024-6702757 ext. 2208
0895347400702

perpustakaan@usm.ac.id

GET IN TOUCH WITH EMAIL

Senin - Kamis (08.00 - 21.30)
Jum'at (08.00 - 21.00)

OUR OFFICE HOUR

KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI GURU DAN SISWA TUNARUNGU DALAM MEMBENTUK KEPERCAYAAN DIRI DI SLB NEGERI SEMARANG

Skripsi, S1 - ILMU KOMUNIKASI, 09 Mei 2023, 2023
FRISKA OKTAVIYANA MARDIYANA; Kharisma Ayu Febriana, S.I.Kom, M.I.Kom
Anda menggunakan IP : 18.188.77.203
URL :
No Jenis File File
1 Judul
2 Abstrak
3 Halaman Persetujuan-Pengesahan dan Berita Acara Kelulusan (Ujian)
4 Surat Keaslian (Orisinalitas)
5 Daftar Isi
6 BAB I
7 BAB II
8 BAB III
9 BAB IV
10 BAB Penutup
11 Daftar Pustaka
12 Lembar Bimbingan
13 Lembar Publish
14 File Komplit

Abstract

ABSTRAK Friska Oktaviyana Mardiyana, G.311.19.0150. “KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI GURU DAN SISWA TUNARUNGU DALAM MEMBENTUK KEPERCAYAAN DIRI DI SLB NEGERI SEMARANG”. Program Studi S-1 Ilmu Komunikasi Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang. Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana komunikasi antarpribadi guru dan siswa tunarungu dalam membentuk kepercayaan diri di sekolah luar biasa (SLB) Negeri Semarang. Pokok masalah tersebut selanjutnya di jelaskan ke dalam pertanyaan penelitian, yaitu : Bagaimana komunikasi Antarpribadi guru dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa Tunarungu. Serta tujuan penelitiannnya adalah untuk mengetahui komunikasi Antarpribadi guru dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa Tunarungu. Metode yang digunakan adalah menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan komunikasi antarpribadi dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengelolahan analisis data yang dilakukan dengan melalui 3 tahapan: yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi antarpribadi guru dan siswa tunarungu dalam meningkatkan kepercayaan diri di sekolah luar biasa (SLB) Negeri Semarang, dilakukan dengan pendekatan komunikasi antarpribadi dengan menerapakan metode-metode seperti simbol, gerak tubuh, peran, dan peraturan. Selain itu juga menerapkan bentuk komunikasi non verbal yang digabungkan dengan komunikasi verbal.

Keyword : Kata Kunci : Komunikasi AntarPribadi, Siswa Tunarungu, Interaksi Simbolik, Kepercayaan Diri

Daftar Pustaka

DAFTAR PUSTAKA BUKU Andreas, Dwidjosumarto (1990). Psikologi ABK. Jakarta : Depdikbud. (1988). Seminar Ketunarunguan (Jurnal). Bandung (tidak diterbitkan). Budyatna, M. and Ganiem, L. (2011) Teori Komunikasi Antarpribadi. Jakarta: Jakarta Kencana. Cassandra L. 1980. Human Communication: Principles, Contexts, and Skills. New York : St. Martin’s Press. Chapman, S. J. (2003). Electric Machinaery Fundamentals. McGraw-Hill, 746 De Vito, Joseph, A. 1989. The Interpersonal Communication Book. Jakarta: Professional Book. De Vito, Joseph A. 2007. The Interpersonal Communication Book. USA: Pearson Education Inc. Effendy. 2003. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti. Hafied Cangara. 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi Cet. XI I hal. 31. Jakarta: Rajawali pers. Hallahan, D.p. & Kauffman, J.m. (1991). Exceptional Children : Introduction to Special Education. Virginia: Prentice hall International, Inc. H.B. Sutopo. 2002. Pengantar Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press Hendra Surya.Percaya Diri itu Penting. (Jakarta: PT Elex Media Komputindo.2007),2. Herdiansyah, Haris, 2012. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta Selatan: Salemba Humanika Huberman, Miles, M.B. 1992. Analisis Data. Jakarta: Universitas Indonesia Press. Hurlock, E. B. 2001. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga. (Edisi Kelima) Kumara. (1988). Psikologi Sosial. Jakarta: Kanisius Liliweri, Alo. 1997. Komunikasi Antarpribadi. Bandung: P.T. Citra Aditya Bakti. Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya. Mulyana, Deddy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif, Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mulyana Deddy. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya. Ritzer, George. 2016. Teori Sosiologi Dari Teori Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Mutakhir Teori Sosial Postmodern. Bantul: Kreasi Wacana. Santrock, J. W. (2003). Adolescence [Perkembangan Remaja] (Alih Bahasa : S. B. Adelar & S. Saragih). Jakarta: Erlangga. Somantri, Sutjihati. 2006. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama. Steinberg, S. (2007). An Introduction to Communication Studies. Capetown. South Africa: Juta & Co, Ltd. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta. West. Richard dan Turner. H. Lynn. 2008. Pengantar Teori Komunikasi, Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika JURNAL Ahmadi, D. (2008). Interaksi Simbolik: Suatu Pengantar. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(2), 301-316. Alfansyur, A. Maryani. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik Info Artikel Abstrak. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-50. Arifal, M. (2020). Komunikasi Interaksi Simbolik Guru Dengan Siswa Kelas X Dalam Membangun Komunikasi Efektif Di SMKS YPPI Tualang (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU). Bednar, R. L., Wells, M. G., & Peterson, S. R. (1989). Self-esteem: Paradoxes and innovations in clinical theory and practice. Washington, D.C: American Psychological Association. Blaweni, A., & Hidayat, O. (2022). Komunikasi Interpersonal Guru Dan Siswa Tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Sumbawa dalam Pembentukan Konsep Diri. Al-I'lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 5(2), 20-31. Cangara, Hafied, dkk. Buku Ajar; Dasar-Dasar Teori Komunikasi. Makassar; Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar, 2007. Firmansyah, A., Annur, S., & Hartatiana, H. (2022). Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Religius Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler dan Pembiasaan Keagamaan. Studia Manageria, 4(1), 17-36. Juliansyah, A. (2020). Komunikasi Antar Pribadi Guru Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa Tunanetra. Ummi, 14(1), 73-80. Kountur, R. (2018). Metode penelitian untuk penulisan skripsi dan tesis. PPM. KURIKULER, S. D. P. K. E. 3.1. Keadaan Sekolah Luar Biasa Negeri Semarang. Masaviru M, 2016, Self-Disclosure: Theories and Model Review, Journal of Culture, Society and Development, 18(1), pp. 43-44 Mirsan, M. (2017). Komunikasi Antarpribadi Guru Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Tunarungu di sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kabupaten Bulukumba (Doctoral dissertation, universitas Islam Negeri Alauddin Makassar). Nafisah, N. A. (2017). GAMBARAN TUMBUH KEMBANG ANAK DIFABILITAS USIA 48-72 BULAN (Studi Pada Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri Kota Semarang) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Semarang). Nurhadi, Zikri Fachrul. 2015. Teori-Teori Komunikasi (Teori Komunikasi dalam Perspektif Penelitian Kualitatif). Bogor: Ghalia Indonesia Nurjanah, S. (2020). komunikasi interpersonal antara guru dan siswa tunarungu dalam mengembangkan keterampilan sosial (studi kasus di sekolah luar biasa tunarungu pertiwi bangunsari ponorogo) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo). Nurmalia, T. (2019). KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DAN SISWA TUNARUNGU DALAM PEMBINAAN SHALAT DHUHA DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) DHARMA BHAKTI DHARMA PERTIWI DI BRINGIN RAYA KEMILING BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). Octaviani, R., & Sutriani, E. (2019). Analisis Data Dan Pengecekan Keabsahan Data. Putra, V. Z. A. (2017). POLA KOMUNIKASI KELOMPOK PECINTA KLUB SEPAK BOLA (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Kelompok Pecinta Klub Sepak Bola Manchester City Supporter Club Indonesia Regional Yogyakarta (MCSCI JOGJA) dalam Mempererat Hubungan Dengan Para Supporter Periode Desember 2016–April 2017) (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta). Salim, Pendidikan Anak Tuna rungu (Bandung: Alfabeta, 1984), 8. SETIAWAN, D. F. (2020). Upaya Guru Pai Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Tunanetra Di Ma Muhammadiyah 1 Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo). Somantri, T. Sutjihati. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama. UNDANG-UNDANG DAN PERATURAN UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional ONLINE https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/80171d14-70f2-e111-afc7-a1b1cf17211c https://katalogsekolah.com/blog/slb-c-pelita-ilmu-kota-semarang http://20361637.siap-sekolah.com/data-siap/kelas-daftar/ https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin-tunarungu-2019.pdf https://www.ypedulikasihabk.org/2018/11/09/mengenal-bahasa-isyarat/ https://www.kompasiana.com/hennieengglina9083/5c74661012ae9428e378f004/memandang-dari-jendela-johari https://mediapijar.com/2021/06/yuk-belajar-bahasa-isyarat/

Perpustakaan Universitas Semarang

Jl. Soekarno Hatta Semarang
Gedung B Lt. 2

024-6702757 ext. 2208
WA : 0895347400702

perpustakaan@usm.ac.id

follow us