MEMAHAMI PENETRASI SOSIAL PENGGUNA APLIKASI KENCAN ONLINE (BUMBLE) DI KOTA SEMARANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Memahami Penetrasi Sosial Pengguna Aplikasi Kencan Online (Bumble) di Kota Semarang. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Penetrasi Sosial. Bentuk dan strategi penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif Deskriptif dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling dengan 4 narsumber didalamnya. Seluruh data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan studi pustaka.
Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengguna aplikasi bumble melewati tahap penetrasi sosial yaitu dari Tahap Orientasi, Pertukaran Penjajakan Afektif, Pertukaran Afektif hingga Pertukaran Stabil. Keempat infoman semuanya telah mencapai tahap terakhir yaitu Pertukaran stabil, namun tidak semuanya menjalin sebuah hubungan. Komunikasi interpersonal yang terjadi pada pengguna aplikasi bumble belum dapat dikatakan efektif secara keseluruhan karena belum sepenuhnya memenuhi karakteristik Efektivitas komunikasi interpersonal yang berupa keterbukaan dan juga kesamaan.
Keyword : Social Penetration, Online Dating Application, Bumble
Daftar Pustaka
Abdurrahman, A. G., Putri, C. N., & Irwansyah. (2021). Implementasi Teori Penetrasi Sosial pada Pengguna Aplikasi Bumble. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 5 (2), 28-30. doi:https://doi.org/10.51544/jlmk.v5i2.1661
Andara, N. (2019). Keterbukaan Diri (self Disclosure) Pengguna Aplikasi Kencan Online (Bumble). Universitas Sumatera Utara. Sumatera Utara: https://repositori.usu.ac.id/
Andu, C. P., & Patriantoro, T. H. (2021). Penggunaan Media Grindr Dikalangan Gay Dalam Menjalin Hubungan Personal (Suatu Studi Fenomenologi).Yogyakarta: K-Media.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.
Bugin, B. (2008). Sosiologi Komunikasi (teori, paradigma, dan Discourse Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Carpenter, A., & Greene, K. (2017). Social Penetration Theory. The International Enclycopedia of Interpersonal Communication, USA.
Cessia, K. D., & Lestari, S. B. (2017). Pemahaman Pengguna Media Sosial Bumble terhadap Fenomena Kencan Online untuk Menjalin Hubungan Romantis Bagi Penggunanya. Interaksi Online, 6 (1), 53-54.
Dilens, L. K., & Widiyantoro. (2021). Pengungkapan Diri Mahasiswa Pengguna Bumble di Surakarta (Studi Deskriptif Pengungkapan Diri Mahasiswa pada Aplikasi Kencan Daring Bumble di Surakarta). Universitas Sebelas Maret. Surakarta: digilib.uns.ac.id.
Fridha, M., & Octavianti, M. (2016). Kontruksi Makna Kencan Disitus Pencarian Jodoh Bumble (Studi Fenomenologi Pada Pria Pengguna Bumble Di Jakarta). Jurnal Nomosleca, 2 (2), 4-6
Habibah, A. F., Shabira, F., & Irwansyah . (2021). Literature Review : Pengaplikasian Teori Penetrasi Sosial pada Aplikasi Online Dating. Jurnal Teknologi dan Informasi Bisnis, 3 (1), 45-46. doi:https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.183
Lawado, M. R., & Sukardani, P. S. (2020). Komunikasi Antarpersonal Berbasis Kencan Online (Studi Deskriptif Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya Pengguna Aplikasi Bumble. The Commercium, 115-116.
Nurdin, A. (2020). Teori Komunikasi Interpersonal Disertai Contoh Fenomena Praktis. Jakarta: Kencana.
Permanasari, R., & Yudarwati, G. A. (2014). Proses Komunikasi Interpersonal Berdasarkan Teori Penetrasi Sosial. UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA. Yogyakarta: https://e-journal.uajy.ac.id/.
Rorong, M. J. (2018). Realitas Dalam Hubungan Manusia Melihat Dalam Perspektif Teori Serta Kedekatan Komunikasi Antar Individu. Jurnal Oratio Directa, 1 (1), 38-39.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wulandari, A. (2021). Analisis Keterbukaan Diri (Self Disclosure): Studi Fenomenologi Pengguna Aplikasi Online Dating Bumble. Universitas Pembangunan Nasional “VETERAN” Jakarta. Jakarta: https://repository.upnvj.ac.id/.
Wulandari, T. A. (2013). Memahami Pengembangan Hubungan AntarpribadiI Melalui Teori Penetrasi Sosial. Majalah Ilmiah UNIKOM, 11 (1), 106-108.
INTERNET
Pratama, Puja. 2023. Goodstats: Ragam Alasan Orang Indonesia Memilih Menggunakan Dating App. ( https://goodstats.id/article/ragam-alasan-orang-indonesia-memilih-menggunakan-dating-app-4DYEr) Dikutip pada Jumat, 5 Mei 2023 pukul 15.30