OPTIMASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN UNTUK MEMBELI PRODUK BOUTIQUE SHABBY STUFF SEMARANG
Abstract
Optimasi dalam media sosial menyangkut beberapa aspek, yakni pengaturan penggunaan media sosial dan pengelolaan konten serta manajemen yang dilakukan kepada satu akun tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh Boutique Shabby Stuff dalam kegiatan optimasi penggunaan media sosisal instagram sebagai media promosi dalam menarik minat konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan teori The Circular model of SoMe dari Regina Luttrel. Teori ini memiliki empat tahap yaitu Share, optimize, Manage, dan engage yang akan dihubungkan atau dikategorikan. Pengumpulan data dalam penelitian ini di peroleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi pustaka dengan para informan-informan yaitu followers, konsumen, admin chat, dan pengelola akun instagram Boutique Shabby Stuff. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa optimasi penggunaan media sosial instagram sebagai media promosi dalam menarik minat konsumen yang dilakukan oleh Boutique Shabby Stuff sudah cukup optimal. Namun, ada beberapa hal yang masih perlu dilakukan oleh pihak Boutique Shabby Stuff, yaitu memanfaatkan fitur live instagram, Boutique Shabby Stuff juga diharapkan dapat membalas semua komentar dan ulasan pada postingan instagram serta google bussines agar mendapatkan engageement rate yang lebih tinggi.
Keyword : optimization, instagram, Circular Model of Some
Daftar Pustaka
Alfansyur, A. M. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik Info Artikel Abstrak. Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150. Chandra, F. (2021). Social Media Marketing. DIVA Press. Firmansyah, M. A. (2020). Komunikasi Pemasaran. CV. Penerbit Qiara Media. Kountur, R. (2018). Metode penelitian untuk penulisan skripsi dan tesis. PPM. Kurnianto, Y. T. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Pemasaran Minuman di Banjarbaru (Studi Pada Akun Instagram @tempatbiasa.kopi). Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Albanjari Banjarmasin. Luttrel, R. (2019). Social Media How To Engage,Share and Connect. Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53). ROWMAN & LITTLEFIELD. Nasrullah, R. (2020). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media. Novesal, A. D. (2020). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Instagram Dalam Pemasaran Digital Produk Umroh Pada PT. Jejak Imani Berkah Bersama Pamulang Tahun 2019. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Nugroho, Thallita Affifah., & A. (2022). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Social Commerce Usaha Bro.do. Pustaka Komunikasi 5, 1, 147. Octaviani, R., & Sutriani, E. (2019). Analisis data dan pengecekan keabsahan data. Pratama, I. P. A. E. (2020). Social Media dan Social Network. Informatika Bandung. Rizaty, M. A. (2023). Pengguna Instagram di RI Capai 106,72 Juta hingga Februari 2023. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-instagram-di-ri-capai- %0910672-juta-hingga-februari-2023. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.