MOTIF KETERGANTUNGAN GENERASI Z DI KALANGAN KOMUNITAS NCTZEN SEMARANG PADA PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK
Abstract
ABSTRAK
Penggunaan media sosial Tiktok dengan intensitas yang tinggi memberikan peluang
yang besar untuk menimbulkan ketergantungan, artinya seseorang tidak dapat lepas
dari penggunaan Tiktok demi memenuhi kebutuhan dan keinginannya sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motif ketergantungan pada
penggunaan media sosial Tiktok oleh generasi Z di kalangan Komunitas NCTzen
Semarang. Teori yang digunakan sebagai acuan dalam penelitian ini adalah teori
Determinasi Diri sebagai teori utama serta Teori Ketergantungan Media sebagai
teori pendukung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan
teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara,
dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian yang telah dilakukan
menghasilkan kesimpulan bahwa motif ketergantungan generasi Z di kalangan
Komunitas NCTzen Semarang pada media sosial Tiktok yaitu motif hiburan dan
motif informasi.
Keyword : Dependence, Motives, Tiktok
Daftar Pustaka
Buku
Frangki, B. (2024). Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi
Siswa. Lombok Tengah: Penerbit P4I.
Morissan. (2021). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa Ed Revisi. Jakarta:
Prenada Media.
Novianti, E. (2021). Teori Komunikasi Umum dan Aplikasinya. Yogyakarta:
Penerbit Andi.
Pahlevi, N. A. (2021). Pengaruh Media Sosial dan Gerakan Massa Terhadap
Hakim. Surabaya: Cipta Media Nusantara (CMN).
Jurnal
Aisafitri, L., & Yusriyah, K. (2021). Kecanduan Media Sosial (FoMO) Pada
Generasi Milenial. Jurnal Audience, 86-106.
Dwilestari, G. (2018). Motif Penggunaan Aplikasi Media Sosial Bigo Live di
Kalangan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Telkom. Jurnal
Manajemen Komunikasi, 67-80.
Fitriansyah, F. (2018). Efek Komunikasi Massa Pada Khalayak (Studi Deskriptif
Penggunaan Media Sosial dalam Membentuk Perilaku Remaja). Jurnal
Nusantara Bina Sarana Informatika 18 (2), 171-178.
Hadi, A. S. (2020). Analisis Faktor Kenyamanan Dan Ketergantungan Mahasiswa
Pada Smartphone Yang Mengakibatkan Stres. Jurnal Bisnis Darmajaya, 3747.
Hakim, A. R., Mardhiyah, A., Irham, D. M., Nurkholifah, N., Ramdani, Z., & Amri,
A. (2021). Pembentukan Identitas Diri Pada Kpopers. Jurnal Psikologi 4(1),
18-31.
Hasanah, U. (2013). Pembentukan Identitas Diri dan Gambaran Diri (Self Body
Image) Pada Remaja Putri Bertato di Samarinda. Psikoborneo 1(2), 102107.
Malimbe, A., Waani, F., & Suwu, E. A. (2021). Dampak Penggunaan Aplikasi
Online Tiktok (Douyin) Terhadap Minat Belajar di Kalangan Mahasiswa
Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas San Ratulangi
Manado. Jurnal Ilmiah Society, 1-10.
Muchlis, & Fakhrurrazi. (2022). Ketergantungan New Media Pada Masyarakat
Aceh (Depedency Theory). Jurnal Sosiologi Dialektika Sosial, 181-188.
Mulya, R. A. (2018). Hubungan Antara Motif Penggunaan Fitur LINE Today dan
Interaktivitas Khalayak Dengan Kepuasan Khalayak Menggunakan Fitur
LINE Today. Interaksi Online, 257-267.
Musfialdy, & Anggraini, I. (2020). Kajian Sejarah dan Perkembangan Teori Efek
Media. Jurnal Komunikasi dan Bisnis, 30-42.
Nuzuli, A. K., & Natalia, W. K. (2021). Motif Penggunaan Aplikasi Tiktok di Kota
Semarang. Jurnal InterAct, 47-58.
Rahim, M., Erawan, E., & Alfando, J. (2018). Motif Penggunaan Instagram Story
(Studi Kasus Pada Siswa Siswi Jurusan Multimedia Di SMK Negeri 1
Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi, 263-275.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Intrinsic and Extrinsic Motivation From a SelfDetermination
Theory Perspective: Definitions, Theory, Practices, and
Future Directions. Contemporary Educational Psychology.
Website
Alifah, N. N. (2022, September 22). Indonesia Jadi Negara dengan Fans K-Pop
Terbanyak di Dunia. Retrieved from GoodStats:
https://goodstats.id/article/indonesia-masuk-peringkat-pertama-denganfans-k-pop-terbanyak-di-dunia-6w71d
Armavilia , K. E. (2023, Juli 14). Negara Dengan Pengguna Tiktok Terbanyak
2023, Indonesia Peringkat 2. Retrieved from GoodStats:
https://data.goodstats.id/statistic/elmaarmavillia/negara-dengan-penggunatiktok-terbanyak-2023-indonesia-peringkat-2-qRFyq
Fibria, D. (2023, September 7). Miliki 27 anggota, Netizen Sebut NCT Akan Jadi
Grup Dengan Fanchant Terpanjang. Retrieved from Kpop Chart:
https://www.kpopchart.net/k-update/91610076594/miliki-27-anggotanetizen-sebut-nct-akan-jadi-grup-dengan-fanchant-terpanjang-ngosngosan-gak-tuh
Rizaty, M. A. (2023, Februari 7). Pengguna Aktif Tiktok Dunia Sentuh 1,6 Miliar
pada 2022. Retrieved from Data Indonesia:
https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-aktif-tiktok-dunia-sentuh16-miliar-pada-2022
Sari, D. S. (2023, Juni 5). Grup Kpop dengan Fans Terbanyak di Indonesia Tahun
2023. Retrieved from Berita Satu:
https://www.beritasatu.com/lifestyle/1049270/grup-kpop-dengan-fansterbanyak-di-indonesia-tahun-2023
Yonatan, A. Z. (2023, Juli 13). 10 Media Sosial dengan Waktu Pemakaian Terlama
2023. Retrieved from GoodStats: https://data.goodstats.id/statistic/10media-sosial-dengan-waktu-pemakaian-terlama-2023-U9VQ8