REPRESENTASI HEDONISME KELUARGA YOUTUBER (ANALISIS SEMIOTIKA DALAM KONTEN “RANS THE WORLD” AKUN RANS ENTERTAINMENT)
Abstract
Febrina Alisa Dewi, G.311.17.0093. “Representasi Hedonisme Keluarga Youtuber (Analisis Semiotika Dalam Konten “Rans The World” Youtube Rans Entertainment)”. Program Studi S1 – Ilmu Komunikasi Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi gaya hidup hedonism dalam konten Rans The World Youtube Rans Entertainment. Landasan teori dalam penelitian ini adalah teori semiotika John Fiske yang terdiri dari 3 level kode televisi: Level Realitas, Level Representasi dan Level Ideologi. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah deskriptif kualitatif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan dokumentasi berupa adegan/scene konten youtube disertai studi pustaka sebagai data pendukung.
Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa gaya hidup hedonisme yang ditampilkan dalam konten youtube Rans The World memiliki sisi positif dan sisi negatif.
Febrina Alisa Dewi, G.311.17.0093. “Representasi Hedonisme KeluargaYoutuber (Analisis Semiotika Dalam Konten “Rans The World” Youtube RansEntertainment)”. Program Studi S1 – Ilmu Komunikasi Fakultas TeknologiInformasi dan Komunikasi Universitas Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi gaya hidup hedonismedalam konten Rans The World Youtube Rans Entertainment. Landasan teoridalam penelitian ini adalah teori semiotika John Fiske yang terdiri dari 3 levelkode televisi: Level Realitas, Level Representasi dan Level Ideologi. Metodepenelitian yang digunakan peneliti adalah deskriptif kualitatif. Teknik samplingyang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknikpengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakandokumentasi berupa adegan/scene konten youtube disertai studi pustaka sebagaidata pendukung. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa gaya hidup hedonisme yang ditampilkandalam konten youtube Rans The World memiliki sisi positif dan sisi negatif.Kata kunci: Representasi, Hedonisme, Semiotika John Fiske, Rans Entertainment
Keyword : Representation, Hedonism, John Fiske Semiotics, Rans Entertainment
Daftar Pustaka
Asdani Kindarto dan Smitdev Community. 2008. Belajar Sendiri Youtube
Menjadi Mahir Tanpa Guru. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Engel, J.F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1994). Perilaku Konsumen Edisi
Keenam Jilid 1, Jakarta: Binarupa Aksara.
Fiske, John. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi-Edisi Ketiga. Alih Bahasa
Hapsari Dwiningtyas. Depok. PT Rajagrafindo Persada.
Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Nasrullah. 2015. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya dan
Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Rahmat Kriyantono. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana
Prenada Media.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. (Cetakan Ke-17).
Bandung: CV Alfabeta.
Sutopo. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapannya
Dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Vera, Nawiroh. 2014. Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghali
Indonesia.
Internet:
(https://databoks.katadata.co.id.)Diakses pada tanggal 29 November 2020 pukul
20.30 WIB).
(https:// https://pakar.co.id/social-media-marketing-artikel/10-jenis-video-populerdi-youtube-yang-banyak-ditonton-orang-indonesia/)
(diakses pada tanggal 30
November 2020, pukul 08.00 WIB).
(Sumber: Youtube, diakses pada tanggal 1 Desember 2020 pukul 19.45 WIB oleh
peneliti).