024-6702757 ext. 2208
0895347400702

perpustakaan@usm.ac.id

GET IN TOUCH WITH EMAIL

Senin - Kamis (08.00 - 21.30)
Jum'at (08.00 - 21.00)

OUR OFFICE HOUR

PROGRAM STUDI S1 – ILMU KOMUNIKASI JURUSAN ILMU KOMUNIKASI PESAN MOTIVASI DALAM LIRIK LAGU “MENJADI INDONESIA” KARYA EFEK RUMAH KACA

Skripsi, S1 - ILMU KOMUNIKASI, 27 September 2016, 2016
GALANG WISNU WIJAYA; Drs. Gunawan Witjaksono, Msi; Fajriannoor Fanani, S.Sos, M.I.Kom
Anda menggunakan IP : 3.145.180.18
URL :
No Jenis File File
1 Judul
2 Abstrak
3 Halaman Persetujuan-Pengesahan dan Berita Acara Kelulusan (Ujian)
4 Daftar Isi
5 BAB I
6 BAB II
7 BAB III
8 BAB IV
9 BAB Penutup
10 Daftar Pustaka
11 File Komplit

Abstract

Galang Wisnu Wijaya, G.311.12.0038. Pesan Motivasi Lirik Lagu “Menjadi Indonesia” karya Efek Rumah Kaca. Skripsi : Program Studi S-1 Ilmu Komunikasi Universitas Semarang.
Penelitian ini betujuan guna untuk mendeskripsikan sekaligus memahami pesan motivasi lirik lagu “Menjadi Indonesia” karya Efek Rumah Kaca melalui kajian semiotika Charles Sanders Pierce. Landasan Teori yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan teori semiotik dari Charles Sanders Pierce.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan semiotik. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini bersifat purposive sampling atau sering disebut dengan criterion based selection Penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi dengan teks dari lirik lagu “Menjadi Indonesia” Karya Efek Rumah Kaca.
Disimpulkan bahwa Lirik lagu “Menjadi Indonesia” Karya Efek Rumah Kaca dalam makna secara semiotik Kajian Charles Sanders Peirce memiliki makna yang terdiri dari tiga trikotomi. Trikotomi pertama ditinjau dari sudut pandang hubungan antara representamen dan objek. Trikotomi kedua Peirce membuat klasifikasi dengan sudut pandang yakni hubungan representamen dengan tanda. Sedangkan untuk trikotomi ketiga mengambil sudut pandang hubungan tanda dengan Berdasarkan interpretan.

Keyword : Rumah Kaca; representamen; relationship

Daftar Pustaka

BUKU
Hall, Stuart, 2003. Representation, Cultural Representation and Signifiying practice. London : SAGE Publication Ltd.
Kris Budiman. 2005. Ikonisitas: Semiotika Sastra Dan Seni Visual.Yogyakarta: Buku Baik.
Marliani, 2004, Pemaknaan Karikatur KOM PAS di harian Kompas edisi 19 April 2008, Surabaya : Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.
Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
M Soeharto . 1992. Kamus Musik. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia
Nawawi, Hadari dan Martini Hadari. 1992. Instrumen Penelitian Bidang Sosial Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Neuman, W. Lawrance. 2003. Social Metohd: Qualitative and Quantitative Approach. London: Sage
Noth, Winfierd.2006. Semiotik Surabaya: Airlangga University pres 160 Panuti H.M. Sudjiman.1996. Serba- Serbi Semiotika. Jakarta: Greamedia Pustaka Utama
Rahmat Krisyantono.2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi Kencana Prenada Media Gruop. Malang

Sutpo H.B.2002. Metodelogi Penelitian Kualitatif Dasar Teori Dan TerapannyDalam Penelitian. Surakarta : Universtas Sebelas Maret
Zaimar. Okke K.S. 2008. Semiotik dan Penerapannya Dalam Karya Sastra.JakaPusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional
Zoest, Aart Van. 1993. Semiotika; Tentang tanda, Cara Kerjanya dan Apa YaKita Lakukan Dengannya. Jakarta: Yayasan Sumber Agung
INTERNET
Kbbi.web.id/musik. Di unduh pada 27/10/2015 http://www.kompasiana.com/rahmat_sholeh/sedikit-tentang-efek-rumah-kaca band_553016206ea834e81e8b4605. Di unduh pada 27/10/2015

http://www.lorongmusik.com/2013/03/biography-efek-rumah-kaca.html http://made-g-m-fib09.web.unair.ac.id/artikel_detail-61106-Umum-
Charles%20Sanders%20Peirce.html http://sitikodariah92.blogspot.co.id/2014/12/analisis-semiotik-dalam-lirik-lagu.html

Perpustakaan Universitas Semarang

Jl. Soekarno Hatta Semarang
Gedung B Lt. 2

024-6702757 ext. 2208
WA : 0895347400702

perpustakaan@usm.ac.id

follow us