ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES IKLAN SUSU BEAR BRAND EDISI PANDEMI COVID-19 TAHUN 2021
Abstract
Hawa Luthfiyah Bakhitah G.331.18.0119. “ Analisis Semiotika Roland Barthes Hewan Naga Pada Iklan Susu Bear Brand”. Program Studi S-1 Ilmu Komunikasi Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang. Penelitian ini mengidentifikasi hewan pada susu Bear Brand dan persepsi masyarakat mengenai susu Bear Brand saat pandemi Covid-19 dalam iklan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan analisa menurut Roland Barthes dalam menemukan makna tanda denotasi, konotasi dan mitos pada iklan yang diteliti. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi dan study pustaka. Berdasarkan dari hasil penelitian beserta analisis yang dilakukan oleh penulis dapat disimpulkan bahwa susu Bear Brand yang di produksi oleh Nestle merupakah susu murni yang dapat memberikan kekebalan imunitas tubuh. Mengenai persepsi masyarakat bahwa susu Bear Brand dapat menyembuhkan penyakit termasuk virus Covid-19 itu tidak benar.
Keyword : Keywords: Advertising, Roland Barthes Semiotics, Bear Brand Milk, Covid-19 Virus.
Daftar Pustaka
BUKU Ernawati, et, al. 2021. Optimasi Desain dalam Membangun Kesadaran Budaya Lokal, Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani. Habibie, Hiasintus, et, al. 2021. SEJARAH KAMPUNG TANJUNG JAN. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi. Jefkins, Frank.1997. Periklanan. Jakarta: Erlangga Kurniawan. 2001. Semiologi Roland Barthes. Magelang: IndonesiaTera. Liliweri, Alo. 1992. Dasar-dasar Komunikasi Periklanan. Bandung: Citra Aditya Bakti. Littlejohn, Stephen W & Karen A.Foss. 2009. Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanikan Moleong, L.J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Ban-dung: PT. Remaja Rosdakarya. Nugrahani, F., & Hum, M. 2014. Metode penelitian kualitatif. Solo: CakraBooks, 1(1). Philip Kotler dan Armstrong, 2002, Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium, PT. Prenhallindo, Jakarta. Shimp, T. 2003. Periklanan dan Promosi Jilid I. Jakarta : Erlangga. Shimp, T. 2003. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga. Sobur, Alex. 2003. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya. . 2006. Analisis Teks Media: Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, Dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rosdakary 55 . 2006. Analisis Teks Media. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. . 2016. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Supriyanto, dkk. 2008. Teknologi Informasi Perpustakaan . Yogyakarta : Kanisius JURNAL Ayuswantana, A. C., Darmawan, Y. S., & Nastiti, R. A. (2022). KAJIAN SOSOK NAGA PADA IKLAN SUSU BEAR BRAND 2015 & 2021 DALAM SUDUT PANDANG POSTMODERNISM. Demandia: Jurnal Desain Komunikasi Visual,Manajemen Desain, dan Periklanan, 7(1), 1-22. Lukitaningsih, A. (2013). IKLAN YANG EFEKTIF SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI. Jurnal, 119. Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media komunikasi bagi remaja perempuan dalam pencarian informasi kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 15-22. Yulanda, I. (2018). SISTEM KODE DALAM NOVEL PASUNG JIWA KARYAOKKY MADASARI SEBUAH KAJIAN SEMIOLOGI ROLAND BARTHES (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR). INTERNET Annur, Cindy Mutia. (2021). Merek Produk Susu Terfavorit di Indonesia, Siapa Juaranya?: Top Brand Award Susu Cair dalam Kemasan Siap Minum (2021). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/07/05/daftar-produk-susuterfavorit-di-indonesia-siapa-juaranya. Diakses 24 April 2022 pukul 19:30 WIB. Bear Brand. https://www.nestle.co.id/produk/minumansiapminum/bearbrand. Diakses 13 Maret 2022 pukul 23.15 Filosofi Hewan Suci: Naga. 2015. https://www.kompasiana.com/1973_nila/5535dced6ea8344f34da42ce/filosofi- 56 hewan-suci-naga. Diakses 26 Mei 2022 pukul 10.28WIB. IDI: Susu Beruang Tak Bisa Obati Covid-19. 2021. https://www.cnnindonesia.com/gayahidup/20210704130709-255-662986/idi-susu-beruang-tak-bisa-obati-covid-19. Diakses tanggal 19 Januari 2023 pukul 03.12 WIB. Ika. 2021. Dosen UGM Tegaskan Susu Beruang Tak Bisa Obati Covid-19. https://www.ugm.ac.id/id/berita/21325-dosen-ugm-tegaskan-susu-beruang-tak-bisaobati-covid-19. Diakses 19 Januari 2023 pukul 02.55 WIB. Keliru, Susu Beruang (Bear Brand) dapat Menyembuhkan Covid-19. 2021. https://cekfakta.tempo.co/fakta/1437/keliru-susu-beruang-bear-brand-dapatmenyembuhkan-covid-19. Diakses 02/12/2022, pukul 21.22 WIB. Mitos Susu Beruang VS Faktanya Menurut Dokter. 2021. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210704134839-255-662991/mitossusu-beruang-vs-faktanya-menurut-dokter. Diakses tanggal 25 Januari 2023, pukul 12.54 WIB. Naga Putih Dalam Kitab Jia Xing Fu Zhi. 2015. https://radarriaunet.com/news/detail/7969/naga-putih-dalam--kitab-jia-%20xing-fuzhi,.html. Diakses pada 26 Mei 2022 pukul 08.13 WIB. Nestle. https://www.nestle.com/. Diakses 13 Maret 2022 pukul 23.15WIB Putra, Dwi Aditya. 2021. Viral Video Susu Beruang Bear Brand Diserbu Masyarakat, Ini Tanggapan Nestle. https://www.merdeka.com/uang/viral-video-susuberuang-bear-brand-diserbu-masyarakat-ini-tanggapan-nestle.html. Diakses 02 Desember 2022, pukul 20.28 WIB. Rafie, Barratut Taqiyyah. (2021). Susu Beruang jadi rebutan, Nestle Angkat Bicara. https://industri.kontan.co.id/news/susu-beruang-jadi-rebutan-nestleangkatbicara? page=all. Diakses tanggal 25 Januari 2023, pukul 11.24 WIB. Sutianto, Dwi Feby. (2021). Viral Susu Bear Brand Diperebutkan Pembeli, Berikut Fakta-faktanya. https://kumparan.com/kumparanbisnis/viral-susu-bear-brand- 57 diperebutkan-pembeli-berikut-fakta-faktanya-1w4X5Ui2RPl/full. Diakses tanggal 25 Januari 2023 pukul 11.00 WIB. Satria, Rela Utama. 2020. Menjawab Rasa Penasaran Soal Icon dan Iklan Susu Bear Brand. https://mojok.co/terminal/menjawab-rasa-penasaran-soal-icon-dan-iklansusu-bear-brand/. Diakses 26 Mei 2022 pukul 09.22 WIB.