengembangan Perangkat Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.
Romadhon, M. H., Yudhistira, Y., & Mukrodin, M. (2021). Sistem Informasi Rental Mobil Berbsasis Android Dan Website Menggunakan Framework Codeigniter 3 Studi Kasus: CV Kopja Mandiri: Array. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Peradaban, 2(1), 30-36.
Dhaifullah, I. R., Salsabila, A. A., & Yaqin, M. A. (2022). Survei Teknik Pengujian Software. Journal Automation Computer Information System, 2(1), 31-38.
Prahasti, P., Kanedi, I., Qurniati, N., & Mirnawati, M. (2022). Aplikasi Penilaian Sekolah Adiwiyata Pada Badan Lingkungan Hidup (BLH) Menggunakan Bahasa Pemrograman Basic dan Database MySQL. Jurnal Media Infotama, 18(2), 374-381.
Setyaningsih, R. (2021). Manajemen Perpustakaan Sekolah.